Perbedaan RAM dan ROM serta Contohnya

Posted on

Untuk anda yang sudah berkecimpung dalam dunia teknologi komputer tentu saja tidak asing dengan istilah RAM dan ROM. Kedua perangkat tersebut sama-sama sebuah memori yang ada di komputer atau laptop.

Bagi sebagian orang mengetahui perbedaan keduanya adalah tidak penting, namun sebenarnya ini lebih akan membuka pengetahuan anda lebih luas tentang apa saja perangkat komputer. Kedua perangkat ini terpasang di CPU

Untuk itu berikut ini adalah perbedaan dari RAM dan ROM yang akan kami jelaskan secara lengkap. Simak uraian di bawah ini.

Perbedaan RAM dan ROM

perbedaan ram dan rom

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory dan ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua jenis memory tersebut:

  1. Secara mendasar perbedaan paling utama kedua jenis memori ini adalah RAM merupakan memori penyimpanan yang datanya tidak tetap/selalu berubah, sedangkan ROM adalah tetap.
  2. RAM memerlukan aliran listrik agar bisa memproses data, seperti ketika komputer dihidupkan atau dijalankan. Sedangkan ROM akan tetap menyimpan data tanpa membutuhkan aliran listrik, seperti ketika komputer dimatikan, data pada ROM tidak akan hilang.
  3. RAM bersifat tidak permanen dalam menyimpan data, misalnya pada saat anda mematikan komputer maka data yang di simpan di RAM akan di hapus. Sedangkan pada ROM adalah memori yang bersifat permanen, sehingga saat anda mematikan komputer data di dalamnya tidak akan terhapus.
  4. Chip pada ROM seringkali dipakai pada proses startup komputer, sedangkan chip RAM biasa dipakai pada saat operasional normal dalam menjalankan komputer atau laptop sesudah masuk dari proses loading sistem operasi.
  5. Mengakses data dari ROM biasanya akan lambat, sedangkan jika menjalankan data dari ROM akan sangat cepat.
  6. RAM dapat menyimpan data dalam ukuran satuan gigabyte (GB), sedangkan ROM hanya dapat menyimpan beberapa megabyte (MB).
  7. RAM adalah jenis memori Volatile sedangkan ROM adalah jenis memori Non-Volatile.

Contoh ROM adalah pada sistem BIOS di komputer, chip dari PROM biasa untuk penyimpanan program yang dibutuhkan untuk dapat memulai dari proses komputer awal ketika sedang berjalan.

Baca Juga: Pengertian Motherboard

Proses tersebut adalah untuk menjalankan dari starup yang ada di komputer atau laptop. Chip ROM juga biasa dipakai untuk menjalankan program game seperti permainan game boy, nintendo dan lainnya.

Fungsi RAM dan ROM

ROM adalah media untuk menyimpan data internal yang dipakai untuk dapat menjalankan sistem operasi dan juga sistem lain pada komputer atau laptop. ROM juga sebagai penyimpan data di perangkat laptop, pc komputer dan juga termasuk smartphone android dan juga tablet.

Sedangkan RAM adalah media untuk menyimpan data yang dapat dijalankan secara acak setiap saat. Anda dapat mengakses dari lokasi yang berbeda di preangkat penyimpana yang berbeda.

RAM memiliki ukuran yang biasa disebut dengan Gigabyte atau Megabyte dan proses kecepatannya yaitu biasa di ukur dalam satuan waktu nanodetik. Data pada RAM biasanya dapat membaca data lebih cepat daripada dengan ROM. Pada sebuah perangkat komputer, laptop atau smartphone RAM adalah istila yang sering dipakai untuk menyebut memori utama.

Contoh RAM dan ROM

Contoh dari RAM dan ROM bisa dengan mudah kita temukan di dalam perangkat komputer. Berikut ini adalah contoh dari keduanya:

Contoh RAM
RAM sudah pasti anda mengetahuinya, di perangkat laptop atau pc komputer sudah terlihat perangkat ini sangat mudah dikenali. Jenisnya sendiri ada banyak

contoh ram

Contoh ROM
Untuk ROM contohnya adalah CD-ROM, DVD ROM.

 

Demikianlah yang menjadi perbedaan dari memori RAM dan ROM. Semoga dengan artikel diatas dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam untuk anda yang sedang mencari pembeda dari kedua perangkat di komputer.