Pengertian Musik Nusantara dan Ragamnya

Posted on

Musik nusantara merupakan semua musik yang berkembang di negara Indonesia ini, yang menggambarkan atau mengutamakan ciri keIndonesiaan, dari segi bahasa, ataupun gaya melodinya.

Untuk lebih jelasnya, kali ini Onoini akan mengulas secara lengkap tentang Musik Nusantara. Silakan simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Musik Nusantara

Pengertian Musik Nusantara
pengertian musik nusantara

Musik Nusantara yaitu musik yang perkembangannya di semua daerah kepulauan dan adalah suatu kebiasaan turun temurun dan masih berjalan hingga sekarang di masyarakat. Musik nusantara menyebar diseluruh pelosok negeri dan setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda.

Fungsi Musik Nusantara

Adapun fungsi dari Musik Nusantara adalah sebagai berikut:

Sebagai Media Pendidikan

Dalam proses pembelajaran, musik memiliki peranan dalam membentuk pemikiran yang kreatif, sebagai media pendidikan lagu-lagu serta musik nusantara harus bisa memberikan ruh pada jiwa dan budi pekerti yang luhur. Contohnya yaitu keagungan Tuhan, cinta orang tua, cinta tanah air dan perbuatan yang baik lainnya.

Sebagai Media Hiburan

Sedangkan untuk hiburan, musik nusantara memiliki tempat yang paling luas. Baik pada musik daerah hingga pada musik modern, sudah banyak dipakai manusia untuk media rekreatif untuk melepas rasa capek atau penat menjalani hidup sehari-hari.

Sebagai Media Apresiasi

Musik merupakan hal yang dapat dinikmati semata karena unsur keindahannya. Musik yang dipakai sebagai media apresiasi pada wilayah Nusantara banyak yang berkaitan dengan lagu-lagu seriosa. Sebab masih sedikit apresiasi dari masyarakat Indonesia kepada musik seni barat.

Ragam Musik Nusantara

Musik Nusantara mempunyai beberapa ragam atau jenis, antara lain yaitu:

Loading...

#1 Musik Daerah

Biasanya dinyanyikan ketika ada upacara adat. Adapun contohnya adalah Cublak-cublak suweng, gundul-gundul pacul, butet, O Ni keke, Goro-Gorone, Buka Pintu.

#2 Musik Perjuangan

Musik ini biasanya adalah musik yang mengambil tema perjuangan, keberanian, semangat dan kebangsaan. Adapun contohnya adalah Maju Tak Gentar, Bandung Lautan Api dan lainnya.

#3 Musik Anak-Anak

Musik yang dinyanyikan oleh anak-anak. Contohnya balonku ada lima, pok ame-ame, kasih ibu, pelangi, dan lainnya.

#4 Musik Populer

Adalah musik yang populer atau pop, disenangi oleh masyarakat namun yang digemari dalam kurun waktu tertentu. Tidak tahan lama dan mudah hilang karena akan digantikan dengan lagu yang baru lainnya. Contohnya adalah Berita Kepada Kawan, Arjuna Mencari Cinta, Tak Ingin Sendiri, Kisah-Kasih Di Sekolah dan lainnya.

#5 Musik Seriosa

Adalah musik yang mempunyai ciri-ciri memakai nada-nada sisipan, memakai perubahan tempo dan dinamik, dinyanyikan secara serius dan perasaan yang mendalam.

#6 Musik Stambul

Musik yang mempunyai ciri-ciri dengan irama 4/4, memiliki 16 bar, muncul pada awal abad ke-20. Contohnya adalah Stb Baju Biru, Stb. Merana.

#7 Musik Keroncong

Adalah musik yang dengan ciri-ciri irama 4/4, memakai alat musik tradisional ukulele, terdiri dari 28 bar, dan muncul di abad ke-16.

#8 Musik Dangdut

Adalah jenis musik yang berkembang di Indonesia. Yang berakar dari musik Melayu di tahun 1940-an. Contohnya adalah Kerinduan (Rhoma Irama), Ani dan lainnya.

Itulah penjelasan tentang Musik Nusantara. Semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kalian. Jangan lupa untuk terus support Onoini dengan membaca artikel lainnya.