Pengertian Musik Klasik dan Contohnya

Posted on

Dalam perkembangan musik, terdapat yaitu musik klasik. Musik klasik dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Istilah ini mengarah kepada musik yang dibuat atau bersumber dari kesenian barat.

Musik mempunyai banyak ragam, ada musik modern, kontemporer, ansambel dan lainnya. Setiap musik tersebut mempunyai ciri khas tersendiri, cara memainkan dan fungsi yang berbeda.

Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang musik klasik. Dari mulai sejarah, jenis, fungsi dan tokohnya. Untuk itu simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Musik Klasik

pengertian musik klasik

Di dalam Wikipedia diartikan bahwa Musik Klasik adalah istilah yang luas yang  biasanya mengarah pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian barat, musik kristiani dan musik orkestra mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Definisi lain dari musik klasik adalah musik yang berkembang di daratan Eropa. Musik ini adalah sebuah kebudayaan dari bangsa Eropa.

Definisi secara umum musik klasik yaitu suatu jenis musik yang lahir dan dibuat dari berbagai jenis musik yang banyak. Musik ini berasal dari barat dan terkenal di kalangan masyarakatnya.

Pengertian asli musik klasik adalah suatu musik yang dikomposisi dan lahir dari budaya Eropa dari tahun 1750-1825.

Sejarah Musik Klasik

Pada awalnya di abad ke-2 dan abad ke-3 Sebelum Masehi (SM) di Tiongkok dan Mesir terdapat musik yang beraliran tertentu. Dengan adanya pengaruh dari Mesir dan Babilon, maka muncul musik Hibrani yang selanjutnya terus berkembang hingga menjadi Musik Gereja.

Sejak saat itu musik klasik terus berkembang dan banyak yang tahu terutama oleh masyarakat Eropa. Ketika itu musik klasik di Eropa menjadi sangat populer dan terus berkembang.

Dengan terus berkembangnya hingga di bad ke-16 musik klasik dibedakan menjadi dua jenis yaitu musik non barat dan musik populer. Dibaginya musik klasik menjadi dua jenis karena terdapat perbedaan antara dua jenis tersebut yang begitu terlihat yakni dari notasinya.

Berkaitan dengan Musik inilah Alat Musik Tradisional

Lalu di akhir masa musik klasik sekitar abad ke-21, musik klasik sebelum berpindah ke musik modern. Terdapat satu grup musik yang sangat terkenal dan merupakan golongan musik klasik yaitu sering disebut dengan Orchestra.

Jenis Musik Klasik

Musik klasik mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Pembagian jenis musik tersebut menurut periode jenis musik itu diluncurkan. Dibawah ini jenis musik klasik menurut periode atau tahun musik itu dibuat.

Notasi Greogorian (590 M)

Notasi Greogorian adalah cikal bakal terbentuknya musik klasik, jenis ini telah ada dari tahun 590 Masehi. Notasi ini memiliki empat garis balok not dan tidak ada irama yang menentu, membuatnya hanya mengandalkan perasaan dan hitungan dari penyanyi.

jenis musik klasik

Organum (1150-1400M)

Musik organum adalah jenis musik klasik yang telah ada dari tahun 1400 Masehi. Pada zaman musik ini sangat banyak yang tidak bisa mempelajari suatu lagu yang bernada tinggi dan rendah.

Untuk itu dilakukan modifikasi sehingga menjadi musik diafoni, musik diafoni merupakan suatu suara yang kuat dan rendah mengikuti melodi.

Basso Ostinato (1600M)

Musik klasik Basso Ostinato adalah jenis musik klasik yang sudah ada dari tahun 1600. Musik ini adalah suatu rangkain nada yang berjalan selangkah demi selangkah mengarah ke bawah dan ke atas, lalu diulang dengan serangkaian nada lain bersamaan.

Polifoni era Barok (1600-1750)

Musik klasik Polifoni adalah jenis musik klasik yang telah ada dari zaman Barok. Musik ini adalah jenis musik yang memakai teknik kontrapung. Karena hampir seluruh seniman musik tahun tersebut memakai teknik kontrapung.

Homofon (1750-1825)

Musik homofon yaitu jenis musik klasik yang telah ada sejak dari tahun 1750 sampai tahun 1825. Di eranya musik klasik ini ditemukan suatu susunan kunci yang terdiri dari tiga suara, dan dieksplore menjadi empat atau lebih. Musik ini biasa dinamakan juga sebagai musik harmoni.

