Doa Berbuka Puasa Ramadhan dan Sahur Yang Benar di Bulan Penuh Berkah

Posted on

Umat muslim mana yang tidak mengenal kegiatan penuh berkah yang dinamakan puasa? Tentu sangat diperbolehkan tetapi sesuai dengan waktu ditentukannya atau diperbolehkannya untuk berpuasa.

Namun, puasa Ramadhan termasuk salah satu kewajiban yang harus dilakukan karena merupakan bagian dari rukun Islam, atau yang biasa dikenal sebagai tauhid. Serta merupakan kewajiban di urutan ke 4 rukun Islam yang harus dilakukan oleh seorang muslim dengen bebererapa ketentuan bagi yang mampu menjalankannya.

Dan waktunya melaksanakannya pun tidak setiap hari, tapi di bulan tertentu sesuai perhitungan tahun Hijriah (tahun Islam), yakni di bulan Ramadhan.

Puasa di Bulan Ramadhan Suci dan Penuh Berkah

doa berbuka puasa ramadhan

Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan yang suci dan penuh berkah bagi umat muslim. Bagaimana tidak, pasalnya di bulan tersebut terdapat banyak kejadian yang bisa dibilang ajaib, di zaman Nabi Muhammad yang datang sebagai penanda kenabian dan kerasulannya.

Kejadian yang tidak masuk di akal manusia secara logis tersebut menjadi suatu tanda datangnya wahyu kepada nabi dan rasul dinamakan mukjizat.

Inilah Bacaan Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

Ada banyak mukjizat di bulan Ramadhan kepada Nabi Muhammad yang ditunjuk sebagai nabi dan rasul hingga akhir zaman. Beberapa contohnya seperti turunnya al

Quran yang disebut sebagai nuzulul Quran yakni malam seribu bulan, kemudian turunnya perintah untuk shalat, serta perintah untuk menjalankan puasa wajib di Bulan Ramadhan, dan masih banyak lagi keajaiban lainnya yang turun di bulan itu.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Tujuan dari berpuasa adalah untuk menahan hawa nafsu yang jika tidak dikendalikan dengan baik bisa menyebabkan seseorang terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan. Dengan menahan lapar dari waktu subuh hingga petang, hawa nafsu bisa ditahan secara perlahan dengan cara menjauhi keinginan untuk mengisi perut terlebih dahulu dengan berpuasa.

Dan nantinya hal ini bisa melatih hawa nafsu untuk bisa dengan mudah dikendalikan dari berbagai kegiatan, seperti menahan nafsu makan berlebihan, menahan nafsu yang berasal dari tindakan untuk maksiat, dan sebagainya.

Saat menjalankan ibadah puasa selama setengah hari penuh tentu membuat perut kita terasa lapar, oleh karena itu berpuasa dalam Islam sebaiknya disertai dengan bersahur dan berbuka.

lafadz doa berbuka puasa ramadhan

Hal itu untuk melatih agar nafsu makan kita terjaga sesuai kebutuhan saja tanpa berlebihan. Meskipun lapar nantinya tidak bisa tertahankan saat waktu menjelang berbuka puasa tiba, tetapi jangan lupa untuk membaca doa, begitupun saat sebelum sahur.

Semua doa di kedua ibadah ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh para kaum muslim. Jika sebagian dari Anda belum mengetahuinya, maka simaklah bacaan doa, atau lafadz berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadhan berikut ini.

Lafadz Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Jika Anda merupakan umat muslim yang berpikiran positif, tentu akan mengira bahwa seseorang yang belum mengetahui doa berbuka puasa di bulan Ramadhan disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu contoh misalnya orang tersebut merupakan muallaf, dan dalam hal ini mereka pun masih belum diwajibkan untuk berpuasa selama masih berada dalam tahap untuk mengenal Islam lebih mendalam.

Bahkan orang-orang tersebut tergolong sebagai pihak yang harus diberi zakat saat bulan syawal tiba di tanggal pertama setelah Ramadhan usai.

Baca Juga: Doa Malam Lailatul Qadar

Loading...

Semua orang muslim yang telah menjalankan ibadah puasa selama setengah hari penuh tentunya akan sangat senang jika waktu berbuka yang ditunggu-tunggu hampir tiba.

