Pengertian Perangkat Keras (Hardware), Fungsi, dan Jenisnya

Posted on

Perangkat keras atau hardware merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer. Hardware sendiri tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak dikung oleh perangkat lunak, yakni software. Kedua perangkat ini harus memiliki keterkaitan satu sama lain untuk menjalankan komputer.

Ada 3 intruksi dasar yang berhubungan dengan hardware, yakni instruksi dasar input, instruksi dasar proses, dan instruksi dasar output. Dua perangkat input utama adalah keyboard dan komputer. Sementara perangkat output utama adalah monitor dan speaker, untuk proses ada CPU, VGA, motherboard, dan kartu suara (sound card).

Untuk pembahasan lengkap tentang Hardware silakan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Perangkat Keras

pengertian hardware
Pengertian Hardware

Sebagai salah satu elemen untuk menjalankan komputer, perangkat keras atau hardware adalah perangkat yang dapat diraba secara fisik serta dapat menjalankan berbagai perintah yang diberikan oleh perangkat lunak. Berbagai hardware harus membentuk satu kesatuan supaya komputer dapat dijalankan dengan semestinya.

Spesifikasi dari perangkat keras yang sama dapat saja berbeda, bergantung pada komponen yang membentuk di dalamnya. Semakin bagus spesifikasi maka semakin berkualitas pula fungsi dari perangkat tersebut. Spek yang bagus ini berpengaruh pada kemampuan kerja komputer.

Artinya, jika komputer hanya difungsikan untuk mengetik maka speknya tidak setinggi spek yang dibutuhkan untuk bermain game atau membuat animasi serta desain. Semakin rumit pekerjaan maka semakin tinggi pula spek yang dibutuhkan agar tidak terjadi kelambatan ketika proses pengerjaan.

Jenis Jenis Perangkat Keras (Hardaware)

1. Motherboard

Sederhananya motherboard merupakan papan untuk menampung berbagai perangkat, seperti processor, harddisk, dan RAM. Motherboard kerap disingkat sebagai mobo atau jika diartikan ke bahasa Indonesia artinya papan induk. Bagian mobo adalah konektor power, slot prosesor, socket memori, dan north bridge controller.

2. Keyboard

Semua orang tidak akan asing dengan benda yang satu ini sebab inilah yang digunakan untuk mengetik. Keyboard termasuk perangkat keras yang menjalankan input, berupa angka, simbol, atau alfabet. Keyboard ternyata terdiri atas berbagai jenis, diantaranya QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.

3. Processor

Istilah processor mungkin terdengar asing, namun ketika disebutkan CPU, tentu terdapat bayangan. Processor atau CPU adalah IC atau dengan kata lain otak dari seluruh pengoperasian komputer. Processor adalah perangkat yang memproses input atau masukan ke dalam bentuk output.

4. Monitor

Monitor, semua orang pasti tahu dengan komponen perangkat keras satu ini. Monitor adalah layar yang menampilkan output dari keseluruhan proses dari hardware. Tidak semua monitor hadir dengan resolusi seragam, ada yang lebih besar resolusinya ada pula yang lebih kecil, semua memengaruhi spesifikasi monitor tersebut. Monitor mempunyai beberapa jenis seperti monitor tabung, monitor LCD, dan juga LED.

5. Mouse

Benda yang satu ini juga tidak asing, yakni jika ditranslasikan ke bahasa Indonesia artinya tetikus. Namun, lebih dikenal dengan mouse. Menggunakan mouse akan mempermudah pengguna komputer mengoperasikan komputer, semisal melakukan klik atau drag and drop, sesuai dengan kebutuhan.

6. RAM (Random Access Memory)

RAM
Memory RAM

RAM merupakan elemen perangkat keras yang sifatnya menyimpan seluruh proses ketika mengoperasikan komputer, namun sifat penyimpanan hanya sementara. RAM hadir dengan berbagai kapasitas, bergantung spesifikasi RAM tersebut.

7. Hardisk

Hardisk adalah tempat penyimpanan data sekunder yang terdiri atas berbagai piringan untuk menyimpan data magnetis. Semua orang sepertinya tahu bahwa hardisk dapat menyimpan berbagai media, seperti gambar, video, musik, dan dokumen. Sifat penyimpanan datanya tidak akan hilang jika tidak dihapus. Selain itu saat ini sudah ada SSD yang bisa menyimpan lebih cepat 10x dari hardisk.

8. Power Supply

Sesuai dengan penamaannya, power supply merupakan perangkat yang menyalurkan daya ke seluruh komponen. Power supply kerap disamakan sebagai jantungnya komputer. Tidak akan berjalan semua perangkat keras tanpa adanya power supply. Sumber listrik pertama masuk melalui power supply.

9. LAN Card

Jika terdapat berbagai komputer dalam satu ruangan, pemersatu jaringan komputer adalah LAN Card. Biasanya ini sudah tidak asing lagi digunakan untuk keperluan di kantor. LAN (Local Area Network) kerap diperkenalkan juga sebagai NIC atau Network Interface Card.

