Pilihan Tepat Investasi Reksadana yang Bisa Dimulai Tahun 2019

Posted on

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai menjalankan investasi, salah satu ide investasi yang dapat Anda jalankan adalah investasi reksadana. Apa itu investasi reksadana?

Investasi reksadana merupakan suatu jenis investasi yang mempertemukan kecocokan antara tujuan keuangan dengan jenis instrument yang dipilih.

Jenis investasi reksadana sendiri ada banyak macamnya. Berikut apa saja pilihan investasi reksadana yang dapat Anda jalankan mulai dari tahun 2019 ini. Cek informasi selengkapnya!

Jenis Investasi Reksadana

Di tahun 2019 ini anda bisa mulai melakukan investasi reksadana seperti dibawah ini, antara lain:

1. Reksadana Saham

Investasi reksadana saham adalah pilihan reksadana yang memiliki keuntungan paling tinggi diantara yang lain. Akan tetapi resikonya juga sangat besar. Dalam reksadana jenis ini, manajer investasi akan menempatkan dana investor ke instrument saham.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tingkat keuntungan yang menarik dalam jangka waktu yang panjang. Caranya yaitu dengan melakukan kapitalisasi pasar modal yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Apa arti UMKM ?

Reksadana jenis ini memiliki resiko yang paling tinggi karena angka fluktuasi harga saham yang sangat tajam. Karena itu reksadana saham ada baiknya dilakukan untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun.

2. Reksadana Campuran

Reksadana ini menawarkan kombinasi investasi dalam berbagai macam instrument. Tujuan dari adanya reksadana campuran adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang bersama investasi pada saham, obligasi dan juga pasar uang.

Ketahui Reksadana Saham Terbaik yang Tepat untuk Anda pilih

Akan tetapi keuntungan dari reksadana campuran tidak setinggi reksadana saham. Hal tersebut karena resikonya juga lebih rendah jika dibandingkan dengan reksadana saham. Reksadana ini memiliki keunggulan juga.

Salah satunya adalah komposisi portofolio yang bisa lebih fleksibel. Manajer investasi juga dapat meracik instrument dengan berbagai macam instrument yang lainnya.

jenis investasi reksadana

Sementara untuk reksadana campuran berusaha untuk menggabungkan antara saham dengan utang, obligasi dan yang lainnya. Keuntungannya sendiri tidak sebesar reksadana saham akan tetapi resikonya juga lebih rendah.

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Pilihan investasi reksadana yang selanjutnya adalah reksadana pendapatan tetap. Reksadana jenis yang satu ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan suatu tingkat pengembalian yang menarik dengan tata cara penekanan yang stabilitas pada soal permodalan.

Kinerjanya sendiri dari reksadana pendapatan tetap didorong oleh suatu perubahan suku bunga yang menjadi acuan Bank Indonesia. Jika Anda ingin mencoba jenis investasi reksadana pendapatan tetap ini, Anda harus tahu segala hal yang menyangkut padanya.

Ketahui Juga Usaha Makanan Kekinian yang Laris

Penurunan BI rate sendiri pada reksadana pendapatan tetap akan mendorong terjadinya kenaikan harga dari suatu obligasi. Hal tersebut merupakan instrument penempatan dana reksadana itu sendiri. Naiknya harga obligasi juga turut membantu dalam meningkatkan nilai reksadana pendapatan tetap.

4. Reksadana Pasar Uang

Jenis investasi reksadana pasar uang adalah pilihan investasi yang paling aman sebenarnya. Resikonya juga paling kecil. Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang bertujuan dalam memberikan keuntungan yang menarik melalui investasi pada instrument pasar uang.

Ketahui: Cara Investasi Emas Batangan Menguntungkan

Juga berusaha untuk menurunkan tingkat resiko melalui diversifikasi penempatan instrument pasar uang yang juga dipilih dengan seselektif mungkin.

Reksadana pasar uang juga bertujuan untuk memberikan tingkat likuiditas yang tinggi. Hal tersebut juga sangat menentukan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan dana tunai dalam jangka waktu yang sesingkat mungkin.

Jika Anda memiliki rencana untuk menjalankan investasi di tahun 2019, beberapa pilihan investasi reksadana diatas dapat menjadi pilihan investasi Anda. Jalankan dan dapatkan berbagai macam manfaatnya dengan investasi yang tepat.