Pengertian Laptop, Kelebihan dan Jenis-Jenis Laptop

Posted on

Mendengar kata laptop bagi sebagian orang sudah tentu bukan hal yang asing. Laptop saat ini adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dan hampir orang yang bekerja atau sedang menempuh pendidikan memilikinya.

Laptop saat ini sudah menggantikan fungsi komputer (personal computer) yang lebih mudah untuk dibawa kemanapun. Selain fungsinya sama, laptop menjadi lebih simpel dan tidak seberat komputer.

Lalu, apakah anda sudah tahu definisi dari Laptop, apa saja fungsinya dan jenis-jenisnya? Yuk ikuti pembahasan lengkapnya pada artikel berikut.

Pengertian Laptop

Dalam Wikipedia, Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya sekitar antara 1-6 kg, yang disesuaikan dengan ukuran, bahan dan spesifikasi laptop tersebut.

Definisi laptop juga diartikan sebagai sebuah perangkat komputer yang berukuran kecil dan ringan dibandingkan dengan komputer. Laptop mempunyai fungsi yang sama dengan komputer, selain itu untuk melakukan pekerjaan yang ringan hingga berat tentu saja lebih mumpuni komputer dibandingkan dengan laptop.

Sejarah Laptop

Perkembangan laptop dari awal muncul hingga sampai sekarang ini cukup panjang. Laptop ketika awal kemunculannya tidak sama dengan sekarang, namun lebih sederhana. Dari waktu ke waktu terus dilakukan pembaharuan agar semakin canggih dan lebih efisien.

pengertian laptop
Pengertian Laptop

Dibawah ini adalah perkembangan laptop dari awal diciptakan sampai sekarang. Silakan simak dengan seksama.

#1 Tahun 1975 (IBM Portable PC 5100)

IBM Portable PC 1500 adalah komputer dengan bentuk portable pertama dari perusahaan IBM yang ketika itu diperkenalkan pada September 1975. Komputer secara khusus dibuat untuk dipakai para ahli matematika dan insinyur.

Komputer IBM Portabel PC 1500 ini adalah sebuah evolusi yang bersumber dari protipe yang dinamakan dengan SCAMP (Special Computer APL Machine Portable) yang diciptakan oleh Dr. Paul Friedl dan timnya di IBM Los Gatos Scientific Center di tahun 1973.

#2 Tahun 1977 (Rockwell AIM 65)

Selanjutnya adalah Rockwell AIM 65 yang merupakan komputer mikro dari perusahaan Rockwell yang dilucurkan pada tahun 1977 yang dibekali oleh mikroprosesor MOS Technology 6502.

Komputer ini lebih lengkap dibandingkan keluaran sebelumnya, didalamnya telah dilengkapi dengan perangkat lunak (software), monitor, penerjemah BASIC, PL/65, Pascal dan sistem pengembangan FORTH dan juga perangkat keras (hardware) seperti floppy disk drive dan backplane.

#3 Tahun 1978 (IBM Portable PC 5100)

IBM Portable PC 5100 adalah komputer portabel dengan pengembangan dari IBM Portable PC 5100 yang rilis di tahun 1973 dengan memakai mikroprosesor IBM Palm Processor.

Komputer ini memiliki keunggulan lebih dari versi 5100 sebab telah mendukung lebih banyak perangkat I / O contohnya floppy disk drive, IEEE-488, set karakter (EBCDIC) yang memang cocok dengan mesin IBM lain.

#4 Tahun 1979 (Heathkit H89)

Heathkit H89 merupakan sebuah komputer dengan spesifikasi portabel “all in one” dari Healt Company yang dikeluarkan di akhir tahun 1979 dengan memakai mikroprosesor Zilog Z80. Komputer generasi ini adalah versi pengembangan dari Heathkit H8 yang keluar pada tahun 1977.

