Doa Malam Lailatul Qadar, Keistimewaan, dan Amalan yang Harus Diketahui

Posted on

Setelah kita menjalani 20 hari di bulan Ramadhan, itu berarti bulan yang suci ini sudah mencapai 10 hari terakhir.

Anda pastinya juga sudah tahu kan, jika seluruh umat muslim yang ada di penjuru dunia tentu saja sangat menunggu – nunggu hari istimewa yang datangnya hanya ada di bulan penuh berkah satu ini, yakni datangnya malam Lailatul Qadar, atau yang juga disebut dengan malam seribu bulan.

Makanya, melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda lebih lengkapnya tentang keistimewaan, amalan, dan doa malam Lailatul Qadar. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Doa Malam Lailatul Qadar yang Harus Diketahui

Lailatul Qadar bisa diartikan pula sebagai malam pelimpahan keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT. Dimana hal tersebut diberikan kepada umat Islam yang berkehendak untuk dapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan malam Lailatul Qadar.

Juga perlu untuk Anda tahu bahwa, keutamaan dari malam Lailatul Qadar tersebut juga berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Loading...

doa lailatul qadar

Daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja di simak informasi lebih lengkapnya seputar keistimewaan, amalan, dan doa malam Lailatul Qadar berikut ini.

Doa Malam Lailatul Qadar

Di malam Lailatul Qadar pastinya memiliki banyak sekali keberkahan yang bisa didapatkan. Umat muslim yang mendapatkannya pun akan diampuni dosa – dosanya.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa di setiap malam, tepatnya di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ada baiknya umat muslim lebih giat lagi dalam beribadah, bersedekah, mengaji, dan sholat malam.

Baca Juga: Ini Trend Baju Lebarang 2019

Tidak hanya itu saja ada doa yang sebaiknya sering sekali untuk Anda baca menjelang 10 hari terakhir di Ramadhan untuk mendapat malam Lailatul Qadar. Di bawah ini adalah doa malam Lailatul Qadar yang harus Anda tahu.

     اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِ

Allahumma innaka ‘afuwwun, tukhibbu afwa fa’fu ‘annii.

Artinya: Ya Allah SWT, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Mulia, suka mengampuni kesalahan, maka ampunilah kesalahanku.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

doa malam lailatul qadar

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang terpenting di bulan Ramadhan. Dikatakan dalam Al Quran bahwasanya malam ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Anda Pengusaha atau Wiraswasta? Sebaiknya tahu bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Mal

Sehingga jika umat muslim melakukan kebaikan di malam tersebut, maka nilainya seperti mengerjakan kebaikan selama seribu bulan, atau sekitar 83 – 84 tahun. Tidak hanya itu saja, kira – kira apalagi yang membuat malam Lailatul Qadar begitu istimewa sekali? Silakan simak selengkapnya di bawah ini.

#1 Waktu diturunkannya Al Quran

Perlu Anda tahu bahwa dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibu Abbas disebutkan bahwasannya Allah SWT menurunkan Al Quran secara utuh, juga sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia.

Lalu Allah SWT menurunkan kembali Al Quran kepada Rasulullah secara terpisah sesuai kejadian – kejadian yang terjadi selama 23 tahun.

#2 Malam Penuh Berkah

Sesuai yang ada dalam ayat Al Quran, yakni di dalam surat Ad. Dukhon bahwa Allah telah menurunkan suatu malam yang telah diberkahi dan juga sudah memberikan peringatan. Malam ini adalah malam Lailatul Qadar.

#3 Turunnya Malaikat Jibril di Malam Lailatul Qadar

Di malam Lailatul Qadar ini ada banyak sekali Malaikat yang akan diturunkan, salah satunya adalah Malaikat Jibril. Nah, seiring dengan turunnya para Malaikat tersebut juga jadi pertanda turunnya berkah dan rahmat.

