Fungsi Alveolus di Paru-Paru Manusia

Posted on

Paru-paru manusia memiliki gelembung-gelembung yang isinya adalah udara dengan jumlah lebih kurang 300 juta dan disebut sebagai alveolus aatu dalam bentuk lain dinamakan dengan alveoli.

Gelembung-gelembung itu mempunyai dinding tipis yang berisikan kapiler darah. dan setiap gelembung diselimuti dengan pembuluh kapiler darah. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Fungsi Alveolus
Fungsi Alveolus

Pengertian alveolus yaitu inti dari sistem pernafasan yang mana oksigen akan masuk ke dalam tubuh dan karbondioksida akan dikeluarkan. Alveolus mempunyai fungsi antara lain sebagai berikut:

Tempat Pertukaran Gas

Biasanya, alveolus adalah situs atau tempat bertukarnya gas di paru-paru pada sistem pernafasan, yang mana masing-masing dilapisi oleh sel-sel tipis dafar dan berisi banyak kapiler.

Pada alveolus ini akn terjadi pertukaran gas dalam tubuh. Pergukaran gas tersusun dari penyerapan oksigen dan juga pengeluaran karbondioksida pada tubuh.

Loading...

Baca: Fungsi Ureter

Pertukaran gas yang terjadi pada paru-paru mempunyai sifat difusi pasif, yang mana pada organ itu tidak membuthkan energi untuk dibakar.

Dan gas-gas akan mengalami proses pertukaran dengan gerakan melalui gradien konsentrasi atau dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang rendah.

Baca Juga: Fungsi Sitoplasma

Hal ini menjadi penanda bahwa kadar oksigen dalam alveolus terletak pada konsentrasi yang tinggi. Kemudian oksigen itu akan berdifusi ke dalam darah yang terletak di dalam gradien oksigen konsentrasi rendah.

Mekanisme pertukaran gas yakni Oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) yang terjadi pada tubuh manusia didalam proses pernafasan manusia dan dilakukan pada alveolus. Baca Juga: Fungsi Nefron

Tempat Menyimpan Udara dalam Tubuh Untuk Sementara Waktu

Fungsi dari alveolus yang lain yaitu sebagai tempat untuk menyimpan udara sementara waktu yang selanjutnya akan memungkinkan adanya penyerapan udara yang mengandung oksigen kedalam darah.

Struktur Alveolus
Struktur Alveolus

Alveolus mempunyai struktur dengan dua tingkat. Suatu jaringan serat elastis dan kapiler yang mirip dengan kerangjang bulat, terbentuk struktur eksterior setiap alveolus. Kapiler in adalah cabang dari arteri pulmonalis dan vena paru.

Baca Juga: Fungsi Xilem dan Floem

Alveolus terletak di dalam paru-paru. Dan ditemukan diluar bronkiolus pernafasan. Dan terbentuk dengan serangkaian alveolus yang terletak disamping satu sama lain.
Itulah penjelasan lengkap tentang Fungsi Alveolus semoga dapat bermanfaat untuk anda dan terimakasih sudah berkunjung.

Loading...