Pengertian Musik Vokal Dan Contohnya

Posted on

Pernah mendengar orang bernyanyi di iringi dengan suara manusia saja tanpa alat musik lainnya? Jika iya, itu adalah contoh dari musik vokal. Musik yang hanya dengan suara vokal manusia.

Musik ini membutuhkan keahlian dalam mengolah suara. Sehingga suara yang dihasilkan tetap selaras dengan lagu yang dimainkan.

Untuk mengetahui lebih lengkap informasi tentang musik vokal. Silakan baca ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Musik Vokal

pengertian musik vokal
Musik Vokal

Dalam Wikipedia, Musik Vokal adalah jenis musik yang dilakukan oleh satu atau lebih penyanyi, baik dengan iringan instrumental, atau tanpa iringan instrumental, di mana bernyanyi memberikan fokus utama dari lagu tersebut.

Definisi musik vokal lainnya adalah jenis musik yang bersumber dari suara manusia yang bisa didapat dari penyanyi atau sekelompok orang tanpa adanya suara pengiring atau pendukung lain.

Musik vokal tidak memerlukan media, hanya mengandalkan pengolahan suara. Adapun aransemen memakai vokal dua suara, tiga suara, atau bisa empat suara.

Sejarah Musik Vokal

Musik vokal lahir karena dianggap sebagai usaha manusia dalam berkomunikasi antar sesama, musik vokal muncul disaat zaman periode Renaissance, yaitu bernyanyi tidak diiringin dengan instrumen, dengan teknik dan harmonisasi yang baik, atau saat ini lebih dikenal dengan musik Acappella.

Ketika zaman Renaissance, yang lebih diutamakan yaitu vokal dibanding dengan instrumen. Menjadikan, komposer lebih mengutamakan syair untuk meninggikan kualitas syair dan emosi lagu.

Jenis Musik Vokal

Berdasarkan jumlah orang yang menghasilkan suara vokal, musik vokal bisa dikategorikan menjadi tiga, antara lain:

Solo

Adalah jenis musik vokal yang dibawakan oleh seorang penyanyi saja.

Paduan Suara

Jenis musik vokal yang dibawakan oleh banyak penyanyi dengan banyak macam suara yang disatukan menjadi satu kesatuan.

Grup

Jenis musik vokal yang dibawakan oleh beberapa orang dalam satu kesatuan suara. Dalam menampilkan, vokal grup dilakukan sedikitnya empat orang, setiap orang bernyanyi dengan harmoni empat suara dan dapat di iringin instrumen alat musik seperti gitar atau piano. Baca Juga: Pengertian Musik Keroncong

Kwartet

Adalah jenis penyajikan musik vokal yang dibawakan oleh empat orang ketika bernyanyi.

Contoh Musik Vokal

Adapun contoh dari musik vokal adalah orang yang bersiul atau bersenandung, musik acapella, dan juga musik kudus. Baca Juga: Apa sih Musik Nusantara Itu?