H89 telah dibekali dengan program monitor MTR-88 di dalam ROM yang bisa bisa membuat pengguna mengoperasikan di tingkat mesin atau memakai komputer tanpa drive disk atau kaset.

#5 Tahun 1981 (Osborne 1)

Komputer portabel berikutnya adalah Osborne 1. Ini adalah komputer portabel pertama di dunia yang diciptakan oleh Adam Osborne dan diluncurkan pada 3 April 1981. Komputer ini memakai sistem operasi CP/M 2.2 dan mikroprosesor Zilog Z80 @4.0 MHz.

Namun, komputer ini mempunyai kelemahan seperti layarnya yang hanya berukuran 5 inchi dan hanya dapat menampilkan 52 karakter x 24 baris.

#6 Tahun 1983 (Gavilan SC)

Gavilan SC adalah komputer portabel pertama yang bisa disebut sebagai “laptop”. Komputer ini diluncurkan pada Mei 1983, dibuat oleh Manual (Manny) Fernandez dengan memakai mikroprosesor 5 MHz Intel 8088 dan  mempunyai basis GUI (Graphical User Interface).

Gavilan SC mempunyai besar yang sangat ringan di waktu itu yakni 4 kg (9 lb) dan telah dilengkapi dengan floppy disk drive, touchpad, LCD Display (400×64 pixels) dan yang lainnya. Untuk daya bersumber dari baterai Nickel Cadmium dan bisa beroperasi sampai dengan 9 jam.

#7 Tahun 1984 – 1988 (Compaq SLT 286)

Compaq SLT 286 adalah komputer portabel (laptop) yang dibuat oleh perusahaan Compaq di tahun 1984. Laptop ini telah support standar tampilan komputer analog VGA (Video Graphic Array) yang membuatnya bisa menghasilkan tampilan yang beresolusi tinggi yang cerah.

Selanjutnya, laptop ini mempunyai prosesor 12 MHz 80C286 (chip dengan daya rendah baru yang masuk dalam salah satu mikroprosesor 80C286 yang lebih cepat) dan juga terdapat floppy disk 1.44 MB, serta keyboardnya dapat dilepas.

#8 Tahun 1989 (Zenith Minisport)

Zenith Minisport adalah laptop dengan ukuran paling kecil dan ringan yang dibuat oleh Zenith Data Systems (ZDS) dengan berat 5.9 lbs (2.7 kg). Laptop ini diluncurkan pada tahun 1989 dengan memakai prosesor (CPU) Intel 80C88 @4.77/8 MHz. Zenith Minisport terbagi 2 model yakni ZL-1 has 1MB RAM dan ZL-2 has 2MB RAM. Mempunyai resolusi layar 640 x 200 pixel dan internal 2-inch floppy disk drive.

#9 Tahun 1989 (Macintosh Portable)

Di tahun yang sama dengan rilisnya Minisport, terjadi gebrakan besar dengan inovasi laptop, yaitu munculnya Macintosh Portable. Ini adalah laptop dengan berat 7,2 kg yang dibuat oleh Apple Computer, Inc dan dipasarkan sejak September 1989 hingga Oktober 1991.

Laptop ini mempunyai prosesor 16 MHz 68000 CPU, 1,4 MB double-sided floppy disk, layar dengan ukuran 9,8” yang memiliki resolusi 640 x 400 pixel dan juga bisa menerima input dari keyboard serta trackball. Macintosh Portable ini mempunyai fitur, desain, dan sistem yang lebih maju dibandingkan pendahulunya.

#10 Tahun 1996 (Toughbooks)

Pada tahun 1996, Panasonic pernah merilis laptop Touchbooks, dengan seri CF-25. Hingga saat ini juga Panasonic masih terus aktif membuat produk-produk teknologi.

Laptop ini dibuat dengan desain yang kokoh, tahan terhadap getaran, suhu ekstrim, tetesan/tumpahan, atau pemakaian yang kasar dan juga mempunyai sistem yang canggih sehingga dipakai di industri kesehatan, minyak, pemerintahan, konstruksi, dan lainnya.

