Pahami Doa Berbuka Puasa Asyura Berikut Ini Saat Menjalankan Ibadahnya!

Posted on

Puasa yang menjadi kegiatan untuk menahan rasa lapar dan dahaga ini bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti yang diambil berdasarkan nilai-nilai yang diwajibkan dan disunnahkan seperti yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

Salah satu kegiatan puasa yang hukumnya Sunnah untuk dilakukan para muslim adalah puasa di hari Asyura yang jatuh pada bulan Muharram tanggal 10 kalender Hijriah. Beberapa ulama mengatakan bahwa hal yang istimewa saat menjalankan puasa Asyura memiliki kaitan dengan waktu saat Nabi Muhammad SAW sedang menjalankan hijrakh dari Makkah ke Madinah.

Sebelum menjalankan ibadah puasa Sunnah hari Asyura, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu tentang sejarah sekaligus nilai-nilai pada ibadahnya

Beberapa Hal yang Perlu Anda Pahami Tentang Puasa Asyura

Doa Berbuka Puasa Asyura

Asyura yang jatuh di bulan 10 Muharram ini dirayakan dengan cara berpuasa, hal itu sesuai dengan yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW di masanya. Seperti dalam kisah di zaman Rasulullah SAW yang kemudian diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berasal dari Abdullah bin Abbas RA, mengisahkan bahwa pada tanggal 10 Muharram Rasulullah sedang berpuasa, beliau sekaligus memerintahkan para umatnya di kala itu untuk menjalankan ibadah puasa juga yang hukumnya Sunnah.

Namun, ada beberapa orang yang bertanya tentang anjuran puasa di hari tersebut apakah dibenarkan atau tidak, karena berkaitan dengan hari keagungan para kaum Nasrani dan Yahudi.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Kemudian Rasulullah SAW memberikan sabda, bahwa anjuran tersebut akan dijalankan pada tanggal 9 Muharram jika Allah menghendaki saat bulan Muharram di tahun mendatang tiba. Namun, pada kenyataannya anjuran tersebut tidak dilakukan oleh Rasulullah karena beliau telah wafat sebelum 9 Muharram tahun Hijriah mendatang tiba.

Dari kisah tersebut, kemudian beberapa jumhur para ulama banyak yang menyatakan bahwa puasa di hari ke 9 Muharram juga disunnahkan, dan dikenal sebagai puasa hari Tasuah, sehingga 9 dan 10 Muharram sama-sama disunnahkan untuk berpuasa. Dan puasa hari Asyura tetap dijatuhkan pada tanggal 10 Muharram sesuai namanya.

Selain kisah tersebut, ada lagi hal-hal menarik yang mungkin belum Anda ketahui seputar puasa hari 10 Muharram. Adapun hal-hal istimewa yang membuat hari Asyura dijadikan sebagai hari untuk menjalankan Sunnah berpuasa adalah sebagai berikut :

1. Seperti yang telah disinggung sedikit pada bacaan sebelumnya, bahwa hari Asyura memang berkaitan dengan kejadian Rasulullah SAW saat pergi hijrah dan memperjuangkan Islam dari Makkah dan Madinah.

Ketahui Juga: Doa Puasa Senin Kamis

2. Di hari Asyura ini telah dipercayai sebagai hari istimewa oleh seluruh kaum, dan seluruh pemeluk agama yang menjadi penduduk masyarakat Arab pada waktu itu, mereka pun juga merayakannya dengan kegiatan beribadah puasa.

3. Bahkan beberapa ada yang menyatakan bahwa saat menunaikan ibadah puasa Sunnah di hari Asyura, bisa menghapus segala dosa selama setahun lalu berjalan hingga saat sedang berpuasa. Seperti pada sabda yang disampaikan oleh Rasulullah SAW sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Sabda Rasulullah SAW sesuai dengan hadits Imam Muslim tentang berpuasa

Loading...

4. Tidak berhenti sampai di situ, puasa hari Asyura juga dijadikan sebagai kifarat pada segala dosa yang telah kita lakukan selama setahun di masa lalu.

5. Kemudian terdapat beberapa sejarah menarik yang bisa Anda jadikan sebagai wawasan, berikut beberapa kisahnya seperti yang telah dilansir dari Bangkapos.com.

