Tips Promosi Usaha Makanan Agar Mudah Dapat Pelanggan

Posted on

Dalam menjalankan sebuah bisnis, konsepnya adalah bahwa hal yang paling menentukan sukses tidaknya suatu bisnis adalah promosi.

Untuk produk makanan, selezat apapun dan sebagus apapun tampilan produk yang ditawarkan tidak akan sukses besar jika tidak dibekali dengan promosi yang tepat.

Karena itu promosi usaha makanan harus dilakukan dengan sebaik dan secermat mungkin. Anda tak boleh asal atau meremehkannya karena bisa dibilang tonggak kesuksesan suatu bisnis adalah terdapat pada promosinya.

Tips Promosi Usaha Makanan Agar Mudah Dapat Pelanggan

Sebagai ide dan inspirasi untuk Anda, berikut beberapa tips promosi usaha makanan yang perlu Anda lakukan untuk memudahkan Anda mendapatkan pelanggan. Simak tipsnya berikut ini!

Promosi Usaha Makanan Agar Mudah Dapat Pelanggan

Loading...

#1 Manfaatkan Momentum Secara Tepat

Tak setiap hari sebuah usaha makanan mendapat banyak kunjungan. Bahkan terkadang bisa sangat sepi pembeli. Anda bisa melakukan berbagai macam upaya spaya bisnis makanan yang dibangun bisa mendapatkan pelanggan baru dan pelanggan tetap juga tidak kabur tentunya.

Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Salah satu cara promosi usaha makanan untuk menarik perhatian pelanggan baru dan menetapkan pelanggan lama adalah dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan bazaar.

Upayakan untuk Anda juga berpartisipasi dalam kegiatan bazaar, ekshibisi, pasar malam dan perayaan moment tertentu karena akan membuat usaha makanan Anda selalu mendapat  konsumen baru. Dengan cara ini akan semakin banyak orang yang mengenal Anda.

#2 Buat Stiker Dan Pasang Di Tempat Yang Mudah Terlihat

Tips promosi usaha makanan yang satu ini cukup sering kita lihat. Anda bisa membuat stiker yang dipasang di tempat yang cukup sering dilalui orang. Akan tetapi Anda harus bisa pastikan bahwa Anda tidak memasang stiker di tempat yang dilarang.

Kamu Harus Tahu: Pengertian Pengusaha Kena Pajak

Semisal memasang stiker di fasilitas umum dan property pribadi atau yang lainnya dimana dapat mengakibatkan orang – orang merasa kurang nyaman akhirnya dengan yang Anda lakukan.

#3 Buat Peta Lokasi Usaha Dikemasan Produk

Tips promosi ini bisa dilakukan jika tempat usaha kuliner Anda kurang strategis. Kualitas dan rasa makanan yang Anda jual mungkin sangat baik namun jika orang tidak tahu dimana lokasi usaha Anda tentu semua itu akan percuma.

Dalam rangka membantu mengatasi masalah yang ada tersebut, Anda bisa membuat sebuah peta lokasi tempat usaha dan memasangnya di kemasan makanan.

#4 Manfaatkan Sosial Media Untuk Promosi

Promosi yang dilakukan di sosial media tidak hanya tentang penjualan langsung akan tetapi juga lebih ke branding dan membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat di sosial media. Memanfaatkan sosial media untuk promosi juga tentu akan semakin menghemat banyak uang.

Baca Juga: Pengertian Entrepreneur

Selain promosi gratis dengan sosial media kita juga bisa mengumpulkan data base calon pelanggan yang potensial dari sosial media yang kita gunakan sebagai media promosi tersebut.

#5 Buatlah Program Diskon Di Moment Tertentu

Di moment tertentu, sebagian orang akan belanja lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Semisal di hari raya idul fitri atau di hari raya natal. Baiknya Anda buat program diskon di moment penting tersebut untuk lebih menarik perhatian banyak orang agar mau berbelanja kuliner di tempat Anda.

Penjualan yang minim di hari biasa tentu bisa tertutupi dengan penjualan yang sangat besar di moment – moment tertentu tersebut. Dengan begitu tentu saja bisnis Anda akan tetap mendapatkan semakin banyak keuntungan.

Itulah berbagai tips promosi usaha makanan agar mudah mendapatkan pelanggan. Selamat mencoba dan semoga kesuksesan bersama Anda.

Loading...