Fungsi LAN Card, Pengertian dan Jenisnya Pada Komputer

Posted on

Dalam sebuah jaringan komputer atau internet, kebutuhan akan Lan Card sangat tinggi. Karena seringkali jaringan ini dihubungkan dengan kabel LAN atau kabel jaringan.

Oleh sebab itu LAN Card secara hingga sekarang tidak pernah tergantikan meskipun sudah ada Wifi atau Wireless. LAN Card merupakan komponen ekternal yang dapat menghubungkan antara komputer dalam suatu jaringan internet secara khusus jaringan LAN.

Pengertian LAN Card

Dalam Definisi LAN atau singkatan dari Local Area Network merupakan sebuah jaringan komputer yang hanya meliputi area yang tidak luas seperti jaringan komputer pada sebuah gedung, satu ruangan/rumah, jaringan ini biasa digunakan pada sebuah kantor, bandara, hotel, warnet dan tempat lain dengan cakupan area yang kecil.

Dengan kemunculan berbagai jenis komputer atau laptop terbaru saat ini. Maka sangat penting mengetahui berbagai komponen atau chip-chip yang tertanam didalamnya.

Pada komputer banyak sekali bagian yang menjadi penyusunnya, seperti casing, hardisk, dvd drive, mouse, mainboard, port audio, port usb dan , port LAN, port sata, port power listrik lain sebagainya.

Untuk port LAN sendiri pada komputer mempunyai peran yang sangat penting sebab untuk menyambungkan pada sebuah jaringan membutuhkan LAN Card. Bentuk dari LAN Card seperti socket pada jaringan telepon kabel, tetapi dengan bentuk lebih besar dan jumlah pin yang lebih banyak serta bentuknya lebih pipih.

Fungsi LAN Card
fungsi lan card

Pada sebuah jaringan fungsi LAN Card sangat beragam. Sedangkan fungsi utama dari LAN Card yaitu sebagai pendukung fungsi jaringan koneksi antar komputer atau PC di suatu jaringan baik itu internet atau jaringan lokal saja.

Biasanya jaringan lokal memanfaatkan LAN Card untuk kebutuhan dengan cakupan sempit seperti pada lab komputer, kelas, kantor sekolah dan rumah. Adanya koneksi antar komputer dan server di suatu ruangan dengan memakai LAN Card, akan membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Untuk fungsi tambahan dari LAN Card yaitu:

Pembagi Koneksi Jaringan Internet pada Suatu Ruangan

Untuk kalian yang berada di sekolah dan juga kampus atau sebuah kantor. Seringkali masing-masing komputer/pc yang berada di lokasi tersebut telah terhubung dengan jaringan internet.

Dengan LAN Card maka akan membantu untuk membagi koneksi internet disetiap komputer yang saling terhubung. Kita hanya memerlukan sebuah 1 komputer server maka koneksi internet dapat dinikmati oleh semua jaringan komputer dalam satu ruagan tersebut dengan bantuan LAN Card.

Membagi File atau Dokumen

Untuk memudahkan dalam membagi file atau dokumen ke seluruh komputer dalam jaringan maka dengan memanfaatkan LAN Card hal ini emenjadi lebih mudah tanpa harus menyambungkan internet. Untuk membagikannya hanya cukup meng copy file yang ingin di bagikan dan mendownloadnya pada setiap komputer yang saling terhubung dengan jaringan LAN.

Memainkan Game

Untuk pengguna yang suka bermain game, penggunaan LAN Card dalam bermain secara multiplayer atau lebih dari 1 pemain dalam satu permainan menjadi lebih mudah. Permainan yang membutuhkan team banyak akan lebih seru ketika bisa dijalankan dalam satu jaringan sehingga lebih cepat.

Melakukan Chatting antar Divisi atau Instansi

Untuk yang bekerja di perusahaan yang berada di gedung yang luas dan besar, yang mana komunikasi susah dilakukan dengan secara tatap muka. Maka dengan LAN Card akan memudahkan itu semua. Jaringan lokal dalam sebuah gedung menjadikan para pekerja, atasa akan berkomunikasi dengan mudah tanpa menggunakan internet.

Untuk Usaha Warnet

Untuk usaha atau bisnis warnet, maka kebutuhan LAN Card sangat penting. LAN Card akan berguna utamanya dalam sistem jaringan di Warnet. Dengan memakai LAN Card maka semua komputer yang berada di warnet akan tersambung dengan internet dan mempunyai satu server. Oleh karenanya, fungsi dari LAN Card sangat penting, dan tidak bisa disepelekan.

Jenis-Jenis LAN Card

Perkembangan teknologi yang terus mengalami inovasi membuat LAN Card juga banyak mengalami perubahan. Berikut ini adalah perkembangan LAN Card dilihat dari perubahannya.

LAN Card Kabel
LAN Card yang tersambung memakai kabel adalah salah satu jenis LAN Card lama atau klasik. Penggunaannya untuk saat ini terbilang masih banyak sekali. LAN Card dengan sambungan kabel bisa memakai kabel untuk saling menyambungkan satu komputer dengan jaringan komputer lain atau jaringan lokal. Pemakaina LAN dengan sambungan kabel ini banyak ditemukan dan dipakai. Karena dianggap mempunyai biaya yang lebih efisien. LAN Card Kabel ini terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

LAN ISA
Adalah jenis LAN Card pertama kali ditemukan dan diaplikasikan dalam PC dan juga komputer.

LAN PCI
Dibuat pada tahun 1992, LAN PCI adalah penerus dari generasi LAN ISA yang hinga saat ini masih dipakai pada komputer dan laptop.

LAN USB
Adalah LAN Card yang memakai teknologi USB sebagai sambungannya. LAN ini adalah salah satu jenis yang sangat simple dan mudah dipakai, sebab dapat dilepas dan juga dibawa kemanapun dengan ringan, praktis dan mudah.

LAN Card Wireless
Sesuai dengan namanya, LAN ini merupakan penerus dari LAN Card Kabel. Yang mana koneksitivas dari LAN Card memakai teknologi wiressles yaitu tanpa kabel.

LAN Card ini memakai antena untuk menangkap dan melepas sinyal secara lokal. Kelebihan dari LAN Card jenis ini yaitu tanpa memakai kabel, menjadikan lebih mudah dalam melakukan instalasi dan juga mudah untuk dipakai sehari-hari.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Fungsi LAN Card, Pengertian dan Jenisnya pada sebuah komputer. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.