Pilihan Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Pendidikan Anak

Posted on

Mempersiapkan masa depan pendidikan memang sangat penting bagi perkembangan buah hati Anda. Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan masa depan pendidikan adalah dengan menjalankan investasi pendidikan untuk anak.

Dengan pilihan tersebut, dana Anda untuk pendidikan anak akan sangat aman. Sehingga apapun yang terjadi dengan keuangan Anda di masa yang akan datang sudah tidak ada lagi sangkut pautnya dengan buah hati Anda.

Sekarang ini terdapat banyak pilihan investasi untuk masa depan pendidikan anak yang Anda harus tahu.

Investasi Pendidikan Anak

investasi pendidikan anak

Apa sajakah pilihan investasi untuk masa depan pendidikan anak Anda? Berikut kami berikan informasi selengkapnya.

Tabungan Pendidikan Untuk Anak

Tabungan pendidikan merupakan pilihan produk investasi dimana Anda dapat membuka rekening khusus yang digunakan sebagai tabungan pendidikan anak. Biasanya produk ini adalah yang ditawarkan oleh perbankan.

Untuk memiliki tabungan pendidikan bagi masa depan anak Anda, satu syarat utamanya yaitu Anda harus memiliki rekening utama di bank tersebut. Kemudian, Anda hanya perlu melengkapi pengajuan Anda dengan beberapa dokumen seperti KTP, buku tabungan dan akta kelahiran anak.

Baca Juga: Bisnis Budidaya Lele yang Menguntungkan

Sistemnya juga sangat mudah dimana pada setiap bulannya akan terdapat sejumlah uang yang diambil dari rekening utama dengan sistem auto debet yang diberikan. Jumlah uang ini berbeda dan sesuaikan juga dengan kemampuan dan kebutuhan yang telah Anda sepakati bersama di awal perjanjian.

Tabungan pendidikan selain menawarkan kemudahan juga memberikan fasilitas berupa asuransi jiwa. Sehingga jika anak Anda meninggal dunia, anak bisa mendapat tunjangan sesuai ketentuan polis asuransi yang sudah disepakati bersama di awal perjanjian.

Deposito Pendidikan Anak

Deposito untuk menjadi investasi masa depan pendidikan anak Anda yang juga bisa dijadikan pilihan adalah deposito pendidikan anak. Deposito merupakan suatu produk perbankan yang hadir dengan menawarkan bunga lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Baca Juga: Inilah 4 Reksadana Saham Terbaik

Deposito dengan tabungan memang memiliki perbedaan. Selain tingkat bunga, perbedaan yang lain adalah Anda tidak dapat mengambil uang kapan saja yang Anda inginkan. Anda hanya dapat mengambil uang sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan atau Anda akan terkena penalty jika terpaksa mengambil sebelum kesepakatan yang sudah disepakati.

Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu likuiditasnya tinggi, kebal terhadap inflasi, mudah didapatkan dan juga tidak perlu pengetahuan dasar. Hal tersebut merupakan beberapa hal yang menguntungkan dari investasi logam mulia.

Bagi Anda yang ingin menabung untuk dana pendidikan anak dengan jangka waktu investasi sekitar 3 sampai dengan 5 tahun hal tersebut juga akan sangat bermanfaat. Investasi logam mulia sendiri harganya akan mengalami peningkatan dan tidak termakan oleh adanya inflasi.

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana merupakan suatu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari investor dan kemudian melalui manajer investasi dana tersebut akan segera diinvestasikan ke dalam portofolio efek.

Terdapat beberapa jenis reksa dana yang beredar di Indonesia dimana masing – masing akan berbeda dari jangka waktu investasinya. Jika kemudian Anda butuh dana untuk pendidikan dalam waktu yang cukup singkat, maka jenis reks adana yang sesuai adalah dalam bentuk pasar uang.

Baca Juga: Ini Cara Terbaik Untuk Investasi Emas Batangan

Seperti apa reksa dana pasar uang? Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang menginvestasikan besaran dananya pada deposito, obligasi dan surat berharga komersial.

Itulah beberapa pilihan investasi terbaik untuk masa depan pendidikan anak yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi diatas menginspirasi Anda.