Loading...

10. VGA Card

vga card
VGA Card

Video Graphic Adapter adalah perangkat keras untuk memproses data grafis pada tampilan layar monitor. Penggunaan VGA Card kerap menjadi barang penting untuk pengguna yang berprofesi sebagai gamer dan juga desainer.

11. AGP Card

AGP Card merupakan singkatan dari Accelerated Graphic Port. Fungsinya adalah memberikan tampilan layar monitor dengan resolusi semaksimal mungkin.

12. Printer

Printer, sederhananya merupakan komponen yang digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan dalam bentuk kertas. Fungsi cetak pada printer adalah fungsi dasar, selain itu printer dapat difungsikan untuk kepentingan lainnya, seperti menggandakan dokumen, scanner, faksimili, dan mengirim file.

13. Joystick

Joystick mungkin merupakan sebuah benda yang terlalu akrab dengan kegiatan bermain game. Padahal, joystick dapat difungsikan untuk pengoperasian komputer lainnya, seperti melihat sisi kanan, kiri, depan, belakang, atas, dan bawah dari benda 3 dimensi di dalam layar.

14. Floppy Disk

floppy disk
Floppy Disk

Floppy Disk kerap dikenal juga sebagai FDD atau floppy disk drive yang berfungsi untuk memutar piringan dan menggerakkan baca tulis untuk kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lain, yakni disket. Saat ini floppy disk sudah sangat jarang ditemui, penggantinya adalah flashdisk atau Hardisk Eksternal.

15. Scanner

scanner
Scanner

Berbeda dengan printer yang mengubah softcopy menjadi hardcopy, sebaliknya scanner adalah alat yang digunakan untuk mengubah hardcopy ke dalam bentuk file atau softcopy. Bentuk scanner beragam, ada scanner drum, scanner flatbed, scanner film, dan roller scanner.

16. Headset

Berbeda dengan speaker yang membuat keluaran suara menjadi lebih besar untuk bisa diperdengarkan orang banyak, headset justru mengeluarkan suara yang hanya dapat didengar oleh pemakainya saja. Gamer-gamer biasanya lebih memilih headset supaya bisa berkomunikasi dengan intensif.

17. Modem

modem
Modem

Modem adalah benda yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sistem kerjanya berputar, yakni mengubah sinyal digital menjadi analog, kemudian ketika mendapatkan data dari luar akan mengubah sinyal analog ke dalam sinyal digital. Jenis modem ada modem Wifi dan juga ada modem gsm.

18. Flasdisk

Seperti hardisk eksternal yang berperan menyimpan file dalam bentuk permanen, demikian juga flasdisk. Namun, kebanyakan kapasitas flasdisk ini tidak melampaui hardisk. Orang yang menggunakan flasdisk biasanya lebih sering menyimpan file dokumen.

19. Speaker

Benda yang satu ini sudah tidak aneh, yakni alat yang membuat keluaran suara dari komputer menjadi semakin jelas dan dapat didengar oleh orang banyak. Berfungsi ketika sedang seminar, menonton film bersama, atau sekedar mendengarkan musik.

20. Barcode Scanner

Barcode scanner kerap dikenal juga sebagai barcode reader yang berperan untuk membaca barcode supaya dapat terdeteksi oleh komputer.

21. DVD Room/ CD Room

Elemen ini merupakan tempat memasukkan dan mengeluarkan cd atau dvd, baik yang ada isinya atau yang kosong. Biasanya orang akan menyimpan berbagai data pada CD kosong atau bermaksud menonton film dari DVD tertentu.

22. Webcame

webcame
Webcame

Sebelum webcam sekarang dilekatkan pada laptop langsung, dulu pengaplikasikan web cam terpisah dari komputer. Tujuan disematkannya webcam untuk pengambilan video dan gambar dengan dukungan internet atau hanya sekedar untuk foto.

23. Touchpad

Yang satu ini tentunya terdapat pada laptop, sudah menyatu dan kerap dipergunakan untuk menggantikan mouse. Pada komputer, perangkatnya terpisah dan Anda membutuhkan perangkat lain untuk menghubungkan touchpad dengan monitor.

24. Lightpen

Profesi yang kerap memanfaatkan lightpen ini biasanya seorang desainer, ilustrator, atau animator. Ketiga profesi tersebut menggunakan lightpen untuk menggambar dan mendesain. Cara kerjanya seperti menggambar di kertas biasa, namun nantinya akan ditampilkan di monitor.

25. Trackball

Trackball merupakan salah satu alat input komputer, bentuknya berupa bola yang dapat digerakkan untuk mendeteksi berbagai pergerakan pada komputer.

26. Microphone

Terakhir, microphone yang sekarang ini kerap digunakan oleh para youtuber, terutama gamer. Cara kerja microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya ke dalam bentuk sinyal listrik analog supaya dapat dimengerti oleh komputer.