Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol dan Pengertiannya

Posted on

Dalam perusahaan terdapat manajemen yang biasanya dipimpin oleh seorang Manajer. Manajemen tersebut memiliki banyak fungsi seperti melakukan perencanaan perusahaan agar proses berjalannya produksi di perusahaan tetap terjaga.

Manajemen sebagai panduan seorang manajer dalam melakukan proses manajemen untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

Fungsi manajemen awalnya di kenalkan oleh seorang ahli Industri dari Perancis yaitu Henry Fayol di abad ke-20. Adapun fungsi manajemen menurut Henry Fayol akan dijelaskan di bawah ini.

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Henry Fayol menyatakan terdapat 5 fungsi manajemen, dari 5 fungsi tersebut antara lain perencanaan, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi dan mengendalikan. Lima fungsi tersebut ia sering menyebutkan dengan POCC (Planning, Organizing, Comanding, Coordinating, Controlling).

fungsi manajemen menurut henry fayol

Loading...

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi pertama yaitu perencanaan sebab ini adalah fungsi yang mempunyai peranan penting. Perencaan dibutuhkan dalam mengatur dan melakukan evaluasi aktivitas seperti pada segi proses.

Sisi proses, perencanaan yaitu gerak awal yang dibutuhkan dalam penentuan sasaran dan penentuan bagaimana tujuan perusahaan bisa diraih.

Sisis Fungsi Manajemen, perencanaan yaitu fungsi yang mana pemimpin menggunakan pengaruhnya terhadap wewenangnya untuk memutuskan atau melakukan perubahan tujuan dan aktivitas organisasi.

Sisi Pengambilan Keputusan, perencanaan yaitu proses mengambil keputusan dalam jangka panjang dan dijalankan pada masa mendatang berhubungan dengan kegiatan yang akan dilakukan, cara menjalankannya. Jika penanggung jawabnya, lokasi pengambilan keputusan tidak menentu dan disesuaikan sampai proses pelaksanaan dari perencaan itu akan tercapai di masa mendatang.

Adapun sasaran dari proses perencaaan atau fungsi perencanaan antara lain:

  • Perencaan untuk menyiapkan arahan yang jelas.
  • Perencanaan untuk mengurangi ketidakpastian.
  • Perencanaan untuk menguragi adanya pemborosan di Sumber Daya.
  • Perencanaan sebagai pedoman ketika mengevaluasi kualitas.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian yaitu cara dalam membuat struktur organisasi yang tepat sasaran dengan organisasi, sumber daya-sumber daya yang dimiliki dan lingkungan sekelilingnya.

Dalam fungsi manajemen pengorganisasia dilakukan agar sinkron terhadap sumber daya yang dimiliki dalam organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya yang dimaksud seperti sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal.

Taukah kamu tentang PKP? Baca ini Pengertian Pengusaha Kena Pajak

Dalam proses ini dijalankan untuk mengatur pekerjaan kompleks menjadi pekerjaan yang lebih sederhana dan bisa dijalankan oleh individu atau kelompok.

Seperti contohnya pengorganisasian dilakukan dalam menentukan kewajiban yang harus diselesaikan, siapa yang menjalankan dan sebagai penanggung jawab dan jika tugas tersebut dikelompokkan.

Hal diatas akan memudahkan seorang manajer dalam melaksanakan pekerjaan dan melakukan pengawasan tersebut. Di fungsi manajemen menurut Henry Fayol dipusaatkan wewenang di level pimpinan suatu organisasi.

Pimpinan atau tingkat manajer mengatur organisasi dalam duas aspek yakni departementilasi dan pembagian kerja. Departementilasi yaitu membagi dan membuat kelompok dari banyak kegiatan kerja sebuah organisaai supaya kegiatan sejenis dan mempunyai hubungan bisa diselesaikan secara bersama-sama.

Hal diatas bisa dilihat pada struktur formal organisasi dan bisa dilihat dari bagan organisasi. Sedangkan pembagian kerja yaitu mengatur secara spesifik kewajiban agar masing-masing pekerja dalam organisasi mempunyai tanggung jawab untuk mengerjakan segala aktivitas yang terbatas.

3. Comanding (Pengarahan)

Pengarahan dilakukan untuk menentukan kepada semua karyawan agar mau bekerja sama dan secara efektif dalam meraih tujuan perusahaan. Dalam fungsi manajemen pengarahan dijalankan dengan memberikan arahan agar setiap pekerjan termotivasi, dan ada komunikasi yang baik agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah diberikan oleh pimpinan.

Proses pengarahan bisa diberikan sesudah perencanaan dan sumber daya manusia sebagai pelaksana telah siap. Prinsipnya adalah untuk melakukan sinkronisasi antara tujuan individu dan tujuan perusahaan yang dibuat menjadi tujuan bersama.

Untuk itu dalam pengarahan menurut Henry Fayol ini dilaksanakan untuk memberikan apa saja arahan tentang manajemen organisasi kepada sumber daya manusia sebagai yang menjalankan di organisasi atau perusahaan untuk merampungkan dengan baik.

4. Coordinating (Pengkoordinasian)

Dalam fungsi manajemen oleh Henry Fayol pengkoordinasian yaitu fungsi yang mengontrol agar setiap aktivitas organisasi tetap sinergi dan bekerja sama dengan baik.

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam fungsi koordinasi dalam organisasi baik komunikasi formal ataupun informal dalam organisasi.

5. Controlling (Pengendalian)

Dalam perusahaan terkadang muncul pekerjaan yang belum diselesaikan dengan baik, tidak sesuai dengan waktu yang diberikan dalam menyelesaikan pekerjaan, perencanaan keuangan yang melewati standar, dan banyak kegiatan lain yang tidak sesuai.

Untuk itu dibutuhkan controlling. Henry Fayol mendefinisikan controlling yaitu aktivitas untuk memantau, membuktikan dan juga memastikan agar semua aktivitas yang sudah melewati proses fungsi manajemen sebelumnya agar berjalan sesuai dengan target dan bisa berjalan dengan aturan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam fungsi pengawasan atau controlling, terdapat banyak fungsi antara lain evaluating, appraising, correcting. Adapun tahapan dalam pengawasan antara lain:

  • Menentukan acuan proses pengawasan.
  • Menetapan cara pengukuran kegiatan kerja.
  • Menjalankan perbandingan dengan standar evaluasi.
  • Melakukan koreksi jika dibutuhkan.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol. Semoga dapat memberikan pencerahan kepada kalian yang membutuhkan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami dan nantikan artikel selanjutnya.

Loading...