Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

Posted on

Setelah pada artikel sebelumnya kami membahas tentang Pengertian Struktur Organisasi, maka di kesempatan kali ini admin akan membahas tentang definisi struktur organisasi yang dikemukakan oleh para ahli.

Di setiap perusahaan tentu tidak asing lagi dengan susunan struktur organisasi. Biasanya akan ada tabel atau gambar yang menunjukkan posisi jabatan di organisasi atau perusahaan tersebut.

Dengan adanya struktur organisasi, setiap individu akan mengetahui apa peranan dan tugas yang harus dikerjakan. Selain itu di organisasi biasanya ada seorang manajer, direktur, staff, sekretaris dan lainnya yang mengisi posisi-posisinya. Untuk lebih detailnya mari simak uraian dibawah ini.

Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

pengertian struktur organisasi menurut para ahli

1. Robbins dan Coulter (2007:284)

Struktur organisasi bisa diartikan sebagai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangkat kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan.

Loading...

2. Handoko (2003:169)

Struktur organisasi adalah sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi dikelola.

3. Gibson dkk (2002:9)

Struktur organisasi adalah pola formal mengelompokkan orang dan pekerjaan.

4. Hasibuan (2004:128)

Struktur organisasi adalah menggambarkan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi, kedudukan dan jenis wewenang pejabat, bidang dan hubungan, garis perintah dan tanggung jawab, rentang kendali dan sistem pimpinan organisasi. Baca Juga Definisi Leadership

5. Jones (1995)

Struktur organisasi adalah sistem formal dari aturan dan tugas serta hubungan otoritas yang mengawasi bagaimana anggota organisasi bekerjasama dan menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

6. The Liang Gie (dalam Malayu 1980)

Struktur organisasi yaitu kerangka yang mewujudkan pola tetap dari hubungan-hubungan diantara bidang-bidang kerja, maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukan dan peranan masing-masing dalam kebutuhan kerjasama.

7. Numberi (2000)

Struktur organisasi adalah unsur yang sangat penting karena struktur organisasi akan menjelaskan bagaimana kedudukan, tugas, dan fungsi dialokasikan di dalam organisasi.

Unsur-Unsur Dalam Organisasi

Dalam sebuah organisasi terdapat beberapa unsur antara lain:

Anggota

Anggota adalah orang yang memiliki peran penting di sebuah organisasi itu. Orang-orang ini berhubungan dengan aktivitas seperti melakukan pekerjaan, memecahkan masalah, membeerikan ide, berfikir. Mereka merupakan bagian dari terbentuknya suatu organisasi.

Pekerjaan dalam Organisasi

Pekerjaan disini terdiri dari tugas formal dan informal, pekerjaan ini ditandai dengan tiga dimensi universal yakni isi, keperluan, konteks dan praktik-praktik pengolahan.

Orang-Orang

Di sebuah organisasi atau usaha lembaga sering kali disebut dengan pegawai, atau personal, karyawan.

Kerjasama

Kerjasama sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, sebab dengan mencapai tujuan bersama sangat diperlukan kekuatan yang dibuat dari hasil saling membantu antara sesama anggota.

Tujuan Bersama

Adalah sebuah arah atau sasaran yang menjadi suatu tujuan utama yang hendak dicapai atau yang diinginkan menjadi kesepakatan bersama.

Peralatan

Merupakan sarana yang bisa dalam bentuk materi seperti mesin-mesin, uang, gedung atau kantor.

Lingkungan

Lingkungan ini berkaitan dengan tempat disekitar, termasuk sosial, budaya, teknologi dan ekonomi.

Demikianlah definisi tentang organisasi yang dikemukakan oleh para ahli. Semoga dapat menjadi acuan referensi kalian. Terimakasih telah bersedia membaca artikel kami dan nantikan artikel kami selanjutnya.

Loading...