Pengertian Sepak Bola, Teknik dan Tujuannya

Posted on

Jika berbicara olahraga yang hampir semua orang selalu antusias mendengar beritanya maka bisa disebut Sepak Bola. Ya, olahraga sepak bola sudah tidak asing untuk semua orang. Hampir dari anda yang membaca artikel ini juga tidak asing dan pernah menonton atau bahkan memiliki tim sepak bola idola.

Pada umumnya sepak bola adalah sebuah cabang olahraga yang mana memakai bola yang terbuat dari bahan karet atau kulit dan dimainkan oleh dua tim yang tiap tim terdiri dari 11 pemain. Selain 11 pemain inti, biasanya permainan sepak bola juga mempunyai pemain cadangan atau pengganti.

Namun apakah anda sebenarnya sudah paham dengan sepak bola? Mungkin sebagian memang sudah paham, namun berikut ini penjelasan lengkap olahraga sepak bola.

Pengertian Sepak Bola

Dalam Wikipedia, Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Definisi lain dari sepak bola yaitu suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang bertujuan agar bisa memasukan ke dalam gawang lawan, dan mempertahankan gawang sendiri. Permainan ini dimenangkan oleh tim yang memperoleh gol atau bola masuk gawang lawan paling banyak menurut aturan sepak bola.

Belum Tau Gaya-Gaya Renang? Baca Pengertian Renang dan Macam-Macamnya

Jika dalam Bahasa Inggris, definisi sepak bola disebut dengan Football, atau juga untuk orang Amerika Serika dikenal dengan Soccer. Sepak bola sendiri terdiri atas dua kata yaitu “Sepak” yang berarti menendang bola dengan kaki dan “Bola” yang artinya adalah suatu permainan yang berbentuk bulat, dengan bahan dari kulit atau karet.

Pada abad ke-21 permainan sepak bola telah dimainkan di lebih dari 250 juta orang di 200 negara, sehingga itu yang membuatnya menjadi olahraga paling populer di dunia selain Bulu Tangkis.

Permainan ini dilakukan di lapangan terbuka dengan bentuk persegi panjang diatas rumput asli atau bisa juga dengan rumput sintesis.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

pengertian sepak bola
Definisi Sepak Bola

Selain definisi diatas, sepak bola juga di artikan oleh beberapa ahli yang mempunyai pendapat tentang sepak bola.

#1 Remmy Muchta (1992, hal 27)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolaan gerak tubuh dalam permainan.

#2 Luxbacher (2008, hal ke-2)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

#3 Muhajir (2007: 22)

Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang tidak kemasukan bola.

#4 Soekatamsi (1994:3)

Sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

#5 Agus Salim

Sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

#5 Subagyo Irianto (2010:3)

Sepak bola adalah permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

#6 Joko Purwanto (2004:7)

Sepak bola adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.

#7 Herwin (2004:78)

Sepak bola adalah permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik dan mental.

#8 Alwi dalam KBBI (2003:918)

Sepak bola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

#9 Sucipto dkk (2000:7)

Sepak bola adalah permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seoarang penjaga gawang yang diperbolehkan menggunakan legannya di daerah tendangan hukumannya.

#10 Muhyi Faruq (2008: 17)

Sepak bola adalah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran jasmani (tubuh) dan mental serta sosial yakni prestasi.

#11 Nurhasan (2001: 46)

Sepak bola dilakukan dalam dua babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selam 45 menit. Permainan sepak bola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis.

#12 Erir C. Batty (1982: 5)

Sepak bola adalah permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola adalah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Walaupun sepak bola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupun tanpa bola.

#13 Soedjono (1985: 16)

Sepak bola adalah suatu permainan beregu, oleh karena itu kerjasama regu merupakan tuntutan permainan sepak bola yang harus dipenuhi oleh setiap kesebelasan yang menginginkan kemenangan.

