Pengertian Wirausahawan, Ciri-Ciri dan Contoh Wirausahawan

Posted on

Wirausahawan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan kegiatan wirausaha yang memiliki ciri-ciri pandai atau memiliki bakat tentang mengetahui produk baru, menetapkan cara memproduksi barang, penyusunan manajemen operasional dalam mengadakan barang baru, memasarkannya sampai dengan mengatur permodalan operasinya.

Seorang Wirausahawan memiliki pemikiran yang matang atau terencana sebelum melakukan kegiatan wirausaha agar terhindar dari resiko kerugian atau bangkrut.

Untuk lebih jelasnya maka pada artikel kali ini Onoini.com akan mengulas tentang Wirausahawan dengan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Wirausahawan

Dalam Wikipedia, Definisi Wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Definisi lain dari Wirausahawan adalah orang yang memiliki kemampuan dalam melihat dan mengambil peluang, melakukan pengelolaan sumber daya yang diperlukan dan juga mengambil tindakan yang tepat, untuk dapat memastikan sukses secara terus menerus.

Seorang wirausahawan membuat suatu bisnis baru dengan melakukan identifikasi peluang yang signifikan dan sumber daya yang dibutuhkan.

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

pengertian wirausahawan

Ahli mengemukakan arti dari Wirausahawan antara lain:

Louis Jacques Filion

Wirausahawan adalah orang yang imajinatif yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu.

Ciri-Ciri Wirausahawan

Sebagai seorang wirausahawan, maka akan selalu mencari peluang dan tantangan baru dalam membuat produk dan standar tertentu. Hal itu karena didorong oleh hasrat agar lebih baik dari waktu ke waktu.

Wirausahawan akan selalu memiliki hasrat atau keinginan agar terus berhasil dengan prestasi nyata, bukan dari belas kasihan, kebaikan dari orang lain atau adanya fasilitas dari pemerintah. Dibawah ini adalah ciri-ciri seorang wirausahawan yang tangguh, diantaranya adalah:

  • Berfikir dan berbuat dengan pemikiran strategis dan beradaptasi terhadap perubahan dalam berupaya menciptakan peluang untuk memperoleh keuntungan, yang didalamnya juga terdapat resiko yang besar dan harus siap mengatasi segala masalah yang dihasilkan dari peluang yang diciptakannya.
  • Berusaha untuk memperoleh laba dengan cara menciptakan produk atau jasa yang dapat memuaskan pelanggan.
  • Berupaya untuk mengetahui dan dapat mengontrol perusahaan dan dirinya sendiri agar dapat meningkatkan kemampuan pengendalian dengan sistem intern.
  • Selalu berupaya meningkatkan mental dan ketangguhan perusahaan, utamanya dalam membina karyawan, memotivasi agar semangat kerja dan mengelola permodalan.
  • Seorang wirausahawan juga harus berani dalam mengambil resiko
  • Mempunyai kemauan dan semangat yang tinggi
  • Harus mempunyai analisa yang tepat sebelum mengambil keputusan atau merancang manajemen perusahaannya
  • Tidak berperilaku konsumtif atau hedonisme
  • Mempunyai seorang jiwa pemimpin
  • Berfikir dan bertindak dengan orientasi pada masa depan

Karakter Wirausahawan

Seorang wirausahawan atau entrepreneur harus memiliki karakter yang baik dan kuat. Dibawah ini adalah karakter seorang wirausahawan yang sukses.

Pemberani

Seorang wirausahawan harus berani dalam menghadapi setiap tantangan yang dia alami. Harus segera membuat keputusan dan harus siap menghadapi apa saja resiko yang sudah diambilnya.

Wirausahawan harus pantang menyerah dalam berjuang, tetap optimis, walaupun banyak halangan yang akan dihadapi ketika menjalankan usaha atau bisnis.

Percaya Diri

Tidak merasa minder adalah modal yang harus dimiliki wirausahawan ketika bertemu orang lain, utamanya kepada orang yang lebih sukses dari dirinya. Orang tersebut meyakini bahwa kemampuannya dan tetap menjadi dirinya sendiri.

Jika ada orang yang meremehkan akan kemampuannya, seorang pengusaha harus tetap melangkah dengan apa yang sudah menjadi visi dan misinya.

Disiplin

Dengan kedisiplinan, seorang wirausahawan memiliki prinsip yang kuat ketika bekerja. Menjalankan bisnis atau usahanya patuh dengan peraturan dan tetap sesuai dengan target. Wirausahawan akan menghargai waktu serta konsisten dalam menjalankan tugas yang tentu saja sesuai dengan rencana. Dengan disiplin, wirausahawan sudah bekerja dengan profesional.

Loading...

Tanggung Jawab

ciri ciri wirausahawan

Jika seseorang sudah memutuskan menjadi wirausahawan maka dia sudah bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulainya. Wirausahawan tersebut dapat menjadi andalan, dari mulai hal kecil sampai dengan hal besar.

Dia akan memberikan yang terbaik untuk semua hal yang dipercayakannya. Apabila dia melakukan kesalahan ataupun gagal, maka dia tidak akan menyalahkan orang lain. Namun dia harus siap menghadapi resiko yang terjadi.

