Pengertian Sistem Pemerintahan dan Macam-Macamnya

Posted on

Sistem Pemerintahan dalam Wikipedia artinya adalah suatu peraturan yang utuh yang terdiri atas berbagai komponen yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan.

Sistem pemerintahan memiliki sistem dan tujuan dalam menjaga stabilnya sebuah negara tersebut. Tetapi pada sebagian negara sering terjadi tindakan separatisme sebab sistem pemerintahan yang dianggap membebani rakyat ataupun membuat rakyat merasa dirugikan.

Pengertian Sistem Pemerintahan

Secara luas sistem pemerintahan adalah menjaga agar masyarakat tetap stabil, menjaga perbuatan kaum mayoritas ataupun minoritas, menjadi fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan.

Sehingga tercipta sistem pemerintahan yang berkelanjutan dan demokrasi yang mana seharusnya masyarakat dapat ikut serta dalam pembangunan pada sistem pemerintahan tersebut. Sampai sekarang hanya beberapa negara yang menerapkan sistem pemerintahan secara keseluruhan.

Secara sempit sistem pemerintahan merupakan hanya sebuah sarana kelompok dalam melaksanakan roda pemerintahan untuk tetap stabilnya negara dalam waktu yang lama dan mencegah terjadinya perilaku rekasioner ataupu radikal dari rakyatnya sendiri.
Pengertian Sistem Pemerintahan dan Macam-Macam

Loading...

Kata sistem sendiri memiliki arti adalah semua perangkat unsur yang beraturan dan saling berhubungan dan juga mempunyai keterkaitan fungsi antar bagian tersebut.

Secara struktural membuat suatu mekanisme kerja yang berkesinambungan. Sistem merupakan suatu kesatuan di dalam nya ada unsur-unsur yang terikat dalam sebuah unit.

Kemudian kata pemerintah dapat diartikan sebagai sekelompok yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur kehidupan ekonomi, politik, sosial dalam suatu negara. Sehingga sistem pemerintahan dalam ketatanegaraan berkaitan dengan sistem hubungan antar lembaga eksekutif dan legislatif.

Baca: 19 Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli Terlengkap

Daripada itu sistem pemerintahan juga bisa didefinisikan sebagai keseluruhan dari susunan yang sudah teratur dan saling berhubungan dari lembaga-lembaga negara, baik secara langsung atau tidak langsung menurut rencana untuk meraih suatu tujuan negara adalah kesejahteraan rakyat.

Macam-Macam Sistem Pemerintahan

Suatu sistem pemerintahan terdapat beberapa jenis yang dianut oleh negara-negara yang ada didunia, antara lain:

Dari beberapa jenis atau macam dari sistem pemerintahan berikut adalah penjelasannya.

Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial merupakan sistem pemerintahan negara dimana kedudukan eksekutif ditetapkan dengan cara mengadakan pemilu (pemilihan umum) dan juga terpisah dari kedudukan legislatif.

Bagian penting dari sistem pemerintahan ini adalah:

  • Secara menyeluruh presiden menjadi atau memilik jabatan sebagai pemimpin negara dan juga pemimpin dari semua pemerintahan.
  • Presiden wajib mempunyai jaminan untuk memiliki wewenang legislatif yang diatur dalam UUD maupun konstitusi.
  • Presiden dalam sistem pemerintahan ini ditentukan oleh raykat dalam pemilu.

Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem pemerintahan parlementer merupakan sistem pemerintahan yang memiliki tanggung jawah atau kewajiban penting yang fungsinya ada dalam suatu pemerintahan. Sistem pemerintahan ini adalah yang paling banyak diterapkan di seluruh negara di dunia.

Dalam sistem parlemen ini memiliki kekuasan untuk pengankatan atau pelatikan perdana menteri. Dan juga mengangkat dan melantiknya. Sistem pemerintahan parlemen juga memiliki kekuasaan untuk menjatuhkan kedudukan perdana menteri.

Sistem Pemerintahan Semipresidensial

Sistem pemerintahan semipresidensial yaitu sistem pemerintahan yang menggabungkan antara sistem pemerintahan parlementer dan sistem pemerintahan presidensial. Pada sistem pemerintahan ini, kekuasaan paling tinggi ada pada tangan presiden (Sebagai pemimpin negara) dan di tangan parlemen (sebagai wakil rakyat)

Sistem Pemerintahan Komunis

Sistem pemerintahan komunis yaitu sistem pemerintaha yang menganut asas komunisme (yaitu suatu asas yang tidak mengakui adanya Tuhan). Pada sistem pemerintahan ini, masing-masing orang harus hidup sama rata dan setara, tidak ada yang kaya maupun yang miskin, seluruhnya harus saling mendukung dan saling membantu

Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem pemerintahan demokrasi liberal ialah sistem pemerintahan yang menggabungkan antara sistem pemerintahan demokrasi dan sistem pemerintahan liberal. Pada sistem pemerintahan ini, jalannya kekuasaan dikendalikan oleh kepala pemerintahan yang dipilih secara langsung oleh rakyat.

Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem pemerintahan liberal ialah sistem pemerintahan yang menganut asas kebebasan yang menjadi landasan penentuan kebijakannya. Pada sistem pemerintahan ini, pemerintah tidak terlalu banyak menentukan kebijakan, dan mayoritas kegiatan pemerintahan dalam negara dijalankan oleh pihak swasta.

Itulah penjelasan lengkap tentang sistem pemerintahan. Semoga bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Loading...