Fungsi Epididimis, Pengertian Dan Bagian-Bagiannya

Posted on

Dalam sistem reproduksi pria selain ada testis juga terdapat epididimis dan vasdeferens. Epididimis merupakan saluran yang berliku panjang dan menghubungkan testis dan vesdeferens.

Dalam manusia memiliki sepasang testis dan epididimis yang berada di kedua testis. Epididimis mempunyai fungsi untuk tempat mematangkan sperma dan menyimpan sperma sementara hingga muncul ejakulasi.

Untuk lebih detailnya mari simak pembahasan dibawah ini dengan seksama tentang Epididimis dan bagian-bagiannya.

Fungsi Epididimis

fungsi epididimis

Fungsi dari bagian sistem reproduksi laki-laki ini adalah sebagai tempat penyimpanan sperma sementara dan memproses sperma hingga mata sehingga siap untuk diejakulasikan.

Loading...

Sebaiknya Kamu Tahu Fungsi Nefron

Sperma yang masuk ke epididimis akan diteruskan ke vas deferens dalam waktu 1 minggu. Ketika waktu itu berjalan, epididimis membantu memproses pematangan sperma. Secara ringkas epididimis memiliki fungsi yaitu:

  1. Tempat menyimpan sperma
  2. Tempat transporatsi dan
  3. Tempat pematangan sperma sampai di ejakulasikan.

Bagian-Bagian Epididimis

Epididimis mempunyai bagian-bagian antara lain:

Tubuh Epididimis

Epididimis mempunyai tubuh yang terdiri dari tiga bagian penting yaitu:

Kepala Epididimis
Adalah lapisan paling luar dari epididimis. Di bagian ini berfungsi sebagai penerima spermatozoa dari testis. Di bagian kepala ada myoepitel tipis, dan konsentrasi dari sperma yang masuk ke bagian ini masih sangat cair.

Badan Epididimis
Adalah lapisan yang berada setelah kepala dan mempunyai fungsi untuk tempat proses terjadinya pematangan sperma.

Ekor Epididimis
Adalah bagian dengan myoepitelium yang tebal dibanding dengan bagian kepala. Mempunyai fungsi penting pada proses menyerap cairan untuk menjadikan sperma menjadi lebih kental.

Struktur Epididimis

Selain bagian-bagian, epididimis juga mempunyai struktur. Epididimis mempunyai panjang kira-kira 4 cm. Pada saluran epididimis dibungkus dengan epitel pseudostatified columnar yang dikelilingi dengan jaringan ikat dan otot polos.

Epididimis juga memiliki struktur microvili yang dinamakan dengan stereocilia. Stereocilia mempunyai fungsi untuk menyerap cairan dari rongga-rongga di tubuh epididimis. Otot-otot polos di epididimis akan melakukan kontrasksi dan melakukan gerakan peristaltik yang mengangkut sperma dari testis ke vas deferens.

Baca Juga: Fungsi Otak Kecil

Sperma yang telah masuk pada epididimis adalah sperma yang masih encer atau belum matang, serta tersusun oleh banyak cairan. Proses mematangkan sperma dan menyimpan sperma di dalam epididimis berjalan selama 1 minggu.

Di proses ini sperma akan diberi nutrisi dan sel sperma yang telah rusak dan juga komponen yang tidak dipakai lain akan dipisahkan dari sperma utama. Komponen yang tidak dibutuhkan ini bisa tinggal di epididimis hingga 1 bulan, lalu sesudah itu mereka terserap oleh stereocilia.

Itulah penjelasan tentang epididimis, pengertian dan bagian-bagiannya. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian serta memberikan ilmu yang dapat bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel kami, nantikan artikel bermanfaat lainnya.

Loading...