Doa Berbuka Puasa Senin Kamis Jangan Lupa Lafalkan Saat Menjalankannya!

Posted on

Siapa muslim yang tidak mengenal Sunnah Rasulullah SAW yakni dengan menjalankan ibadah puasa di hari Senin dan Kamis? Puasa yang hukumnya Sunnah ini cukup populer juga di kalangan para muslim karena banyak hikmah dan berkah amalan yang bisa di dapatkan. Serta tidak terlalu populer sambutannya seperti ketika puasa di bulan Ramadhan tiba.

Meskipun begitu, umat muslim di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala atas amalan beribadah puasa di hari Senin dan Kamis, apalagi puasa Sunnah seperti yang dilakukan Rasulullah SAW jika dilakukan dipercaya pahalanya berlipat ganda, serta mendapatkan banyak berkah sekaligus keuntungan bagi yang menjalankannya.

Tata cara ibadah dalam menjalankan puasa Senin Kamis inipun cukup mudah, cukup dijalani dengan niat serta keseriusan dalam menahan hawa nafsu di hari tersebut. Juga tidak lupa untuk membaca doa sebelum berbuka puasa.

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Setelah Anda bisa menyelesaikan waktu ibadah puasa Senin Kamis hingga adzan maghrib berkumandang, maka Anda harus segera membatalkannya. Lakukan sesuai dengan adab yang tepat, serta jangan lupa untuk melafalkan doa sebelum berbuka puasa.

Doa untuk berbuka puasa sebenarnya tidak memiliki kekhususan yang berbeda-beda sesuai dengan waktu dijalankannya puasa, karena semua sama. Doa berbuka puasa satu waktu bisa dilafalkan untuk berpuasa di waktu yang lain, dan bacannya pun bisa disamakan, tanpa perlu membedakan satu dengan lainnya.

Sebaiknya Anda Tahu: Doa Malam Lailatul Qadar

Anda bisa menetapkan pilihan untuk menggunakan doa berbuka puasa yang Anda yakini seperti saat melafalkannya di saat berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian gunakanlah kembali sama saat hendak berbuka puasa di hari dan bulan lainnya.

Berikut bacaan doa untuk berbuka puasa yang bisa Anda lafalkan dengan niat untuk bersyukur atas karunia dan nikmat Nya di hari Senin dan Kamis.

Doa Berbuka Puasa di Hari Senin & Kamis

Setelah membaca doa berbuka puasa, maka lakukanlah adabnya dengan baik dan benar. Bila perlu dan mampu, lakukan sesuai dengan syariah atau Sunnah seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Meskipun setelah berbuka Anda tidak meneruskan kegiatan dengan ibadah tarawih seperti di bulan Ramadhan, tetap jangan makan dengan berlebihan.

Niat Puasa Senin Kamis

Saat Anda ingin menjalankan puasa Senin dan Kamis, tentu tidak boleh melewatkan niatnya, apalagi jika niat tersebut bisa dilafalkan bahkan saat terlewat dari waktu sahur atau waktu terbitnya matahari tiba.

Jadi, Anda pun tetap bisa melafalkan niat meskipun Anda mengalami kealpaan untuk melakukan sahur, dan terlewat dari batas waktu yang biasa dikerjakan dini hari, ya, maksudnya bisa dilakukan di siang hari atau pagi hari.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Ramadhan

Jangan lakukan di sore hari apalagi saat mendekati waktu petang ketika detik-detik waktu berbuka hampir tiba. Agar lebih aman, lakukanlah di pagi hari meskipun matarari sudah terbit terang benderang jika Anda lupa.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa doa untuk berniat puasa di hari Senin dan Kamis memiliki perbedaan, berikut niat untuk berpuasa di hari Senin

Niat puasa senin

Berikut doa untuk berniat menjalankan ibadah puasa Sunnah di hari Kamis.

Niat puasa kamis

Keutamaan dan Hikmah, Beserta Wawasan Mengenai Puasa di Hari Senin & Kamis

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad yang tergolong sebagai shahih menyatakan bahwa hukum berpuasa Senin Kamis sesuai dengan syariah Nabi Muhammad SAW adalah Sunnah.