#11 Tahun 2003 Hingga Sekarang (Laptop saat ini)

Sejalan perkembangan teknologi dan terus dilakukannya inovasi dari masa ke masa makan laptop saat ini lebih cangggih dan lebih efisien.

Laptop yang ada saat ini adalah hasil dari pengembangan inovasi laptop yang terus dilakukan dari awal penciptaannya. Laptop sekarang mempunyai fitur yang lebih canggih, lebih ringan, lebih cepat, lebih tipis dan desainnya sudah banyak perkembangan sehingga membuatnya menarik. Laptop saat ini ada yang bisa dilepas layarnya sehingga berubah menjadi tablet.

Fungsi Laptop

Laptop memiliki beberapa fungsi atau kegunaan yang sangat membantu penggunanya dalam mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia digital. Berikut adalah fungsi dari laptop.

Loading...

1. Mengetik Teks

Pada zaman dahulu, untuk mengetik teks atau naskah maka harus menggunakan mesin ketik. Yang mana cara memakainya tergolong rumit dan sulit, belum lagi jika terjadi kesalahan dalam pengetikan, maka harus mengganti kertas yang dipakai tersebut. Selain itu bunyi dari mesin ketik sangat berisik.

Saat ini dengan adanya laptop, maka masalah tersebut dapat diatasi. Laptop dapat digunakan untuk mengetik naskah atau teks yang ramah suara, ketika ada kesalahan dapat diperbaiki sebelum di cetak dengan printer, dikirim melalui email dan lainnya.

2. Untuk Berkomunikasi

Selain smartphone atau ponsel yang memang digunakan untuk alat komunikasi, kita juga bisa memakai laptop untuk alat komunikasi dengan orang lain. Di dalam laptop yang telah tersambung dengan internet, kita bisa melakukan komunikasi dengan sebuah webcame, whatsapp , facebook, email, bahkan video call dengan skype.

3. Bermain Game

jenis jenis laptop

Selain untuk komunikasi, laptop juga dapat digunakan untuk bermain game baik game ringan atau berat. Untuk game berat biasanya orang membeli laptop dengan spesifikasi yang tingi dengan processor dan ram yang besar. Selain itu ada VGA (Kartu Grafis) yang sangat mumpuni.

Saat ini sudah banyak ditemukan laptop yang memang dikhususkan untuk mendukung bermain game dengan kelas berat yang lebih terkenal dengan sebutan laptop gaming.

4. Media Hiburan

Fungsi laptop juga dapat digunakan sebagai media hiburan. Pengguna dapat memakai laptop untuk mendengarkan musik atau lagu, menonton video, menonton film, streaming video dan lainnya.

Di laptop juga biasanya juga sudah dibekali dengan CD/DVD Room yang bisa memutar kaset CD atau DVD sehingga ini sangat membantu.

5. Alat Editing Foto dan Video

Laptop juga dapat digunakan yaitu untuk melakukan editing video atau foto. Dalam dunia multimedia, fungsi laptop juga dapat digunakan untuk menggambar karakter seperti dalam sebuah film animasi, 3d, dan lainnya.

Banyak pengembang film memakai laptop atau komputer untuk melakukan editing yang dibantu dengan software editing seperti Adobe Photoshop, Sony Vegas, After Effect, Adobe Ilustrator, CorelDraw, Inkscape dan lainnya.

6. Menyimpan Data

Jika dulu menyimpan data dilakukan di floppy disk atau disket yang kapasitas media penyimpanannya kecil, maka dengan laptop yang sudah dilengkapi dengan HDD atau SSD yang kapasitasnya tentu ribuan kali dari disket dapat menyimpan data yang berukuran besar.

Laptop dengan kapasitas media penyimpanan besar bisa menampung banyak file baik berupa data, video, foto, gambar dan jenis file lainnya.

