Pengertian SSD NVMe dan Keunggulannya Lengkap

Posted on

Teknologi penyimpanan data atau file saat ini telah berkembang sangat cepat. Jika anda memiliki laptop atau komputer tentu saja sudah dibekali dengan HDD sebagai media penyimpanan.

Namun, terus berkembangnya inovasi teknologi yang maju, HDD semakin lama jarang dipakai dan digantikan oleh SSD yang memiliki kecepatan dalam mengirim data 10x lipat daripada HDD.

Saat ini selain SSD SATA yang masih terus dipakai, sudah ada NVMe SSD. Sebuah teknologi baru di dunia penyimpanan (storage) yang memakai PCIe 3.0 seperti sebuah kartu grafis. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian SSD NVMe

NVMe adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express yaitu sebuah interface logical baru untuk SSD, ini adalah pengembangan dari AHCI standar yang seringkali dipakai di sebuah SSD.

Intel Indonesia mendefinisikan NVMe adalah teknologi terbaur dalam dunia storage yang menggunakan utilitas PCIe 3.0 layaknya sebuah kartu grafis.

NVMe merupakan pengembangan teknologi yang menangani kecepatan yang sangat tinggi dari SSD yang ada saat ini.

Perbedaan SSD Sata dan NVMe

pengertian ssd nvme
SSD M.2 NMVe

Berikut ini adalah perbedaan dari SSD SATA yang biasa dijumpai saat ini dengan SSD NVMe yang lebih cepat.

#1 Perintah Command

Perbedaan yang sangat kentara adalah pada proses antri perintah (command). Apabila didalam 1 antrian SSD biasa hanya dapat menampung 32 perintah di 1 antrian, maka NVMe bisa membuat 64 ribu antrian dimana didalamnya ada 64 ribu perintah per antriannya. Ini lebih baik daripada SSD dengan teknolog AHCI.

#2 Kecepatan Transfer

NVMe dibuat agar bisa mengatasi keterbatasan dari teknologi SSD yang sudah ada sebelumnya. Sehingga NVMe dapat melakukan transfer data yang lebih cepat dari SSD Sata biasa.

Baca Juga: 6 Perbedaan SSD dan HDD

NVMe diklaim mempunyai kecepatan transfer data hingga 5x lebih cepat daripada SSD. Sehingga NVMe juga bisa 25x lebih cepat dibanding dengan HDD. Tentu ini adalah sangat cepat.

#3 Manejemen Antrian Yang Baik

Berkaitan dengan jumlah antrian diatas, jumlah antrian yang banyak bisa dikerjakan oleh NVMe dengan sangat baik. Bahkan NVMe bisa menerima perintah lebih dari satu inti prosesor dan bisa melakukan priorits permintaan.

#4 Serial Bus Lebih Cepat

Dengan dukungan teknologi PCIe, membuat SSD NVMe bisa mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan SSD Biasa. Itulah perbedaan antara SSD biasa dan SSD dengan teknologi NVMe.

Dengan melihat perbedaan antara SSD biasa dan SSD dengan teknologi NVMe tentu saja kita sudah tahu keunggulan dari keduanya. Memang saat ini belum banyak perangkat laptop atau komputer yang sudah mendukung teknologi NVMe.

Namun, tidak menutup kemungkinan kedepan teknologi ini bisa diterapkan pada PC ataupun laptop. Jadi akan sangat efisien dan membantu dalam kecepatan transfer data.

Harga SSD NVMe

Untuk harga SSD NVMe saat ini masih sangat tinggi harganya dibandingkan SSD biasa (SATA). Berikut ini beberapa harga dan merk SSD M.2 NVMe yang kami dapatkan.

  • Adata – SSD XPG Spectrix S40G RGB 1TB M.2 NVMe : Rp. 2.600.000
  • Adata – SSD XPG Spectrix S40G RGB 256GB M.2 NVMe: Rp. 750.000
  • Gigabyte – Aorus RGB M.2 NVMe SSD 256GB: Rp. 1.205.000
  • SAMSUNG – SSD 970 EVO 2TB M.2 NVMe: Rp. 14.500.000

Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Biasanya NVMe ini dipakai dalam membuat server hosting atau komputer dengan spesifikasi tinggi untuk gaming atau desain grafis.

Karena teknologi dan harga yang semahal diatas tentu harus digunakan secara tepat dan menguntungkan bagi penggunanya. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.