Fungsi Kloroplas, Pengertian Dan Strukturnya

Posted on

Dalam proses fotosintetis membutuhkan tempat untuk prosesnya. Pengertian kloroplas merupakan sebuah organ pada sel tumbuhan.

Kloroplas biasanya sering ditemukan pada sel daun. Pada kloroplas memiliki pigmen yang dinamakan klorofil atau zat hijau daun yang fungsi merupakan katalis proses fotosintesis.

Fotosintesis sendiri merupakan proses yang terjadi pada tanaman memanfaatkan energi matahari dan membuat zat gula dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O). Untuk lebih jelasnya simak pemaparan dibawah ini dengan seksama.

Fungsi Kloroplas

Di tumbuhan, kloroplas mempunyai beberapa fungsi yaitu:

  • Fungsi paling penting dari kloroplas adalah sebagai tempat proses terjadinya fotosintesis
  • Menghasilkan makanan di tanaman,
  • Merubah air dan karbon dioksida menjadi karbohidrat/zat gula dengan bantuan matahari.
  • Memproduksi asam amino dan komponen lipid

Penjelasan lengkapnya pada proses fotosintesis membutuhkan energi matahari agar bisa terjadi, lalu membuat zat gula dari karbon dioksida dan air. Pada saat energi dari matahari masuk pada kloroplas dan molekul klorofil, energi cahaya akan diubah menjadi energi kimia dan membuat gula (C6H126) dan gas oksigen (O2). Lalu tanaman memanfaatkan zat gula tadi sebagai sumber makanan dan energi.

Baca Ini Juga: Pengertian Stomata dan Fungsinya

Kloroplas hanya dapat dijumpai pada sel makhluk hidup tumbuhan dan beberapa protista seperti alga. Sedangkan pada sel hewan tidak terdapat kloropas.

Kloroplas juga berperan penting pada produksi asam amino dan komponen lipid yang zat tersebut dibutuhkan sebagai produksi membran kloroplas, yang dibutuhkan untuk pembelahan kloroplas.

Struktur Kloroplas

fungsi kloroplas
sumber: Wikipedia.com

Di sel tumbuhan terdapat bagian yang spesifik yang hanya ada pada tumbuhan yaitu klorofil. Klorofil ini diproduksi oleh kloroplas. Kloroplas pada tumbuhan mempunyai bentuk seperti cakram dan diameternya 5-8 μm yang tebalnya 2-4 μm.

Kloroplas bisa ditemukan di tumbuhan tingkat tinggi yang biasanya dengan bentuk bikonveks atau planoconvex. Pada tanaman yang berbeda, kloroplas mempunyai bentuk yang berbeda juga, bentuknya ada yang bulat, filamen seperti piring, diskoid atau seperti bulat telur. Berikut ini adalah struktur kloroplas pada tumbuhan:

Membran Terluar

Membran paling luar pada struktur kloroplas yaitu membran yang bersifat permeabel. Membran permeabel adalah tipe membran yang bisa dilewati seluruh zat baik zat padat dan juga zat cair.

Ruang Antar Membran

Ruang antar membran yaitu bagian dari kloroplas yang merupakan penghalang atau menjadi batas antar membran pada dalam dan luar membran. Ruang antar membran berada diantara membran luar dan membran dalam yang membaginya menjadi dua bagian yang berbeda.

Membran Dalam

Membran dalam yaitu bagian kloroplas yang mempunyai fungsi untuk memisahkan antara stroma dan sitosol.

Stroma

Stroma yaitu bagian membran dalam yang mengelilingi cairan kloroplas. Pada stroma ini akan terjadi proses reaksi gelap. Stroma adalah bahan dasar (matriks) kloroplas sebagai wadah proses reaksi gelap fotosintesis untuk menampung hasil fotosintesis yang berbentuk amilum (pati). Baca Juga : Fungsi Xilem dan Floem

Tilakoid

Tilakoid yaitu bagian membran dalam yang mempunyai funsi untuk wadah reaksi terang dan juga memiliki peran untuk menangkap cahaya matahari sebagai energi untuk proses fotosintesis.

Granum

Granum yaitu bagian yang dalam bentuk kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam. Granum juga sebagai sistem membran memiliki fungsi untuk tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

DNA Plastida

DNA Plastida yaitu bagian kloroplas yang disebut gen pembaga sifat di plastida. Mempunyai fungsi sebagai replikasi kloroplas dan pembelahan sel kloroplas.Pada kloroplas ada DNA yang berbentuk sirkular dan tidak memiliki histon. Di satu kloroplas memiliki 20-100 DNA Sirkular.

Ribosom

Ribosom yaitu bagian dari membran pada kloroplas yang fungsinya untuk sintesis protein.

Plastoglobula

Plastoglobula yaitu zat kimia yang berada didalam kloroplas. Zat plastoglobula terdiri dari lipid yang bentuknya globul.

Pati

Amilum atau pati yaitu produk hasil fotosintesis pada tumbuhan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Kloroplas. Semoga dapat memberikan referensi wawasan kalian dan ilmu pengetahuan. Terimakasih telah berkunjung dan nantikan artikel selanjutnya.