Pengertian CPU dan Fungsinya

Posted on

CPU atau merupakan singkatan dari Central Processing Unit yaitu perangkat keras (hardware) komputer yang dalam digunakan untuk menjalankan perintah dan memproses data dari perangkat lunak (software).

Didalam CPU data akan diproses dalam sebuah komputer. CPU disebut juga sebagai processor karena cepat atau lambatnya sebuah komputer ditentukan oleh processornya.

Seperangkat komputer akan terdiri dari processor, mainboard, dan kompoenen lainnya. Untuk lebih lengkapnya pada pembahasan kali ini kami akan mengulasnya secara lengkap.

Pengertian CPU

Definisi dari CPU selain sudah dijelaskan diatas adalah suatu komponen komputer yang berupa perangkat keras (hardware) yang mempunyai tugas untuk memproses data atau mengolahnya.

Perangkat keras tersebut sangat berperan penting untuk kinerja komputer. Di perangkat CPU ini seluruh data akan diproses dan dikeluarkan sebagai output atau keluaran. CPU dipasang dengan komponen hardware yang dinamakan dengan motherboard atau mainboard.

Loading...

Kom ponen CPU

Didalam CPU terdapat sebuah otak atau yang disebut dengan “Processor” yaitu sebuah chip yang tertanam didalam yang fungsinya melakukan proses kalkulasi di komputer. Didalam CPU sendiri terdapat beberapa komponen yang mendukung, antara lain:

1. Unit Kontrol

Unit kontrol merupakan komponen didalam CPU yang mengatur proses program berjalan. Komponen ini sudah ada disetiap komputer, adapun tugas dari unit kontrol yaitu menerima instruksi dari memori utama dan menentukan jenis dari instruksi tersebut.

Hasil dari pengolahan data akan dibawa oleh unit kendali menuju memori utama untuk disimpan, dan ketika sudah saatnya akan ditampilkan kedalam alat output. Sehingga, unit kontrol ini bisa melakukan kontrol komputer yang membuat terbentuknya sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan tugasnya.

2. Register

Register adalah alat yang dapat menyimpan data ukuran kecil tetapi mempunyai kecepatan akses cukup tinggi dengan fungsi untuk menyimpan data atau input yang sedang berjalan.

Memori ini memiliki sifat sementara, seringkali di pakai untuk penyimpanan data ketika sedang di proses maupun data untuk diolah selanjutnya.

3. Aritmathic Logic Unit (ALU)

ALU adalah bagian dari CPU yang mempunyai fungsi untuk menjalankan operasi aritmatika dan operasi logika yang mengikuti instruksi yang ditentukan.

ALU juga biasa dinaman dengan mesin bahasa sebab ALU tersusun dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang setiap unit mempunyai tugas yang spesifik.

Tugas ALU yang paling penting yaitu menjalankan seluruh perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU menjalankan seluruh operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan menjadikan sirkuit elektronik yang dipakai disebut dengan adder.

Selain itu didalam CPU atau komputer terdapat komponen-komponen perangkat keras seperti Motherboard, Processor, Memory, VGA, Modem dan Sound Card, LAN Card. Bagian-bagian tersebut mempunyai tugas atau fungsi masing-masing yang seperti dijelaskan dibawah ini.

pengertian cpu

Motherboard
Motherboard atau mainboar merupakan papan sirkuit tempat semua komponen didalam komputer terhubung. Di mainboard ada beberapa slot untuk memasang atau menyambungkan dengan perangkat lain, seperti slot memory, slot Vga card, slot soundcard, slot modem, slot vga eksternal dan lainnya.

Processor
Processor yaitu bagian utama dari CPU. Processor memiliki fungsi yaitu sebagai pengendali semua kinerja dari bagian CPU, jika pada manusia disebut dengan otak. Fungsi lain dari processor yaitu sebagai pusat mengatur proses komunikasi antar bagian di CPU, dan mengatur perhitungannya.

Memory
Memory yaitu bagian dari CPU yang mempunyai fungsi untuk melakukan penyimpanan input dan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan operasi pada komputer. Semakin besar kapasitas memory CPU, maka semakin cepat proses pengolahan datanya.

