Pengertian Musik Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Berbicara mengenai Definisi Musik menurut Para Ahli maka kita juga akan mengetahui jenis-jenis musik yang sangat banyak sekali. Ada musik modern, musik tradisional, musik ansambel , Musik kontemporer dan lainnya.

Para ahli mendefinisikan tentang musik menurut pemikiran mereka dan hal itu sudah terjadi dalam waktu yang lama. Sampai sekarang penjabaran dari para ahli tersebut tidak mengalami perubahan.

Agar anda lebih memahaminya silakan ikuti penjelasan lengkapnya dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

pengertian musik menurut para ahli

Musik dapat dibuat dengan alat musik yang digabungkan menjadi suatu lagu yang indah dan enak di dengar, alat musik yang seringkali dipakai seperti gitar, gendang, drum, seruling dan lainnya. Berikut ini definisi musik dari para ahli secara lengkap.

#1 Wikipedia

Musik merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan teruama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

#2 Aristoteles

Musik ialah curhatan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

#3 Alfred Aurbach

Musik ialah bahasa dunia, ia tidak perlu diterjemahkan, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa.

#4 Irwan Edman

Musik ialah urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suata argumentasi. Musik merupakan suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

#5 KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Musik ialah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

#6 Schopenhauer

Musik ialah melodi yang syairnya adalah alam semesta.

#7 Merriam

Musik ialah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

#8 Ade Prianto Nugroho

Musik ialah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

#9 Reed dan Sidnell

Musik merupakan suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni serta timbore.

Loading...

#10 Soeharto

Musik ialah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

#11 Rina

Musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.

#12 Suhastjarja

Musik ialah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulan dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.

#13 Adjie Esa Poetra

Musik yaitu kesenian yang bersumber dari bunyi. Terdapat empat unsur dalam musik yakni dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).

#14 David Ewen

Musik yaitu ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal ataupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin di ungkapkan terutama aspek emosional.

#15 Lexicographer

Musik yaitu kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

#16 Sunarto

Musik yaitu penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

#17 Sylado

Musik yaitu waktu yang memang pada dasarnya untuk didengar. Musik adalah wujud waktu yang hidup, yang berupa sekumpulan ilusi dan alunan suara. Suatu alunan musik yang berisi serangkaian nada yang memiliki jiwa yang mampu menggugah maupun menggerakkan hati yang mendengarkannya.

#18 Jamalus

Musik yaitu hasil karya seni yang berupa bunyi yang dibentuk menjadi sebuah lagu atau suatu komposisi yang mengungkapkan isi pikiran dan perasaan yang menciptakannya lewat berbagai unsur pokok musik yaitu harmoni, melodi, irama dan bentuk/struktur lagu serta bentuk ekspresi sebagai suatu kesatuan.

#19 Banoe

Istilah musik merupkan ekstraksi dari kata “Muse” yang artinya salah satu dewa dalam mitologi yang berasal dari Yunani kuno untuk cabang ilmu dan seni; dewa ilmu pengetahuan dan seni.

Sering Lihat Pameran? Ini Definisi dan Tujuan Pameran

Lebih dari itu ia berpendapat musik yaitu sebuah cabang seni yang mengulas dan menetapkan bermacam-macam suara ke dalam berbagai pola yang dapat dipahami dan dimengerti oleh manusia.

#20 Hardjana

Musik yaitu permainan waktu yang mengadopsi bunyi sebagai materinya. Musik adalah waktu dalam bunyi.

Musik merupakan semua yang berhubungan dengan bunyi dan mempunyai unsur irama, melodi, dan harmoni yang menampilan sesuatu yang indah dan bisa dinikmati dengan panca indera pendengaran.