Setelah hawa nafsu ditahan dalam jangka waktu berpuasa tersebut disertai dengan berkurangnya tenaga dan energi membuat semua orang ingin segera melaksanakan kegiatan berbuka. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa momen berbuka puasa adalah saat-saat yang tepat untuk mengucapkan rasa syukur.

Caranya yakni dengan mengucapkan doa atas rasa syukur tersebut sebelum berbuka puasa agar makanan dan minuman yang masuk bisa menjadi keberkahan untuk tubuh kita yang tenaga beserta energinya diisi kembali.

Dan hukum berbuka puasa adalah wajib sehingga bagi siapa saja yang telah menjalankan puasa selama waktu yang ditentukan harus segera membatalkan puasanya saat waktu buka puasa tiba, yakni saat adzan maghrib berkumandang.

Baca Juga Artikel Ini: 8 Golongan Penerima Zakat

Doa yang diucapkan untuk berbuka puasa sangat beragam versinya, terkadang disesuaikan dengan beberapa ajaran yang diyakini oleh masyarakat muslim di berbagai golongannya.

Tentunya kita pun tidak boleh menyalahkan salah satu doa tersebut karena kebenaran satu-satunya hanya diketahui dan berhak dinilai oleh Tuhan yang Maha Esa yakni Allah SWT. Adapun beberapa contoh doa berbuka puasa yang bisa Anda ketahui, sebagai berikut, kemudianbaca dan yakinilah arti dan maksud yang ada di dalam doa tersebut.

Doa berbuka puasa yang pertama dikutip di laman nahdlatul ulama (nu.or.id), beserta artinya.

Doa berbuka puasa

Kemudian ada versi yang lain lafal buka puasa beserta artinya, dan dilansir dari konsultasisyariah sesuai dengan yang diriwayatkan Abu Daud, yakni

lafal buka puasa beserta artinya

Sebelum dan sesudah membaca doa tersebut, sebaiknya muslim bisa mengikuti adab atau sunnahnya, bagi yang memiliki kemampuan untuk memenuhinya.

  • Sebelum berdoa membaca basmalah terlebih dahulu, begitu pula ketika minum dan makan.
  • Yang dilakukan rasulullah saat berbuka adalah memakan 3 buah kurma terlebih dahulu, namun jika beberapa orang tidak mampu membelinya tentu tidak masalah karena sekalipun Islam sifatnya tidak memaksa, maka disunnahkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis terlebih dahulu.

Kemudian mulai menjalankan ibadah puasa, dan dianjurkan untuk tidak memakan makanan terlalu banyak dan berlebihan

Doa Ketika Sahur Puasa Ramadhan

Kegiatan selanjutnya yang disunnahkan untuk dilakukan ketika bulan Ramadhan, khususnya saat sebelum menjalankan ibadah puasa adalah sahur.

Pada saat sahur, sebenarnya sumber yang menyatakan atau menetapkan doa sebelum sahur masih belum ditemukan, berbeda dengan doa berbuka puasa yang lebih banyak dibahas, dan memiliki banyak versi juga.

Oleh karena itu, doa sebelum sahur bisa dibaca sesuai dengan doa sebelum makan pada umumnya, karena sifat makan sahur pun tidak wajib melainkan Sunnah.

Seseorang yang melewati waktu sahur namun telah memiliki niat untuk berpuasa sebenarnya masih diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, terutama saat hendak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Doa untuk niat berpuasa di bulan Ramadhan ini sebenarnya bukan termasuk doa makan sahur, tetapi murni doa untuk berniat puasa saja, dan biasanya diucapkan saat sebelum atau sesudah makan sahur, atau bisa juga di malam hari sesudah menunaikan shalat tarawih, dengan jangka waktu hingga sebelum tanda-tanda fajar tiba.

Adapun doa-doa berikut yang bisa diucapkan sebelum makan sahur sama seperti doa sebelum makan pada umumnya.

Doa untuk niat berpuasa di bulan Ramadhan

Kemudian jika Anda telah mempelajari nilai-nilai Islam selama bertahun-tahun di dalam keyakinan tertentu yang sudah mendarah daging, tidak ada salahnya membaca bacaan doa di bawah ini sebelum makan, karena penilaian benar dan salah hanya berhak ditentukan oleh Allah SWT.

Doa sebelum makan