Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Posted on

Dalam dunia bisnis atau kehidupan anda tentu sering mendengar istilah wirausaha dan wiraswasta. Kedua profesi tersebut sangat berhubungan dengan dunia pengusaha atau seorang entrepreneur.

Apa sebenarnya yang membedakan keduanya? Sehingga bagi kalian yang belum tahu wajib untuk memahami artinya.

Di artikel berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa yang membedakan antara wirausaha dan wiraswasta. Yuk Simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Wirausaha

perbedaan wirausaha dan wiraswasta

Wirausaha adalah orang yang mempunyai suatu sifat berani melakukan gebrakan sistem ekonomi yang ada dengan mengenalkan barang dan jasa yang baru, dengan membuat bentuk organisasi baru atau pengolahan bahan baku yang baru.

Wirausaha juga adalah orang yang mempunyai keberanian dalam menanggung resiko terhadap bisnia yang dia jalani.

Pengertian Wiraswasta

Definisi wiraswasta yaitu orang yang berani bersikap, berfikir serta melakukan tindakan dengan kemampuan dan keberanian untuk membuat pekerjaan sendiri, berkarir dengan sikap mandiri untuk mencukupi nafkah.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Dari kedua penjelasan diatas tentang definisi wirausaha dan wiraswasta maka perbedaan dari keduanya adalah terletak pada mental dan sebuah bentuk aksi usaha dari mewujudkan sikap itu sendiri.

Baca Ini Juga: Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Terlihat jelas jika wirausaha bisa diartikan sebuah bentuk usaha sendiri. Artinya orang yang melakukan wirausaha adalah bekerja sendiri, tidak bekerja kepada orang lain atau perusahaan lain.

Kemudian wiraswasta bisa diartikan sebuah sikap mental yang berani berdiri dengan kekuatan sendiri. Sikap ini dapat dipakai untuk seorang karyawan yang bekerja dengan orang lain atau orang yang memiliki usaha sendiri.

Contoh Wiraswasta

Terdapat banyak contoh wiraswasta yang dapat dijalankan oleh seorang. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Jasa Potong Rambut

Setiap hari, hampir dimanapun kita bisa menemui orang datang ke tempat potong rambut. Baik itu di salon, atau tempat biasa. Dengan peluang seperti itu maka jasa potong rambut akan terus berjalan.

Untuk mendirikan usaha potong rambut, paling tidak anda harus menguasai atau memiliki keahlian memotong rambut terlebih dahulu. Silakan ikuti gaya potong rambut masa kini yang sedang tren untuk kaula muda.

Baca Juga: Pengertian Wirausahawan

Untuk mendapatkan nilai lebih dimata pelanggan anda bisa menambahkan jasa lebih seperti dengan memijat atau free wifi atau fasilitas lainnya.

2. Jasa Instal /Perbaikan Laptop/PC

Untuk anda yang memiliki keahlian dalam bidang komputer, seperti memperbaiki laptop, printer, atau komputer juga dapat membuka usaha ini.

Saat ini penggunaan komputer atau laptop hampir diseluruh lapisan masyarakat. Dari kalangan pelajar hingga pekerja kantoran harus diwajibkan dapat mengoperasikan komputer. Untuk itu jasa perbaikan atau instal laptop masih memiliki peluang besar di Indonesia.

Anda bisa memulainya dengan membeli alat-alat untuk mendukung servis laptop seperti obeng, penyedot tinta, flashdisk instalasi dan lainnya.

3. Jasa Wedding Organizer

Jika anda yang sudah memiliki modal besar, saat ini sedang tren jasa wedding organizer suatu acara. Sudah banyak orang yang berhasil menjalani usaha ini, anda bisa melakukan kerjasama dengan partner lain agar tidak bekerja sendirian.

4. Jasa Les Privat

Anda yang memiliki kecerdasan lebih terhadap suatu ilmu seperti matematika, komputer, bahasa inggris dan lainnya bisa membuka jasa les privat. Di kota-kota besar jasa ini sangat dibutuhkan terutama untuk orang tua yang sibuk berkarir dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk anaknya.

Mereka biasanya akan mencarikan anak seorang guru les yang bisa menambah pengetahuannya. Jadi jasa ini akan terus ada selama ada orang yang sekolah.

Itulah penjelasan lengkap tentang Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta. Semoga dapat membuka referensi dan wawasan anda yang membutuhkan. Terima kasih.