Pengertian Ram dan Cara Kerjanya

Posted on

Setelah sebelumnya kami membahas tentang Definisi ROM, yang masih dalam perangkat di komputer. Kali ini kami akan mengulas secara lengkap apa yang disebut dengan RAM.

Mungkin anda sudah sering melihat dan tahu apa itu RAM. Perangkat ini memang terpasang pada komputer, notebook atau laptop. Ukurannya dan jenisnya juga berbeda-beda.

Di pasarangan RAM lebih sering di sebut dengan memori ram. Merknya ada Corsair, Deam, Kingstone, Samsung dan lainnya. Agar lebih memahami secara mendalam, simak pembahasan di artikel ini hingga selesai.

Pengertian RAM

RAM atau berasal dari kata Random Acces Memory yaitu sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dan beberapa instruksi program.

Di dalam RAM kita bisa mengakses secara acak atau tidak bergantung dari pengaturan tata letaknya. Data di RAM bisa hilang pada saat komputer di matikan atau daya listrik dari power supply tidak ada.

Sebuah RAM memiliki kapasitas yang akan berpengaruh terhadap tingkat kecepatan dalam memproses data (loading). Hal itu akan membuat proses menyimpan data, membuka data, dan menjalankan program/aplikasi akan lebih cepat sesuai dengan besarnya RAM pada komputer tersebut.

pengertian ram

RAM pada sebuah perangkat PC atau laptop memiliki peranan yang krusial, karena jika sebuah personal komputer tidak ada RAM nya maka tidak dapat bekerja. RAM ini terpasang di dalam Motherboard/Mainboard. Adanya RAM akan berpengaruh terhadap kecepatan proses suatu komputer.

Jenis-Jenis RAM

RAM memiliki beberapa jenis, secara mendasar terbagi menjadi dua yaitu RAM berbasis Chip dan RAM berbasis Card.

RAM Berbasis Chip

SRAM (Static RAM)
RAM jenis ini adalah bersifat semivolatile. Digunakan pada komputer untuk mempercepat proses dan tidak membutuhkan operasi daya refresh.

DRAM (Dynamic RAM)
DRAM merupakan ram dengan jenis volatile. Digunakan pada komputer untuk membantu kecepatan proses dan membutuhkan arus daya listrik yang terus menerus pada pengoperasiannya, sehingga memerlukan refresh. Proses pembuatannya memakai teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (Non-Volatile RAM)
Adalah jenis ram yang mempunyai catu daya listrik sendiri, yakni suatu baterai mini yang membuatnya bisa menyimpan daya meskipun komputer di non aktifkan. Mempunyai fungsi untuk menyimpan jam, waktu, kalender, program setup dan konfigurasi komputer.

FRAM (Ferro Electric RAM)
Adalah jenis RAM yang tidak membutuhkan catu daya listrik atau baterai mini sebab telah memakai daya medan magnet.

RAM Berbasis Card

jenis jenis ram

EDO RAM (Extended Data Output RAM)
Adalah jenis RAM pada prosesor pentium generasi pertama. Memiliki kapasitas memori hanya 8MB hingga terbesar 16MB, standar PC 66/100. Memakai desain SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah memori 72 pin yang tersemat.

SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
Adalah jenis RAM dinamik pada generasi pentium 1, 2 dan 3. Kecepatan bus memori ini antara frekwensi 66 MHz sampai dengan 133 Mhz. Biasa disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Memakai desain DIMM (dual in-line memory module), pin yang tersemat sebanyak 168 pin.

Loading...

DDR RAM (Double Data Rate RAM)
DDR RAM adalah jenis RAM dinamik pada Processor generasi Pentium 4. Memory DDR RAM mempunyai banyak jenis dan pada umumnya dikategorikan dan dibuat menurut bandwith pada saat beroperasi.

Baca Juga : Definisi Keyboard

Selain itu, dipengaruhi juga dengan besarnya clock yang diberikan oleh memory itu sendiri. Terdapat beberapa jenis yang digunakan, yakni PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Memakai kemasan DIMM dengan jumlah 184 pin tersemat.

DDR Dual Channel RAM
Adalah jenis memory yang berbeda dari pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel yaitu teknologi yang sama dengan memori RD RAM yang membutuhkan sistem dual channel.

Dual channel adalah mengharuskan memasang dua keping modul memori dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard.

Secara khusus, pada pemakaian memori RD RAM harus ada penambahan dua pasang memori terminator untuk men support memori standar PC 2700/3200/400 dengan clock yang ditawarkan adalah antara 500 hingga 800 MHz.

Twister DDR Dual Channel RAM
Memory tipe TwinX atau Twister dengan kode CMX yang merupakan sebuah tanda bahwa memori dapat dipakai di dual channel mainboard.

SODIMM RAM
Adalah jenis memori yang bisa dipakai untuk server atau notebook.

Fungsi RAM

Di dalam komputer, RAM memiliki fungsi antara lain:

Membaca Data

Data yang disimpan pada hardisk seringkali akan lebih lama ditampilkan sebab hardisk merupakan perangkat memori yang bekerja lebih lamban. Hal tersebut karena pada hardisk menyimpan banyak data dan dibutuhkan waktu untuk menemukannya, terlebih pada data yang mengalami fragmentasi.

Agar akses tidak lambat ketika dipanggil data, maka sebuah file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan pada RAM untuk sementara waktu sampai data itu akan lebih cepat dibuka ketika program sedang berjalan dan komputer masih dalam kondisi hidup.

Karena RAM memiliki kecepatan yang sangat cepat, maka ketika membuka data di sebuah program akan tetap berjalan dan bisa dibuka kembali dengan cepat ketika berpindah dari satu program ke program lainnya ketika program tersebut tidak ditutup.

Menyimpan Sementara

RAM juga memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada saat sebuah program sedang dijalankan. Contohnya adalah ketika sedang mengetik teks di aplikasi MS word atau program lain, maka kata-kata yang sedang dituliskan akan tersimpan di program itu walaupun penyimpanan ini hanya bersifat sementara.

Ketahui Juga Pengertian Mouse

Dengan menyimpan data di RAM maka program bisa berlangsung dengan cepat dan responsive. Karena hanya bersifat sebagai penyimpanan sementara, maka agar data tidak hilang maka harus menyimpan secara permanen di hardisk. Hal tersebut dilakukan agar data tidak hilang dan dapat diakses kembali dilakin waktu.

Gambar RAM

Berikut ini adalah contoh gambar ram yang ada di dunia.

gambar ram

Demikianlah penjelasan lengkap tentang RAM. Semoga dapat memberikan pengetahuan serta referensi ilmu untuk anda. Terima kasih dan nantikan artikel berikutnya.