Era Romantika (1825-1910)

Musik romantika adalah jenis musik klasik yang sudah ada sejak dari tahun 1825 sampai tahun 1910. Pada zaman ini musik romantik tidak mengalami perubahan yang berarti dari kontrapung dan harmoni. Namun pada era romantik sekarang ini kemajuan dari alat musik yang lebih lengkap, sebab di saat ini banyak penemuan alat musik baru.

Musik Klasik era Modern (1910-Sekarang)

Musik ini muncul dan berkembang terus di era modern saat ini. Banyak musik yang tergolong pada musik klasik yang terkenal di era modern seperti rock, blues, musik keagamaan dan musik tradisional.

Fungsi Musik Klasik

Musik klasik mempunyai fungsi untuk perkembangan otak manusia. Musik yang mempunyai sifat mendunia ini telah diteliti dan teruji manfaatnya. Adapun fungsi dan manfaat dari musik klasik untuk manusia antara lain:

  • Untuk perkembangan otak manusia
  • Peningkatan IQ
  • Peningkatan daya ingat manusia
  • Lebih cepat merespon dan tanggap
  • Lebih meningkatkan kinerja otak kanan
  • Peningkatan dalam memperhatikan visual
  • Untuk mengurangi resiko tidak bisa tidur
  • Untuk mengurangi resiko gangguan jiwa atau stress
  • Bisa membantu dalam proses relaksasi kehamilan
  • Dapat menghilangkan nyeri setelah operasi
  • Untuk menurunkan tekanan darah yang berlebih

Tokoh Musik Klasik

Ketika musik klasik sedang populer pada masanya, ada banyak tokoh yang berpengaruh didalamnya. Tokoh-tokoh ini bisa membuat musik klasik menjadi lebih dikenal ketika itu, bisa membuat musik yang lebih banyak variasi dan lebih indah. Bahkan dari sebagian tokoh karyanya masih terkenal hingga musik modern saat ini. Dibawah ini adalah tokoh musik klasik dunia ketika itu.

Johan Pachelbel

Adalah seroagn komponis yang sangat populer yang berasal dari negara Jerman. Pachelbel lahir di Numberg, 1 September 1653 dan meninggal pada tanggal 9 Maret 1 1706.

Ketika masih hidup, Johan Pachelbel mendedikasikan pada pengamatan dan mengikuti perkembangan musik klasik. Dan juga dia bisa menghasilkan banyak karya klasik yang sangat terkenal.

Diantara karya Johan Pachelbel yang cukup terkenal antara lain:

  • Chaconne dalam F minor
  • Toccata dalam E minor
  • Hexachordum Apolinis
  • Canon dalam D

Dari empat karya yang terkenal, ada satu karyanya yang hingga saat ini masih populer yang Canon D. Canon D masih sering diperdengarkan hingga saat ini.

Johann Sebastian Bach

Adalah seorang komponis yang namnya besar di kalangan komposer-komposer lainnya. Sebastian Bach lahir di tanggal 21 Maret 1685. Dia juga dari Jerman sepert Johann Pachelbel.

Johan Sebastian Bach juga bisa membuat karya musik yang cukup terkenal, antara lain karyanya yang terkenal yaitu lagu Bach Brandenburg Concertos dan Mass in B minor atau lagu gereja.

Pada masa Johann Sebastian masih hidup telah membuat karya lebih dari 1000 lagu, itu itu dia diakui sebagai komposes besar oleh komposer dunia.

Georg Friedrich Handel

Georg Friedrich Handel adalah seorang komposes yang lahir di tanggal 23 Februari 1685 di Jerman dan wafat pada 14 April 1759 di London.

Pada masa Georg Friedrich masih hidup, dia menghabiskan di Britania Raya. Oleh karenanya namanya sangat familiar di masyarakat Britania Raya lebih tepatnya di London. Berikut ini adalah beberapa karya yang dibuat oleh Georg Friedrich Handel, antara lain:

  • Oratorio Messiah
  • Water Music
  • Fireworks Music

Wolfgang Amadeus Mozart

Adalah seorang tokoh musik klasik dan musik romantik. Lahir pada 27 Januari 1756 di negara Salzburg dan wafat pada 5 Desember 1791 di Wina, Austria.