#4 Malam Yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Banyak sekali para ulama yang berpendapat bahwasannya yang dimaksudkan dengan lebih baik dari seribu bulan di sini adalah sholat yang dilakukan di malam Lailatul Qadar. Tidak hanya sholat saja, tetapi amalan – amalan baik juga punya keistimewaan yang sama.

#5 Malam Kesejahteraan Hingga Terbitnya Fajar

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya menurut tafsir dari Ibnu Katsir, malam Lailatul Qadar ini penuh dengan keselamatan. Di malam tersebut, setan – setan juga tidak bisa berbuat apa – apa termasuk halnya mengganggu manusia.

Di malam tersebut juga nanti akan ada banyak sekali manusia yang selamat dari siksa api neraka, sebab melakukan ketaat kepada Allah SWT.

#6 Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Di malam Lailatul Qadar bahkan juga akan dilakukan penulisan takdir dalam 1 tahun, termasuk halnya mengenai ajal maupun rizki. Catatan takdir tahunan ini pasti saja didahului oleh penulisan Allah SWT. Takdir tersebut nanti yang akan diperlihatkan kepada malaikat dan mereka pula yang akan melalukan apa yang telah ditugaskan oleh Allah SWT.

#7 Yang Berhasil Menghidupkan Malam Lailatul Qadar Akan Diampuni Dosa

Barang siapa yang melaksanakan sholat di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa – dosanya yang telah lalu akan diampuni. Hal ini tentu sesuai dengan HR. Bukhari No. 1901.

Amalan Malam Lailatul Qadar

Amalan Malam Lailatul Qadar

Kami ingatkan lagi, bahwa sepertiga terakhir di bulan Ramadhan memang menjadi waktu yang paling istimewa sekali untuk dapatkan malam Lailatul Qadar. Agar bisa mendapat kemuliaan malam seribu bulan tersebut ada sejumlah amalan yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 8 Golongan Penerima Zakat

Dengan menghidupkan malam terakhir di bulan Ramadhan ini lewat berbagai amalan, maka peluang untuk dapatkan malam yang lebih baik dari seribu bulan tentu saja jadi lebih besar lagi. Lantas, apa saja sih amalan yang bisa dilakukan untuk mendapat malam Lailatul Qadar tersebut? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

#1 Melakukan Iktikaf

Tahukah Anda apa itu iktikaf? Ini merupakan berhenti atau berdiam diri di dalam masjid dengan syarat – syarat tertentu, dan dengan niat semata – mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf bahkan menjadi momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah.

#2 Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa di malam sepertiga terakhir bulan Ramadhan untuk tingkatkan peluang mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam tersebut.

#3 Membaca Al Quran

Dengan niat ibadah hanya kepada Allah SWT, membaca Al Quran bisa datangkan pahala yang berlipat ganda di malam sepertiga terakhir di bulan Ramadhan.

Apalagi jika disertai pula dengan meresapi arti serta makna dari setiap ayat yang telah dibaca, Anda tentu saja akan lebih khusyuk sekali dalam menunaikan amalan tersebut.

#4 Melaksanakan Sholat Malam

Setelah selesai melaksanakan sholat tarawih dan tadarusan, Anda bisa langsung tidur terlebih dulu. Kemudian pada saat tengah malam tiba, atau menjelang sahur Anda bangun untuk menunaikan sholat malam.

Kapan menunaikan Zakat Setelah Puasa Ramadhan yang tepat? Baca Selengkapnya tentang Zakat Fitrah

Dengan menunaikan ibadah sholat malam ini, maka peluang untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar juga akan semakin meningkat. Fokuskan ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

#5 Memperbanyak Taubat

Manusia tidak pernah luput dari namanya salah dan juga dosa. Mumpung masih ada waktu di malam terakhir di bulan Ramadhan ini, sebaiknya isi malam – malam dengan memperbanyak taubat dan permohonan ampun. Jika bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, berkahnya pasti akan sangat luar biasa sekali.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang keistimewaan, amalan, dan doa malam Lailatul Qadar yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.

Loading...