VGA
VGA atau singkatan dari Video Graphics Adapter yaitu perangkat yang menampilkan outuput dari komputer ke monitor. VGA biasanya sudah tergabung dengan motherboard, dan ada pula kartu VGA yang dapat dipasang pada slot di mainboard.

Ada VGA yang onboard dan juga yang tidak. Untuk proses mendesain atau bermain game fungsi VGA sangat dibutuhkan agar resolusi layar baik dan tidak terjadi pecah-pecah pada gambar atau video game yang sedang dijalankan.

Sound Card
Sound card atau kartu suara yaitu perangkat keras yang dipakai sebagai pemroses data digital dalam bentuk suara. Dalam setiap CPU saat ini harus sudah terpasang sound card karena dapat digunakan untuk menampilkan keluaran suara dari komputer ke speaker. Didalam motherboard terdapat port untuk menancapkan sound card.

Cara Kerja CPU

Pada saat ada input atau instruksi yang diperintahkan ke CPU, maka pertama akan dimasukkan ke MAA (Media input storage). Apabila dalam bentuk instruksi disimpan oleh Contro Unit di program storage.

Jika register telah siap untuk menerima proses pekerjana, maka control unit akan melakukan instruksi dari program storage untuk dikumpulkan pada Instruction Register. Lalu alamat memori yang menampung instruksi yang disimpan pada program counter.

Sedangkan data dijalankan oleh Control Unit Kerja-Storage untuk ditampung pada register yang tujuannya umum di Operand daftar.

Apabila pengerjaan dijalankan oleh instruksi yang aritmatika dan logika, ALU akan meneruskan operasi yang harus dijalankan menurut intruksi yang sudah diatur. Hasilnya akan disimpan di akumulator.

Jika hasil yang diolah sudah selesai, maka control unit akan meneruskan hasil pengolahan di akumulator untuk ditampung kembali ke Working storage.

Apabila pembangunan secara menyeluruh sudah selesai, maka control unit akan meneruskan proses kerja penyimpanan untuk disimpan di output-storage. Lalu output-storage dari hasil pengolahan akan ditampilkan di perankat output yaitu monitor.

Fungsi CPU

Fungsi dari Central Processing Unit adalah layaknya kalkulator yaitu untuk mengolah data seperti operasi aritmatika dan logika yang diambil dari memori atau informasi yang di input ke beberapa perangkat keras, seperti dari keyboard, scanner, mouse atau joy stick.

CPU dikendalikan memakai sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak itu bisa diproses oleh CPU untuk membaca dari media peyimpan seperti hardisk, disket, cd dan flashdisk.

Baca Juga: Pengertian Power Supply

Instruksi itu lalu disimpan terlebih dahulu pada memori fisik, yang pada setiap intruksi akan diberikan alamat unik yang dinamakan alamat memori. Kemudian, CPU bisa mengakses data di MAA untuk menetapkan alamat data yang dikehendaki.

Pada saat proses eksekusi, data mengalir dari RAM ke suatu unit yang dinamakan dengan Bus, yang menyambungkan CPU dengan MAA. Data itu lalu ditranslate memakai proses yang dinamakan sebagai unit pendekoder intruksi yang dapat menerjemahkan intruksi.

Data lalu akan dibawa dari aritmatika dan logika unit (ALU) yang menjalankan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa dilakukan penyimpanan sementara oleh Alu pada satu memori yang dinamakan register yang bisa diambil dengan cepat untuk diolah.

ALU bisa menjalankan operasi tertentu, seperti penambahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi data dalam register, untuk pengiriman hasil pengolahan kembali ke memori fisik, media simpan atau mendaftarkan apabila kana memproses pengolahan lagi.

Jadi selama proses sedang berlangsung, suatu unit dalam CPU yang dinamakan dengan program counter akan mengawasi instruksi berhasil dijalankan menjadikan instruksi bisa dieksekusi dengan urutan yang benar dan tepat.

Gambar CPU

Berikut ini adalah contoh CPU

gambar cpu

Demikianlah artkel tentang CPU. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang mencari materi yang berkaitan dengan komputer. Terimakasih

Loading...