4 Keutamaan Menghafal Al-Quran dan Cara Menghafalnya Yang Mudah, Wajib Tahu!

Posted on

Menghafal Quran atau menjadi hafidz dan hafidzah tentu menjadi impian banyak orang muslim. Tetapi hal ini pun harus dijalani dengan niat dan keseriusan yang tinggi, karena menghafal Quran bukan jadi kegiatan yang dikerjakan karena popularitas, tetapi karena niat pribadi seseorang untuk menjadi lebih baik di hadapan Allah SWT.

Hal yang perlu dipersiapkan juga cukup banyak, sebelum menghafal al Quran. Semuanya harus berawal dari perbaikan diri terlebih dahulu, khususnya pada iman dan taqwa.

Jika kita sudah bisa menjaganya, maka langkah untuk menghafal al Quran selanjutnya akan dipermudah.

Keutamaan Menghafal al Quran yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda memang benar-benar memiliki keinginan untuk menghafal Quran, dan setelah semua kebaikan dipersiapkan, maka Anda tentunya juga harus paham tentang berbagai keutamaan menghafal Quran.

Keutamaan Menghafal al Quran

Loading...

Hal ini perlu diketahui oleh semua orang muslim, agar di dalam dirinya muncul keinginan untuk berniat melakukan hal baik di jalan Allah.

Dengan mengetahui hal ini, Anda pun bisa memberikan pelatihan kepada anak-anak Anda untuk menjadi shaleh dan shalihah sejak dini, jika Anda tidak diberikan kesempatan melakukannya secara pribadi, yang terpenting adalah bahwa niat dan tindakan terebut tulus untuk Anda lakukan.

Ada banyak sekali keutamaan menghafal al Quran yang perlu diketahui oleh semua umat muslim, berikut beberapa poin rangkumannya.

#1 Nabi Muhammad SAW akan Memberikan Penghormatan

Seseorang yang memiliki hafalan al Quran akan diberi penghormatan oleh Nabi Muhammad SAW, hal itu sesuai kisah dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam shahih Al Ihsaam 2126 Ibnu Hibban.

Di dalamnya mengisahkan bahwa di masa peperangan, Nabi Muhammad memberikan beberapa pertanyaan kepada beberapa orang lelaki muda. Mereka semua ditanya tentang kemampuan hafalan Quran, kemudian ada seorang lelaki yang menyatakan tentang hafalan miliknya atas surah al Baqarah serta beberapa juz yang lain. Kemudian Nabi Muhammad memerintahkan lelaki tersebut untuk memimpin salah satu rombongan perang.

Kemudian Rasulullah mendengarkan seorang lelaki lain berkata, bahwa ia merasa takut menghafal Quran karena belum percaya apakah ia bisa menjalankan isinya ataukah tidak.

Rasulullah pun menegurnya, lalu memerintahkan kepada lelaki tersebut untuk membaca dan mempelajari al Quran, karena pada dasarnya membaca sekaligus mempelajari al Quran seolah seperti menjadi tempat bekal untuk perjalanan yang isinya minyak misk, yang harumnya tersebar ke mana-mana.

#2 Hati Selalu Bersih Serta Terisi dengan Kebaikan

Penghafal al Quran hatinya akan selalu bersih dan terisi penuh kebaikan, karena tidak lagi berpeluang memikirkan hal-hal lain yang buruk, dan tetap fokus pada hafalan beserta amalannya.

Seperti dalam hadits Ibnu Abbas2914 yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, berkata bahwa seseorang yang sama sekali tidak memiliki hafalan ayat-ayat al Quran seolah-olah rumah yang kumuh dan akan runtuh.

#3 Orang Tua Akan Bahagia dengan Para penghafal Quran

Para penghafal al Quran akan menjadi suatu kebanggaan bagi kedua orang tuanya, karena kebaikan akan tersebar ke manapun para penghafal itu berada.

#4 Mendapat Kasih Sayang dari Rasulullah SAW

Mulai Belajar dan Melakukan Cara Menghafal Quran Agar Mendapat Berbagai Keutamaannya

Jangan khawatir tidak dapat menghafal Quran, karena ada beberapa tips yang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang, namun dengan niat yang sungguh-sungguh karena tidak mudah. Bahkan Imam Syafii pun mengalami berbagai kesulitan ketika sedang menghafal al Quran.

