Pengertian Sound Card, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Posted on

Pernahkah anda mendengarkan musik di komputer atau laptop? Jika iya maka itulah salah satu fungsi dari sound card. Suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara.

Setiap komputer ataupun laptop secara default sudah tertanam sound card. Sound card ada yang ditanam didalam mainboard (onboard) ada pula yang bisa dipasang sendiri (offboard) atau seperti pada VGA Card.

Apa saja fungsi, jenis, dan cara kerja dari sound card? Berikut ini kami akan mengulasnya secara lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Sound Card

pengertian sound card
Sound Card

Di Wikipedia, Sound Card atau Kartu Suara adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.

Definisi sound card yang lain yaitu perangkat keras (hardware) di komputer yang mempunyai fungsi utama sebagai pengolah data keluaran audio atau suara. Pada saat mendengarkan lagu atau berbicara dengan headset yang tersambung dengan laptop/PC, maka suara tersebut merupakan hasil pengolahan dari sound card.

Kartu suara ini terhubung dengan sebuah slot ISA atau PCI di motherboard. Namun seiring terus berkembangnya teknologi, saat ini sudah tersedia sound card USB yang bisa ditancapkan di port usb pada perangkat komputer/laptop.

Fungsi Sound Card

Apa fungsi dari sound card? Secara mendasar fungsi sound card yaitu memproses file audio yang berisikan data digital menjadi sinyal analog sehingga bisa ditangkap oleh indera pendengaran manusia. Atau penjelasannya adalah sound card berfungsi sebagai pengkonversi data digital menjadi data analog serta sebaliknya.

Berikut ini adalah fungsi dari sound card, antara lain:

  • Sebagai penghasil suara
  • Sebagai sebuah MIDI Interface
  • Sebagai penerjemah/konversi data analog ke digital, contohnya adalah untuk merekam suara.
  • Sebagai penerjemah/konversi data digital ke analog, contohnya adalah mengeluarkan suara ketika berbicara dengan headset atau voice call.
  • Sebagai alat yang membantu suara komputer atau audio laptop
  • Sebagai alat untuk meningkatkan kualitas input atau output suara/audi seperti pada audio surround HD, Home Theater, dan bioskop.
  • Sebagai alat dalam mengolah suara seperti bass bosster, 3D Sound, theater sound, live sound dan fitur lainnya.
  • Sebagai alat untuk membantu proses editing dan pengolah suara atau audio musik.

Jenis-Jenis Sound Card

#1 Sound Card Onboard

Adalah jenis sound card yang sudah dipasang menempel di motherboard komputer/laptop. Sound card ini memiliki bentuk seperti chipset yang memang dari perusahaan sudah dipasang.

Loading...

Jenis sound card ini sangat tepat untuk mendengarkan musik atau lagu dari mp3, video atau film.

#2 Sound Card Offboard

Adalah jenis sound card yang memiliki slot ISA atau PCI sehingga bisa ditancapkan pada motherboard komputer. Saat ini sound card ini lebih dikenal dengan PCI Sound Card karena slot yang beredar lebih banyak PCI.

Untuk kualitas sound card ini lebih baik dibandingkan dengan yang jenis onboard sehingga menghasilkan suara atau audio input (rekaman) atau output yang bagus.

#3 Sound Card USB

Sound card USB atau sound card eksternal adalah jenis kartu suara yang dicolokkan ke komputer atau laptop melalui USB Port. Ini adalah jenis sound card terbaru yang banyak digunakan untuk mengatasi jika yang onboard atau offboard error. Selain itu juga bisa digunakan untuk perekamana suara.

Di Indonesia produsen sound card yang sangat sukses adalah sound blaster dan creative labs.

Cara Kerja Sound Card

Secara umum, terdapat tiga metode sintesis suara yang dilakukan sound card dalam melakukan fungsinya, yaitu:

Frequency Modulation (FM)

Sintesis suara pada metode ini adalah yang paling murah namun tidak efektif. Suara yang disimulasikan memakai algoritma tertentu supaya bisa menghasilkan gelombang sinus yang berkarakter sedekat mungkin dengan suara asli.

Wavetable

Di mekanisme cara kerja ini, sampel-sampel suara yang telah direkam akan disimpan dalam sound card supaya menghasilkan kualitas suara yang paling bagus.

Physical Modeling

Cara kerja ini sangat rumit, dan adalah jenis sintesis baru yang mana suara disimulasikan oleh produser pemrograman yang sangat kompleks. Melihat fungsinya, sound card akanterlihat sederhana.

Namun, perangkat ini tidak bekerja secara sederhana. Terdapat mekanisme kerja sound card agar menghasilkan suara, berikut penjelasan mekanismenya.

  1. Aksi yang dijalankan oleh penguna dari data digital dalam bentuk audio atau yang berisikan konten audio dibaca dari hardisk dan selanjutnya diteruskan kepada CPU.
  2. CPU akan melanjutkan data digital itu ke Unit DSP yang berada di sound card.
  3. DSP selanjutnya melakukan ekstrak data digital itu.
  4. Aliran data digital yang sudah di ekstrak oleh DSP akan melakukan proses secara langsung oleh sirkuit chip DAC, dan membuat sinyal analog yang bisa dinikmati oleh pengguna dengan headphone atau speaker.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Sound Card atau Kartu Suara. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi ilmu kalian.