  • Adanya peristiwa saat manusia pertama, yakni saat Nabi Adam AS diturunkan ke bumi dan dipisahkan dengan Siti Hawa, kemudian beliau pada hari itu bertaubat kepada Allah SWT, dan akhirnya dipertemukan kembali dengan Siti Hawa.
  • Hari saat terjadinya peristiwa Nabi Idris AS dianggkat ke langit oleh Allah SWT
  • Hari ketika Nabi Nuh AS dikeluarkan dan diselamatkan dari perahu yang terjebak di tengah banjir bandang yang menenggelamkan hampir seluruh permukaan bumi dalam waktu enam bulan.
  • Hari istimewa ketika kitab Taurat oleh Allah SWT diturunkan kepada Nabi Musa AS.
  • Hari saat Nabi Ibrahim AS dibakar dan telah diselamatkan oleh Allah dari kobaran api yang dinyalakan Raja Namrud, karena beliau dianggap menentang ketuhanan Raja Namrud.
  • Waktu istimewa yang datang ketika Nabi Yaqub AS disembuhkan kebutaannya oleh Allah SWT.
  • Hari ketika Nabi Yusuf AS diberi kebebasan dari penjara.
  • Hari saat Nabi Yunus AS telah dikeluarkan oleh Allah dari dalam perut ikan paus dalam keadaan hidup dan selamat setelah berada di sana dalam kurun waktu 40 hari 40 malam.
  • Serta menjadi hari kesembuhan bagi Nabi Ayub AS setelah menderita penyakit kulit luar biasa yang membuatnya kehilangan segalanya.
  • Di hari ini mukjizat juga diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Musa AS untuk membelah lautan agar umatnya terselamatkan dari kejaran tentara Raja Firaun.
  • Dikenal sebagai hari pertama saat Allah SWT menciptakan seluruh alam semesta.
  • Juga hari pertama saat Allah SWT memberikan rahmat kepada alam semesta.
  • Hari di saat Allah SWT menciptakan malaikat penyampai wahyu yakni Jibril.
  • Di hari Asyura, Allah SWT juga menurunkan hujan kepada alam dunia, menciptakan singgasana Nya `Arsy, serta Luh Mahfudz.
  • Di hari itu juga menjadi hari ketika Nabi Isa AS diangkat ke langit oleh Allah SWT.
  • Kemudian menjadi hari istimewa Nabi Muhammad SAW saat terhindar dari racun yang telah dibuat oleh masyarakat Yahudi.
  • Serta hari di saat Nabi Sulaiman AS telah dikarunai kerajaan paling megah di seluruh jagad yang tidak ada seorangpun bisa menandinginya.
  • Nabi Daud AS juga memiliki pengampunan atas segala dosanya di hari Asyura.

Melihat banyaknya keistimewaan di hari Asyura tersebut tentunya bisa membuat Anda berniat menjalankan ibadahnya, yang terpenting adalah lakukan atas dasar Allah `lillaahi ta `aala.

Simak Doa Berbuka Puasa Asyura Berikut Ini

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa Sunnah Asyura tentu harus mengetahui niat berpuasa sekaligus doa berbuka puasa. Sebaiknya lakukan saat adzan maghrib berkumandang agar makanan dan minuman yang Anda santap saat sedang berbuka terasa lebih nikmat dan dilimpahi dengan keberkahan.

Baca Juga: Doa Malam Lailatul Qadar

Doa berbuka puasa di hari Asyura sebenarnya mirip dengan doa berpuasa di bulan Ramadhan, dan bisa diterapkan di berbagai hari saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Namun, jika ingin lafal yang lebih lengkap Anda bisa mengucapkan doa berbuka puasa seperti berikut ini.

Tetapi yang terpenting di sela-sela doa tersebut Anda memiliki niat untuk bersyukur atas segala rahmat dan karunia Allah SWT karena diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa Asyura.

Berikut lafal doa berbuka puasa yang lengkap.

lafal doa berbuka puasa yang lengkap

Jangan lupa sebelum membaca doa tersebut, ucapkan basmalah terlebih dahulu, setelah itu lakukan berbuka puasa sesuai dengan adabnya.