Pengertian Sedekah, Macam-Macam dan Contohnya

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari terutama umat Islam, tentu sudah sering bahkan menjalankan amalan sedekah. Bersedekah bisa memperpanjang umur, sebagai obat, menghapus kesalahan, perisai di neraka dan lain sebagainya.

Berbeda dengan zakat fitrah yang harus ditunaikan ketika setelah melaksanakan puasa ramadhan, sedekah dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun. Serta tidak harus berbentuk materi.

Berikut ini kami akan mengulas lengkap tentang Sedekah atau Shadaqah, manfaatnya, macam-macam dan contohnya. Simak selengkapnya dibawah ini .

Pengertian Sedekah

Di Wikipedia, Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Definisi Sedekah menurut KBBI artinya pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Secara umum bisa diartikan bahwa sedekah yaitu mengamalkan harta atau materi di jalan Allah secara ikhlas yang tidak mengharapkan balasan, dan semata karena mengharapkan ridh-Nya yang merupakan bukti kebenaran iman seseorang.

Berikut adalah 8 Golongan Penerima Zakat yang wajib Anda ketahui

Sedekah adalah bagian dari amal shaleh yang termasuk perintah dari Allah SWT. Yang mana orang yang bersedekah akan dibalas dengan balasan yagn tidak ternilai disisi Allah SWT. Balasan sedekah bisa saja sama atau lebih besar dari sedekah yang diberikan kepada orang lain. Namun sedekah tidak harus bernilai materi, bisa saja berupa pahala yang besar, keberkahan, ketenangan batin, dimudahkan urusan dan lainnya.

Keutamaan Sedekah

pengertian sedekah
Sedekah

Manfaat atau keutamaan dari sedekah antara lain sebagai berikut:

#1 Dapat Menghapus Dosa

Manusia sebagai mahkluk yang tidak lepas dari dosa, sehingga kita selalu diperintahkan untuk berbuat baik, dan beribadah agar bisa menghapuskan dosa-dosa. Dan salah satu ibadah atau perbuatan tersebut adalah dengan bersedekah.

Nabi Muhammad bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi)

Sedekah bisa menghapuskan perbuatan dosa. Contoh sedekah termudah adalah tersenyum, karena dengan tersenyum maka kita sudah menebarkan kebaikan. Orang yang bersedekah lebih tenang hatinya dan memiliki rasa bahagia, dan semoga bisa mengikis dosa-dosanya.

#2 Memberi Keberkahan Harta

Pada hakikatnya harta yang kita keluarkan untuk sedekah tidak akan pernah berkurang, justru akan bertambah kita menyedekahkannya dijalan Allah SWT. Seseorang yang mengeluarkan harta, tidak lantas menjadi miskin.

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya. (HR. Muslim, No. 2588).

#3 Disediakan Pintu Khusus Untuk Masuk Surga

Bagi orang yang bersedekah, sunggu Allah menyediakan pintu khusus untuk mereka. Hal ini tertulis pada bunyi hadist berikut:

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”(HR. Bukhari No. 3666, Muslim No. 1027).

#4 Mendapatkan Balasan Berlipat

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa pahala sedekah akan dibalas dengan yang tak ternilai di sisi Allah SWT.

Firman Allah SWT:

Loading...

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”(QS. Al-Hadid: 18)

#5 Mendapat Naungan dari Allah Di Akhirat

Ketika nanti hari kiamat tiba, manusia semua dikumpulkan di padang mahsyar, jarak manusia dengan matahari sangat dekat, dan jumlahnya lebih dari satu. Ketika itu, manusia akan kepanasan kecuali orang-orang yang diberi naungan oleh Allah SWT. Diantaranya adalah orang yang rajin bersedekah. Ini tercantum dalam Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari: 1421

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”.

#6 Menghalangi Dari Jilatan Api Neraka

Sangat pentingnya bersedekah, hingga Rasulullah yang kita cintai menyuruh umatnya untuk menjaga diri dari api neraka meskipun hanya dengan sedekah sebutir kurma.

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punyai, maka bisa dengan kalimah thayyibah”. (HR. Al-Bukhari 6539, Muslim: 1016).

#7 Mencegah Pedagang Melakukan Perbuatan Curang

Kegiatan jual beli yang tidak terlepas dari perkataan yang berlebihan mengenai suatu barang yang dijual, bahkan seringkali membohongi pelanggan. Maka dengan bersedkah dapat mengurangi upaya kecurangan ini.

“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah”. (HR. Tirmidzi No. 1208)

Kita tahu bahwa keutamaan bersedekah yang banyak, tetapi amal sedekah itu harus diniatkan karena mengharapkan ridho Allah semata. Biar Allah saja yang membalas sedekah itu tanpa kita mempertanyakan kapan Allah membalasnya.

Adanya pemahaman bahwa Allah akan mengganti harta yang disedekahkan dengan harta dengan berlipat ganda, jangan menjadi tujuan utama ketika ingin bersedekah. Karena banyak dari kita sering ragu kepada Allah SWT atau amal sedekahnya tidak ikhlas apabila balasan itu tidak kunjung datang.

#8 Terhindar dari Sifat Kikir

Sifat kikir atau bakhil adalah penyakit manusia yang berbahaya. Di hari kiamat nanti, harta yang di kikirkan oleh seseorang untuk tidak dikeluarkan haknya akan dikalungkan di lehernya. Untuk itu dengan bersedekah, orang akan terhindar dari sifat kikir.

Macam Macam Sedekah

Dibawah ini adalah beberapa jenis sedekah yang bisa kita amalkan sehari-hari

1. Tasbih, Tahlil dan Tahmid

Rasulullah SAW bersabda: Bahwasannya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barang siapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka. (HR. Muslim)

2. Bekerja dan Memberi Nafkah Kepada Keluarga

Bekerja dan memberi nafkah kepada keluarga juga termasuk dalam pekerjaan yang paling mulia. Karena dengan menafkahkan terhadap keluarga juga termasuk salah satu sedekah.

3. Sedekah Harta (Materi)

Sedekah harta bisa dilakukan seperti pada pembangunan lembaga penghafal Al-Quran, sedekah ketika ada bencana alam atau memberikan beasiswa pendidikan untuk orang kurang mampu dan sebagainya.

4. Menjenguk Orang Sakit

Ketika ada orang sakit dan kita bisa menjenguk termasuk jenis sedekah.

5. Membantu Urusan Orang Lain

Dengan memberikan sedekah kita juga sudah bisa membantu urusan orang lain.

Demikianlah penjelasan tentang sedekah. Semoga dapat memberikan referensi dan wawasan anda. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.