7. Memudahkan Pekerjaan

Sejak awal penciptaan laptop tujuannya adalah untuk mempermudah pekerjaan orang. Dengan adanya laptop, maka bisa membantuk seseorang untuk bekerja, browsing internet, mencari tugas, mencatat data, presentasi, administrasi, menulis blog membuat desain dan pekerjaan lainnya yang bisa dikerjakan dengan laptop.

8. Mencari Informasi

Selain dapat dipakai untuk bekerja, laptop juga dapat digunakan untuk mencari informasi dari manapun. Dengan menghubungkannya ke internet melalui jaringan Wifi, LAN atau memakai modem maka pengguna bisa mencari berbagai macam informasi dari situs atau website.

Dengan begitu laptop juga bisa dipakai mencari informasi dari manapun yang tentu saja menambah informasi atau pengetahuan dari penggunanya.

9. Membuat Program/Aplikasi/Website

Dalam dunia programmer, laptop dapat digunakan sebagai media untuk membuat aplikasi atau program. Dengan keahlian koding seorang programmer bisa memakai laptop untuk membuat aplikasi ponsel, aplikasi komputer bahkan untuk melakukan koding membuat sebuah website.

10. Mencari Uang
Mencari Uang

Saat ini banyak orang yang sudah menjadi Freelancer atau pekerja lepas yang bisa bekerja dimanapun dan kapanpun dengan media laptop. Laptop bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang diberikan oleh klien atau pengguna jasa. Dengan seperti itu, laptop bisa digunakan untuk mencari uang, seperti jasa desain, jasa penulis, jasa editing video, editing film, editing foto, dan lain pekerjaan lain yang bisa dikerjakan secara digital.

Komponen Laptop

Laptop mempunyai beberapa komponen diantaranya:

  1. Layar LCD/ Monitor
  2. Keyboard
  3. Touchpad
  4. Hardisk (HDD/SSD)
  5. Ram
  6. Rom
  7. Mainboard / Motherboard
  8. Processor
  9. Webcame
  10. CD/DVD Room
  11. VGA
  12. Fan Processor
  13. Baterai
  14. Charger
  15. Slot Memory
  16. Perangkat audio
  17. Speaker
  18. Slot RJ45/ Kabel Internet
  19. Slot USB
  20. Sound Card
  21. Dan lainnya

Kelebihan Laptop

Laptop jika dibandingkan dengan komputer mempunyai kelebihan antara lain:

  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Lebih ringan daripada komputer
  • Lebih tipis daripada komputer
  • Bisa dipakai tanpa harus tersambung ke listrik karena ada baterai
  • Tidak membutuhkan tempat yang luas

Jenis-Jenis Laptop

Berikut adalah jenis-jenis laptop yang ada dipasaran

Notebook

Komputer jinjing (laptop) yang mempunyai ukuran 10 inchi.

Netbook

Adalah laptop yang mempunyai spesifikasi tertentu. Seperti memakai prosesor intel atom dengan ukuran dibawah 12 inchi.

Mainstream

Adalah laptop yang memiliki processor yang lebih tinggi seperti core 2 duo, core i3, core i5 dan core i7. Memori RAM minimal 2GB, keyboard berukuran penuh.

Tablet PC

Adalah laptop yang mempunyai layar sentuh sehingga bisa diputar, dan mudah dibawa kemana saja.

Produsen Laptop

  • A Note
  • Acer
  • Advan
  • Alenware
  • Apple
  • ASUS
  • Axioo
  • HP
  • Lenovo
  • Toshiba
  • Samsung
  • Sony
  • Benq
  • Byon
  • Dell
  • Compaq
  • Mitsubishi
  • Nec
  • Shartp
  • MSI
  • LG
  • Hawlett Packard
  • Panasonic
  • Zyrex
  • SMK Mugen (Indonesia)