Keutamaan dan Hikmah, Beserta Wawasan Mengenai Puasa di Hari Senin & Kamis

Ada beberapa nilai keutamaan pada ibadah puasa Senin Kamis yang dianjurkan untuk dilakukan oleh para orang muslim di seluruh dunia. Dan keutamaan tersebut di antaranya adalah :

#1 Puasa yang Selalu Dijalankan Rasulullah SAW Secara Rutin

Seperti yang telah disebutkan di berbagai hadits shahih, bahwa berpuasa Senin Kamis merupakan amalan Sunnah yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Beliau rutin menjalankannya dan selalu berusaha untuk istiqomah berpuasa Senin dan Kamis. Seperti dalam kutipan hadits shahih yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ahmad, yang menyatakan bahwa Siti Aisyah Radhiyallahu `Anha serta Usamah bin Zaid Radhiyallahu Anhu berkata baha Nabi Muhammad Shallallaahu `alaihi Wassallam dengan rutin selalu menjaga ibadah puasa di hari Senin dan Kamis.

#2 Hari Senin Disebutkan Sebagai Hari yang Memiliki Keistimewaan

Keutamaan selanjutnya yang terdapat di hari Senin disebutkan bahwa hari tersebut termasuk hari istimewa, serta bertepatan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan di hari itu pula beliau telah menerima wahyu dari Allah SWT.

Berdasarkan kutipan dari hadits shahih yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa di kala itu terdapat seseorang yang sedang memberikan pertanyaan kepada Nabi Muhammad SAW tentang keistimewaan berpuasa di hari Senin, kemudian beliau menjawabnya seperti dalam kutipan hadits berikut :

” Nabi ditanya tentang puasa pada hari Senin, maka beliau bersabda, Itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku.”( HR. Muslim)

#3 Setiap Hari Senin dan Kamis Amalan Selalu Diperiksa

Berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, menyatakan bahwa di hari Senin dan Kamis sesungguhnya amalan-amalalan hamba Allah dilaporkan dan diperiksa sehingga orang-orang yang sedang berpuasa di hari tersebut dianggap sangat beruntung.

“Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi; shahih lighairihi)

Kemudian hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyatakan bahwaamalah setiap hamba di hari Senin dan Kamis akan diperlihatkan kepada Allah.

Baca Juga: 8 Golongan Penerima Zakat

Lalu Allah akan mengampuni segala dosa apapun selain dosa terbesar yakni menyekutukan Nya dengan segala sesuatu, serta terkecuali bagi orang-orang yang sedang menjalin permusuhan dengan saudaranya sehingga dosa tersebut akan diampuni hingga kedua pihak yang bermusuhan berdamai.

Banyak hadits shahih yang menyatakan tentang pemeriksaan amalan dan pengampunan dosa seorang muslim di hari Senin dan Kamis ini. Dan semua isinya pun membahas bahwa segala dosa akan diampuni kecuali bagi para penyekutu Allah serta hamba yang sedang bermusuhan dengan saudaranya.

#4 Dibukanya Pintu Surga di Hari Senin dan Kamis

Keistimewaan selanjutnya di Hari Senin dan Kamis adalah dibukanya pintu surge sehingga orang-orang yang berpuasa dengan niat yang serius akan sangat beruntung di hari itu.

Sesuai dengan hadits yang dinyatakan oleh Imam Muslim, bahwa hamba Allah yang tidak menyekutukan Tuhannya akan diampuni, serta menangguhkan amalan hamba yang sedang bermusuhan antar saudaranya hingga terjalin kedamaian di antara keduanya.

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyukutukan Allah dengan sesuau diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.” (HR. Muslim)

Setelah Anda benar-benar memahami keistimewaan hari Senin dan Kamis, maka jangan diragukan lagi untuk menjalankan ibadah puasa dengan niat karena Allah SWT. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menjalankannya saat masih mampu.

Selain itu, setelah Anda memahami berbagai keistimewaannya, lebih baik lagi jika Anda mengetahui adab yang baik dalam menjalankan ibadah puasa Senin dan Kamis.

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah benar-benar menahan hawa nafsu apapun, tidak sekedar menahan hawa nafsu makan saja, karena puasa pada dasarnya dilakukan dengan tujuan menahan nafsu yang diawali dengan menjaga isi perut. Dengan begitu, saat Anda terbiasa menjaganya, maka nafsu Anda dalam hal lain pun ikut terjaga.