Wolfgang merupakan satu dari sebagian tokoh yang juga berpengaruh pada dunia musik klasik dan musik romantik. Berkat karyanya, musik klasik dan musik romantik bisa dikenal di dunia. Semasa hidup, Wolfgang telah membuat karya sebanyak 700 lagu.

Ludwig Van Beethoven

Adalah tokoh komponis yang banyak dikenal masyarakat ketika itu. Ludwig berasal dari Jerman dan lahi pada 17 Desember 1770 di Bonn dan wafat pada tanggal 26 Maret 1827 di Wini.

Banyak karya dari Ludwig yang sangat populer, hingga saat ini musik karyanya masih sering diperdengarkan.

Franz Joseph Haydn

Adalah tokoh komponis yang juga terkenal dan sering dijuluki dengan bapak simfoni. Mengapa dijuluki bapak simfoni? Karena Franz Joseph Haydn mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan musik klasik.

Franz dilahirkan dari keluarga yang merupakan pemusik, sehingga bukan saja dia yang menjadi seniman musiuk. Namun kedua saudaranya juga menjadi seniman musik yang sangat dikenal yakni Michael Haydn, seorang komponis dan Evangelist Haydn seorang penyanyi.

Franz Schubert

Adalah tokoh komponis yang lahir di Austria, pada tanggal 31 Januari 1797 dan wafat tanggal 19 November 1828. Pada perkembangan musik klasik, nama Franz Schubert sangat berpengaruh besar.

Di umur 20 tahunan dia sudah bisa membuat 6 karya simfoni dari total karyanya yang berjumlah 8 simfoni. Terdapat beberapa karyanya yang sangat melonjak di dunia musik klasik antara lain yang berjudul “Great Shymphony” dan “Unfinished Symphony”.

Contoh Musik Klasik

contoh musik klasik

Dibawah ini adalah beberapa contoh musik klasik dunia, antara lain:

  • Wolfgang Amadeus Mozart: Symphony No. 40, Piano Sonata No. 16 in C Major, Piano Concerto No. 21, Symphony No. 25, Piano Sonata No. 11 dan lain sebagainya.
  • Johan Sebastian Bach: Air on the G String, Brandenburg Concertos, Toccata and Fugue in D Minor, Arioso dan lain-lain.
  • Ludwig van Beethoven: Piano Concerto No.5 in E-Flat Major, Sonata No. 14 (Moonlight Sonata), 6th Symphony, 5th Symphony, Bagatelle No. 25 (Fur Elise) dan lain-lain.
  • Giacomo Puccini: O soave fanciulla, E lucevan le stelle, Che gelida manina, Un bel di vedremo, O mio babbino caro dan lainnya.
  • Giuseppe Verdi: La traviata, Aida, Rigoletto, Otello, Don Carlos, Falstafff dan lainnya.
  • Igor Stranvinsky: The Firebird, The Rite of Spring, Petrushka, A Soldiers Tale, Mavra, The Song of the Nightingale, Oedipus Rex, the Symphony in C dan lainnya.
  • Antonio Vivaldi: Sacred choral music, symphonies dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Musik Klasik

Terdapat ciri-ciri dari musik klasik yang menjadi pembeda dengan jenis musik lainnya. Ciri tersebut yang menjadikan unik dan indah musik klasik. Berikut ciri-cirinya:

  • Memakai dinamikan yang permulaannya dari lembut ke keras atau yang dinamakan dengan cressendo, dan peralihan dinamika dari keras mengarah ke lembuh atau yang dinamakan sebagai decressendo.
  • Pemakaian hiasan dan ornament pada musik klasik terbatas dan sangat hemat penggunaannya, sehingga dari hiasan dan ornamen di musik klasik tidak terlalu dikedepankan.
  • Memakai perunahan tempo yang diperlambat, dinamakan dengan ritardado dan dipercepat yang dinamakan dengan accelerand.
  • Acord yang dipakai adalah acord 3 nada.
  • Memakai harmoni yang tersusun atas tiga nada yang dibunyikan dalam waktu bersamaan.

Akhir kata demikianlah penjelasan lengkap tentang musik klasik. Semoga dapat dipahami dan menambah wawasan anda.