Pengertian Perangkat Lunak (Software)

Posted on

Sebuah komputer yang terdiri dari CPU, monitor, keyboard dan perangkat lainnya agar dapat dioperasikan maka harus sudah di instal sistem operasi dan program atau software. Banyak software yang mempunyai fungsi dan manfaatnya masing-masing.

Perangkat lunak tersebut biasanya di instal dalam komputer sesuai kebutuhan. Ada software untuk menulis, pengolah foto, pengolah video, bermain game dan lain sebagainya. Software juga ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan secara lengkap apa saja jenis, fungsi dan contoh software. Simak selengkapnya

Pengertian Perangkat Lunak

perangkat lunak

Perangkat lunak atau yang dikenal juga dengan sebutan software adalah bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud. Didalamnya ada data yang bisa disimpan secara digital, diformat, program komputer, dokumentasi dan jenis informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Berbeda dengan perangkat keras yang mempunyai  bentuk fisik, maka software tidak mempunyia bentuk fisik.

Dalam membuat software dibutuhkan keahlian dalam bahasa pemrograman atau koding. Software dibuat atau ditulis oleh programmer (pembuat program) yang akan digabungkan dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang dapat dipahami oleh mesin hardware.

Software dalam pengoperasiannya dilakukan oleh pengguna (user) yang medianya adalah perangkat keras (hardware). Jadi setiap komputer atau laptop agar bisa digunakan maka harus di instal software. Dan setiap software mempunyai kegunaan yang berbeda, disesuaikan dengan keinginan penggunanya.

Fungsi Software (Perangkat Lunak)

Fungsi yang paling utama dari suatu software adalah untuk menjadikan komputer bisa berjalan sesuai perintah dari user (brainware). Dengan fungsi utama tersebut, berikut ini fungsi tambahan software:

  1. Menyediakan adanya fungsi dasar di suatu komputer yang membuat bisa dioperasikan. Seperti tersedianya sistem operasi dan sistem pendukung di komputer.
  2. Sebagai pengatur setiap perangkat keras yang di komputer agar bisa bekerja secara simultan.
  3. Menjadi penghubung dari banyak perangkat lunak lain dengan perangkat keras yang ada di komputer.
  4. Sebagai penerjemah sebuah perintah software

Jenis Jenis Perangkat Lunak (Software)

Software mempunyai beberapa jenis atau macam-macamnya dan contohnya:

#1 Perangkat Lunak Berbayar

Pernagkat lunak jenis ini mengharuskan penggunanya untuk membayar lisensi jika ingin menikmati semua fungsi dan fitur yang lengkap. Sehingga setiap anda sudah membeli dan mendapatkan lisensi, software ini baru bisa digunakan secara full.

Setiap software mempunyai lisensi yang berbeda, jadi satu software 1 lisensi. Jadi tidak bisa di copy pada perangkat lain, namun ada beberapa yang bisa digunakan dalam beberapa laptop.

Contoh sofware ini adalah: Windows, Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, Adobe Ilustrator, Ulead Video Studio dan lain-lain.

#2 Perangkat Lunak Gratis (Freeware)

Freeware adalah perangkat lunak yang mempunyai hak cipta yang gratis dipakai untuk selamanya. Perangkat ini tidak mewajibkan penggunanya untuk membayar dalam waktu tertentu, sehingga dapat digunakan selamanya.

#3 Perangkat Lunak Uji Coba (Shareware/ Trialware)

Adalah sebuah perangkat lunak yang di uji coba secara gratis namun memiliki fitur yang terbatas dalam hal ketersediaan, fungsi dan juga kenyamanan yang tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Loading...

Jenis software ini biasanya untuk memperkenalkan software tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan software shareware itu sendiri. Sebutan perangkat lunak ini juga dinamakan dengan trialware.

Contoh: IDM, WinRAR, Windows Blinds, Nero 7,StyleXP, Nero Startsmart

#4 Free Software

Jenis software ini berbeda dengan Freeware, free software akan menyuruh penggunanya untuk melakukan pembelian software terlebih dulu, tetapi setelah itu pengguna bebas untuk memodifikasi, menggandakan, atau juga melakukan distribusi ke perangkat lain.

Contoh: Free BSD, Open Office, MySQL, Opera, GNU BSD

#5 Malware

Malware adalah perangkat lunka yang diciptakan untuk menyusup pada komputer terntentu atau bisa juga digunakan untuk merusak sistem pada sebuah jaringan komputer. Software ini adalah perangkat lunak yang bisa mengganggu perangkat komputer yang lain.

Hal ini seringkali digunakan oleh sebagian orang jahat untuk berbuat kamuflase dalam situs bank dan melakukan pengalihan ke situs bank phising atau palsu.

Selain itu biasanya software ini melakukan tipu daya dengan mengalihkan pengguna ke situs palsu. Dengan seperti itu data nasabah atau pengguna dicuri berkat bantuan software malware ini.

Contoh: Spyware, adware, virus komputer, software bancos.

#6 Open Source Software

Adalah perangkat lunak yang bersifat gratis dan juga kode dalam pembuatannya bisa dipelajari, dimodifikasi dan juga dapat disebarluaskan sesuai dengan ketentuan atau etika yang sudah ditetapkan dalam perangkat tersebut.

Open source software biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan atau komunitas untuk kepentingan pribadi atau umum.

Contoh: Linux, Android

#7 Firmware

Firmware adalah jenis software yang hanya di Memory Read Only yaitu penyimpanan yang hanya bisa dibaca.

Jenis ini bersifat paten, dan sudah tertanam menyatu dengan perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan juga komponen perangkat keras (hardware) di komputer.

Contoh Perangkat Lunak (Software)

Contoh dari perangkat lunak adalah sebagai berikut:

1. Software System

Adalah contoh software yang dipakai dalam sistem operasi komputer atau yang saling berhubungan dengan perangkat keras. Software ini mengatur lalu lintas dari hardware dan software.

Contoh: Linux, Mac, Windows

2. Software Browser

Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk berselancar di internet. Mencari informasi dengan memanfaatkan teknologi jaringan.

Contoh: Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari Browser, Opera Mini, Internet Explorer, UC Browser

3. Software Pengolah Kata

Adalah perangkat lunak yang mempunyai fungsi sebagai pengolah kata atau pengolah angka untuk mendukung pekerjaan.

Contoh: Microsoft Office, Kingsoft Office, WPS Office dan lainnya.

4. Software Pengolah Gambar

Adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah gambar atau desain grafis. Software ini biasanya dipakai dalam editing, menggambar dan lainnya.

Contoh: CorelDraw, Adobe Photoshop, Paint, Inkscape, AutoCAD

5. Software Anti Virus

Adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk melindungi komputer atau laptop dari serangan virus. Software ini sangat penting karena dapat menghapus virus, melindungi data dan sistem agar tidak terserang virus.

Contoh: AVG, Norton, Avast, Smadav, Avira, Eset, Kaspersky,Windows Defender