Pengertian Vga Card Dan Komponennya

Posted on

VGA Card atau dalam dunia komputer disebut dengan Video Graphic Card, Video Card, atau graphic adapter sering kita lihat di suatu komputer.

VGA sangat penting karena bisa mengampilkan hasil grafis yang bagus, enak dilihat dan memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan grafis tanpa VGA Card.

Untuk pengguna yang memiliki usaha dibidang pengolahan foto, fotografi atau seorang yang berkecimpung di dunia game atau video editor maka kehadiran VGA Card sangat mendukung dan fungsinya sangat digunakan.

Pengertian VGA Card

pengertian vga card
Pengertian Vga Card

Dalam Wikipedia, VGA Card atau VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Definisi lain dari VGA Card adalah sebuah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk memproses informasi grafis di komputer, lalu akan menampilkan hasilnya di layar komputer, TV atau proyektor. Tanpa adanya VGA Card, maka komputer tidak dapat menampilan suatu gambar atau tayangan.

Hampir setiap komputer ataupun laptop sudah terintegrasi atau tertanam di motherboardnya atau CPU. VGA Card yang telah ditanam itu biasa disebut dengan “On Board Video” lalu untuk VGA Card yang tertanam di CPU dinamakan dengan “Accelerated processing unit (APUs)”.

Fungsi VGA Card

Sebuah kartu VGA mempunyai peranan dalam pengolahan informasi grafis terhadap komputer seperti melakukan rendering grafis 2D atau 3D, decoding MPEG-2/MPEG-4. Lebih dari itu VGA juag bisa menyambungkan komputer dengan komponen TV atau ke banyak monitor sekaligus (multi-monitor).

VGA yang mempunyai sound card juga bisa menghasilkan keluaran (output) sound ke perangkat yang tersambung seperti televisi.

Dalam komponen komputer, VGA Card terhubung dengan CPU, jadi bisa mengambil data dari CPU kemudian melakukan pemrosessan lalu ditampilkkan di layar monitor.

Bagi pengguna komputer yang hobi dengan game atau yang menyukai dunia multimedia maka sangat penting memiliki VGA Card sangat diharuskan agar kualitas grafisnya lebih bagus.

Sebab dengan memakai VGA Card tambahan akan memberikan kemampuan sistem menjadi lebih tinggi. Mengapa demikian? Karena VGA mempunyai RAM, pengatur daya dan pendingin sendiri untuk pengolahan informasi grafis. Sehingga RAM dan CPU di sistem komputer tidak terbebani dan bisa digunakan untuk kebutuhan sistem lainnya.

Jenis Tipe Slot VGA Card

Untuk bisa memakai VGA Card di komputer, anda harus memiliki motherboard yang memiliki slot ekspansi. Dan juga VGA Card memiliki slot yang berbeda sesuai dengan jenis VGA Card nya.

Untuk itu pada beberapa jenis mainboard/motherboard sudah terpasang slot VGA Card yang biasa nya lebih dari satu. Untuk jenis slot di VGA Card berikut ini penjelasannya.

Loading...

#1 ISA

ISA atau (Industry Standard Architecture) yiatu slot standar VGA Card sekitar akhir tahun 1980-an. Slot jenis ini saat ini sudah tidak dipakai lagi pada motherboard jenis baru. VGA Card jenis ISA ini bisa mengirimkan data 2 sampai 3 MB per detik (Megabytes per sekon).

#2 EISA

Adalah jenis VGA yang dipasang di slot tambahan EISA (Estended Industry Standart Architecture) bus dengan sistem I/O nya 32 bit. VGA jenis ini sudah tidak dipakai karena kecepatannya terbatas dengan hasil gambar dan warnanya juga terbatas. VGA Jenis ini bisa mengirimkan data dengan kecepatan 32MB per detik.

#3 PCI

PCI atau (Pheriperal Component Interconnect) adalah slot pengganti dari slot ISA, slot jenis ini juga masih standar dan digunakan awal tahun 1990-an. Slot ini dibut supaya GPU bisa langsung mengambil data dari memory tanpa harus memakai CPU.

Dengan mengambil secara langsung, maka CPU lebih banyak kosong untuk mengolah data yang lain. PCI bisa mengirimkan data hingga 132 MB per detik, yang maka ini adalah peningkatan yang tinggi jika dibandingkan dengan slot ISA.

#4 AGP

Adalah singkatan dari Accelerated Graphics Port yang pertama dikenalkan sekitar tahun 1996. Dalam perkembangannya, AGP mengalami peningkatan dan mempunyai 4 jenis versi menurut speed atau kecepatannya, yakni AGP 1X, 2X, 4X dan 8X.

Angka diatas mewakili kecepatan dari AGP tersebut, maka 8X adalah AGP dengan kecepatan paling tinggi yaitu bisa mengirimkan atau transfer hingga 2,1 GB per detik.

#5 PCI Express (PCIe)

Adalah  jenis slot VGA card yang paling baru saat ini. Pertama dikenalkan pada tahun 2004, PCI Ekspress adalah versi lebih tinggi dari PCI lama.

Baca Juga: PCI LAN Card

PCI ini mengalami peningkatan yaitu dalam sisi kemampuan untuk mengirimkan data. Pada PCI Express X16 bisa mentransfer data sampai dengan 4GB per detik. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan dengan versi lama yang hanya 132 MB per detik.

Komponen VGA Card

Dalam sebuah VGA Card mempunyai banyak komponen yang terpasang diatasnya. Adapun bagian-bagian tersebut yaitu:

#1 GPU (Graphics Processing Unit)

GPU adalah suatu sirkuit yang dibuat untuk memanipulasi data dengan cepat dan melakukan modifikasi memori agar pembuatan gambar lebih cepat pada frame buffer. Secara singkat CPU mirip dengan CPU, hanya saja GPU dibuat hanya untuk memproses grafis saja.

#2 Heat Sink

Di VGA jenis baru sudah dilengkapi dengan heat sink yang fungsinya untuk menyebar suhu yang ada di GPU lebih merata. Heat sink biasanya dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu mengeluarkan udara panas yang ada di VGA Card.

Tapi tidak semua jenis VGA Card memiliki heat sink, di jenis VGA dengan kualitas rendah tidak ada namun memakai cairan pendingin sebagai gantinya.

#3 Memory

Memory yaitu tempat yang memproses seluruh tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU memproses data dari memori lalu mengolah dan disimpan kembali di memori untuk selanjutnya ditransfer ke RAMDAC sehingga bisa tampil pada layar monitor.

RAMDAC sendiri adalah singkatan dari Random Access Memory Digital to Analog Converter. Fungsinya adalah sebagai pengontrol gambar digital lalu selanjutnya di konversi menjadi sinyal analog sehingga gambar itu bisa ditampilkan pada monitor.