Pengertian Joystick dan Jenisnya Terlengkap

Posted on

Untuk penggemar game tentu saja tidak asing dengan istilah Joystick, ya ini adalah perangkat keras pada komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk bermain game. Alat ini akan memudahkan para gamers untuk bergerak ke segala arah tanpa harus menyentuh keyboard.

Kita ketahui bahwa saat ini game merupakan sebuah ladang baru yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan yang tak terhingga. Seperti contohnya adalah Jess No Limit atau Dilan Pross, gamers yang sering mengupload videonya di youtube sedikitnya orang yang berhasil di dunia game.

Nah apa sebenarnya joystick dan fungsi serta jenisnya? Yuk simak penjelasan lengkap dibawah ini secara seksama.

Pengertian Joystick

pengertian joystick
Joystick atau Gamepad di Smartphone

Joystick atau disebut juga dengan tuas kontrol merupakan alat input di komputer yang bentuknya seperti tongkat atau tuas, bisa digerakkan ke segala arah. Untuk games paddle mempunyai bentuk kotak atau persegi yang terbuat dari bahan plastik dan memiliki tombol yang dapat untuk mengatur gerak suatu objek.

Joystick juga dapat mentranmisikan arah gerak 2D dan 3D di komputer, selain itu juga dapat digunakan sebagai pelengkap untuk bermain suatu permainan video yang mempunyai tombol lebih dari satu. Pada Joystick ada banyak tombol yang bisa dipilih atau disesuaikan dengan keyboard.

Sejarah Joystick

Perangkat ini mulai ada sejak abad ke 20-an, ketika itu nama joystick dimaknai sebagai tongkat pengenadli pesawat terbang. Dalam bahasa Indonesia, Joystick adalah tuas kontrol, yaitu alat input komputer yang berbentuk tuas yang bisa digerakkan ke segala arah. Alat ini bisa mentransmisikan arah 2 dimensi atau tiga dimensi di komputer.

Selanjutnya, perkembangan joystick menjadi alat elektrik dengan ditemukannya 2-axix di tahun 1944 oleh Negara Jerman. Kemudian alat tersebut dikembangkan sebagai pengontrol terbang layang pengeboman Henschel H 293 atas target kapal.

Di tahun 1967 Ralph H. Baer, seorang pencipta game video televisi dan Magnavox, membuat game video pertama dengan memakai dua potensiometer untuk mengukur position dan joystick analog.

Lalu sekitar tahun 1985-1986 orang semakin mengenal joystick dengan adanya video game yang ketika itu sangat populer dengan permainan Nintendo dan SEGA. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan dalam perangkat keras (hardware).

Cara Kerja Joystick

Sebagai perangkat penuding tidak langsung, gerakan kursor/mouse dikendalikan oleh tuas atau tongkat dengan tekanan pada tuas. Di joystick ada tombol yang bisa dipilih atau disesuaikan dengan keyboard. Untuk mengoperasiokan joystick tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga memiliki perbandingan K/T yang berubah-ubah.

Fungsi Joystick

Joystick memiliki beberapa tombol dan fungsinya sebagai berikut:

  • Sebagai pelengkap dalam permainan video yang terdiri dari lebih dari satu tombol
  • Sebagai pengontrol dalam permainan video.
  • Di implementasikan dalam mesin-mesin seperti kursi roda bermotor dan juga truk.

Jenis Jenis Joystick

Joystick mempunyai beberapa jenis yang diantaranya sebagai berikut:

Loading...

#1 Joystick Logitech Rumble

joystick rumble
Joystick Rumble

Joystick jenis ini merupakan joystick yang biasa dan banyak dipakai untuk bermain game karena bisa digunakan untuk bermain segala jenis game. Joystick ini sering dipakai oleh para gamers. Sebaiknya baca Juga: Pengertian SSD NVMe

#2 Joystick Logitech Racing Wheel

joystick racing wheel
Joystick Racing Wheel

Untuk jenis joystick ini mempunyai bentuk seperti sebuah stir mobil. Biasanya joystick ini digunakan secara khusus untuk game balap mobil atau dipakai dalam sebuah setup simbulasi mobil balap.

#3 Joystick Logitech Extreme 3D Pro

joystick extreme 3d pro
Joystick Extreme 3D Pro

Adalah jenis joystick yang mempunyai bentuk lonjong ke atas dan fungsinya secara khusus untuk game seperti pesawat terbang.

#4 Joystick untuk Stir Pesawat

Joystick ini memiliki bentuk lonjong ke atas dan fungsinya khusus untuk game pesawat terbang.

#5 Joystick PC dengan Turbo

Jenis joystick PC yang berbeda dengan yang ada di pasaran adalah Metal Strike 3D. Dalam joystick ini dilengkapi Turbo yang bisa dimainakan dalam simulasi penerbangan dengan desainnya 4 axix dan dilengkapi juga dengan Ailero, Elevator, Trottle dan Control Power.

Fungsi Turbo adalah untuk pengulangan otomatis, dapat memainkan permainan pertarungan di udara, dapat menembakkan senjata otomatis yang baik. Joystick Metal Strike 3D ini mempunyai 13 tombol.

#6 Joystick Controller

Joystick ini memakai potentiometric. Saklar di joystick controller dipakai untuk menerjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis joystick ini dibuat dari bahan plastik, nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel.

Joysyick ini digunakan dalam game dan juga dipakai dalam bidan industri atau peralatan berat seperti forklif, crane, mesin pertanian, dan kendaraan kemudi.

#7 Joystick Gamepad Smartphone

Adalah joystick yang digunakan untuk bermain pada smartphone baik itu android atau iOS. Joystick jenis ini saat ini digunakan untuk bermain mobile di ponsel pintar.

Kelebihan Joystick

  • Bisa digunakan dalam Windows dan Mac
  • Bentuknya stylish
  • Harga yang relatif bagus
  • Responsive lebih baik dibanding tombol Keyboard
  • Serbaguna
  • Posisi tombol-tombol yang simetris
  • Handal

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Joystick atau tuas kontrol. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi pengetahuan.