Rajin

Seorang wirausahawan yang memiliki sifat rajin pasti akan selalu bersemangat untuk belajar dan bekerja setiap harinya. Dia akan tekun dan berusaha semaksimal mungkin dalam usahanya.

Dia memiliki kesungguhan dan komitmen yang tinggi dalam melakukan usahanya atau bisnisnya. Lebih dari itu ketika dalam kondisi di titik terendah, dia tidak akan pernah menyerah, walaupun hasilnya belum terlihat.

Kreatif

Wirausahawan harus kreatif agar dapat menemukan ide yang cemerlang. Dia tidaka akan ikut-ikutan dengan orang lain, namun ingin menjadi yang paling depat dan berbeda.

Wirausahawan sangat gemar berinovasi dalam melakukan bisnisnya, hal tersebut akan membuat bisnisnya terus mengalami perkembangan mengikuti perubahan zaman.

Sportif

Wirausahawan juga harus memiliki karakter sportif, hal ini agar tidak takut menghadapi persaingan bisnis dan dengan sifat sportif maka dia dapat bersikap tangguh. Dia akan siap dalam bersaing dengan sehat dan adil dalam bekerja.

Wirausahawan tidak akan menjelekkan orang lain dan tidak mau melakukan hal-hal yang tidak benar demi meraih kesuksesan.

Lapang Dada

Lapang dada juga sangat penting untuk wirausahawan karena dengan karakter itu dia dapat menerima semua hal dengan ikhlas. Utamanya ketika sedang mengalami masa sulit, dia dapat dengan sabar menghadapinya.

Ketika orang lain mengkritik, dia akan senang hati menerima setiap masukan tersebut. Bahkan jika pendapatnya ditolak, dia tidak akan marah-marah dan mengeluarkan umpatan kepada orang lain.

Jujur

Orang yang jujur akan disenangi oleh banyak orang, termasuk juga Wirausahawan. Kejujuran ini sangat penting agar orang percaya. Dengan jujur, wirausahawan tidak memiliki keinginan untuk merugikan, menipu karyawan dan partner bisnisnya.

Dengan kejujuran juga akan membuat reputasinya bagus, menjadikan citra bisnisnya ikut naik. Maka jujur dapat disebut juga sebagai modal utama dalam berbisnis.

Komunikatif

Wirausahawan yang komunikatif dapat dengan mudah bersahabat dengan orang lain. Dengan komunikasi yang baik maka dapat menjaga kesatuan tim dalam bekerja, ketika memasarkan produk kepada konsumen, dan pada saat menjalin kerjasama bisnis dengan pihak lain.

Mandiri

Karakter mandiri pada wirausahawan ini penting agar dia tidak bergantung pada orang lain sehingga cukup percaya dengan kemampuan dirinya sendiri. Dia memiliki kemampuan untuk berinisiatif dalam memutuskan dengan cepat dan bekerja secara bertanggung jawab.

Utamanya untuk yang menjalankan usaha seorang diri, kemampuan harus dimiliki supaya tidak bergantung dengan orang lain.

Rendah Hati

Seorang Wirausahawan ataupun orang biasa jika memiliki sifat rendah hati maka tidak memiliki sifat yang sombong. Dia akan rendah hati mau mengakui jika orang lain ada yang lebih unggul dari pada dirinya. Tidak merasa segan atau gengsi mengapresiasi pencapaian yang diraih orang lain.

Bahkan ketika berada diatas, dia tidak merasa sombong atau meremehkan orang lain. Ini akan menjadikan wirausahawan disukai dan disegani karena sikapnya membuat orang nyaman ketika disekitarnya.

Contoh Wirausahawan

Dibawah ini beberapa orang sukses sebagai pengusaha, atau wirausahawan di Indonesia. Simak dengan seksama.

Wiliam Tanuwijaya, Tokopedia

Adalah pengusaha sukses yang mendirikan Marketplace Tokopedia. Seperti kita tahu bahwa saat ini Tokopedia adalah tempat belanja yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet untuk mencari kebutuhan dari mulai gadget hingga kebutuhan rumah tangga lainnya.

Achmad Zaky, Bukalapak

Achmad Zaky adalah wirausahawan sukses pendiri dari Bukalapak. Siapa yang tidak tahu Bukalapak yang iklannya kadang lucu dan mengena.

Ferry Unardi, Traveloka

Anda tentu sering menonton iklan Traveloka di Televisi ataupun Youtube bukan? Nah pendirinya adalah Ferry Unardi. Seperti kita ketahui bahwa Traveloka adalah situs reservasi tiket yang terkenal.

Nadiem Makarim, GoJek

Berlatar belakang pendidikan di Harvard Business School, Nadiem Makarim adalah pendiri dari GoJek. Layanan ojek online berbasis aplikasi yang saat ini sudah mendapatkan predikat Unicorn Starup.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang definisi Wirausahawan. Semoga dapat menjadi tauladan dan motivasi untuk kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan nantikan artikel dari kami.