Dalam Kitab I`anatuth Tholibin, disebutkan bahwa Imam Syafii pernah membahas tentang hafalan Qurannya yang buruk kepada gurunya. Kemudian guru Imam Syafii tersebut memberitahukan bahwa Ia harus meninggalkan maksiat.

Seseorang tidak akan bisa menghafal al Quran dengan baik ketika Ia masih saja melakukan kemaksiatan, bahkan dosa maksiat yang kecil sekalipun akan menjadi sebuah hambatan dalam menghafal Quran.

Cara Menghafal Al Qur’an

Cara Menghafal Al Quran

Berikut ini cara yang mudah agar Anda bisa menghafal al Quran, karena pada dasarnya Allah memberikan jaminan bahwa ayat al Quran mudah untuk dipelajari.

#1 Mempersiapkan Niat Untuk Belajar Ikhlas

Hal yang paling sulit untuk dilakukan oleh semua muslim adalah sifat tulus dan ikhlas. Jangan sampai Anda memiliki niat lain yang terselubung saat menghafal al Quran, seperti riya , ujub, atau bahkan karena memiliki keinginan tertentu. Luruskan niat Anda, dan harus benar-benar bisa melakukannya karena Allah SWT.

#2 Menjalankan Shalat Sunnah Hajat

Setelah niat sudah terlaksana dengan baik, langkah selanjutnya adalah melakukan shalat Sunnah hajat. Kemudian meminta perlindungan dari maksiat dan memohon untuk diberi kemudahan untuk menghafal al Quran. Berharaplah atas ridho Nya saat menghafal Quran, jangan berharap akan sesuatu yang lain.

#3 Mengatur Keyakinan

Selanjutnya tanamkanlah keyakinan dalam diri Anda setelah Anda berusaha untuk tulus dan ikhlas serta memohon akan ridho Nya. Yakinlah bahwa Anda bisa melakukannya, ubahlah mindset untuk menjadi mudah dalam menghafal al Quran, jangan membayangkan bahwa hal tersebut sulit untuk dilakukan. Karena semua kemudahan juga dipengaruhi oleh keyakinan yang tersetting dalam pikiran.

#4 Selalu Perbaiki Bacaan Quran

Sebelum menghafal Quran, ada baiknya untuk memperbaiki terlebih dulu bacaan Quran yang baik dan benar.

Jika Anda menghafal Quran tanpa mengetahui cara membaca yang benar sesuai tajwid maka sedikit kurang tepat untuk melakukannya. Tahapan yang benar adalah belajar untuk memperbaiki bacaan atau lafal ayat-ayatnya baru menghafalnya.

#5 Hafalkan al Quran, Bisa Dilakukan Per Ayat Atau Per Halaman

Jika semua langkah bisa Anda lakukan dengan baik, maka tahap selanjutnya mulailah untuk menghafal al Quran. Ada beragam metode untuk menghafal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tiap orang. Anda bisa menghafalkannya per ayat atau per halaman, pilihlah yang memudahkan bagi Anda.

Menghafal dengan cara perlahan di tiap ayatnya sangat direkomendasikan bagi pemula, dengan mengulang berkali-kali dan membacanya dengan tartil. Membaca per ayat menjadi salah satu langkah yang cukup mudah.

Jika menghafal per halaman, bisa Anda lakukan dan ulang hingga sebanyak 30 kali dengan bacaan yang benar. Lakukan hingga ayat yang ada di dalam satu halaman mushaf benar-benar Anda hafalkan.

Cara ini sangat direkomendasikan kepada para pemula, khususnya yang menggunakan mushaq al Quran standar Madinah.

#6 Gunakan Satu Jenis Mushaf al Quran Saja

Untuk langkah lebih mudah sebaiknya gunakan satu mushal saja saat membaca al Quran agar Anda tidak mengalami kebingungan.

Karena di dunia ini sebenarnya terdapat berbagai jenis mushaf al Quran yang tersebar di seluruh penjuru dunia, maka cukup gunakan satu jenis saja dan jangan berpindah-pindah.

#7 Pasanglah Targetnya

Agar hafalan tersebut dicapai dalam waktu lebih cepat sebaiknya jangan bermalas-malasan untuk menghafal. Pasanglah target yang harus Anda capai ketika menghafal sesuai kemampuan Anda.

Misalnya per halaman dalam satu hari, maka lakukan hal tersebut secara rutin dan berulang kali.

Loading...