#14 Alan Gibbon dan John Cartwright (dalam Soedjono)

Sepak bola adalah suatu permainan passsing dan runnign dari pola yang sukar diramalkan dan selalu berubah-ubah, menuntut kesadaran yang tinggi dari pemain dan menuntut suatu kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan bertindak cepat tanpa menunda-nunda.

#15 Danny Mielke

Sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang masing-masing tim berjumlah 11 pemain dengan tujuan permainan menciptakan goal sebanyak-banyaknya.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola banyak orang yang mungkin belum mengetahui tentang sejarah permainan ini. Menurut sejarah, olahraga sepak bola telah ada dan dikenal di kawasan Tiongkok sejak abad ke-2 dan juga ke-3 Sebelum Masehi, ketika itu dipimpin oleh pemerintahan Dinasti Han.

Ketika itu, masyarakat Tiongkok mempergunakan bola kulit dan juga menggiring bola dan menendangnya pada jaring dengan ukuran kecil. Selain di kawasan Tiongkok, permainan ini sudah dikenal di beberapa negara lain, seperti Jepang, Yunani, dan juga Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan juga Yunani di masa itu bermain untuk mencari kesenangan semata.

Kemudian, sepak bola modern dikenal di Negara Inggris dengan melakukan beberapa peraturan dasar sehingga membuat permainan sepak bola semakin populer. Walaupun olahraga sepak bola ketika itu sempat dilarang karena ada anggapan mengandung unsur kekerasan.

Memang pada beberapa kompetisi, banyak kekerasan selama pertandingan hingga pada akhirnya Raja Edward III melarang sepak bola dimainkan pada tahun 1365. Selain itu Raja James I yang berasal dari Skotlandia ikut mendungkung larangan sepak bola.

Di tahun 1815, terjadi perkembangan besar sehingga olahraga ini menjadi terkenal di kalangan Universitas dan sekolah.

Loading...
logo FIFA
Logo FIFA

Sampai akhirnya pada tahun 1904, mulai lah dibentuk FIFA (Federation Internationale de Football Association). FIFA selanjutnya merupakan badan pengendali olahraga internasional sepak bola dimana tanggal berdirinya yaitu 21 Mei 1904 di negara Paris, Perancis.

Olahraga ini selanjutnya menjadi olahraga yang dipertandingkan di beberapa negara untuk mendapatkan kemenangan serta adanya Piala Dunia. Piala Dunia pertama kali dipertandingkan atau diselenggarakan pada tahun 1930 di negara Uruguay dan yang menjadi pemenang ketika itu juga Uruguay.

Peraturan Sepak Bola

Dalam permainan olahraga sepak bola, selain sejarahnya tentu saja ada peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Berikut ini adalah peraturan dalam sepak bola, antara lain:

#1 Jumlah Pemain

Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 pemain, setiap pemain memiliki tugas dan posisi yang berbeda antara satu dengan lainnya, diantaranya satu sebagai penjaga gawang, empat orang sebagai pemain pertahanan, 2 sampai 5 pemain di tengah, dan 1 sampai 3 pemain bertugas sebagai penyerang.

Setiap tim sepak bola memiliki seorang kapten yang tugasnya untuk memimpin teman dalam satu timnya supaya dapat bermain sesuai dengan arahan coach atau pelatih. Berikut ini adalah tugas setiap posisi dari pemain sepak bola, yaitu:

  • Penjaga gawang atau goal keeper mempunyai tugas untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan bola, menjaga agar jangan sampai gawang dimasuki bola.
  • Pemain bertahan atau back melakukan halau lawan agar tidak masuk di area pertahanan.
  • Pemain tengah atau gelandang disebut juga midfielder atau terkenal dengan sebutan playmaker bertugas mengatur jalannya permainan atas timnya dan juga membantu back atau striker.
  • Pemain sayap atau winger, pemain bertugas melakukan pengendalian permainan yang berada di area kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang atau striker adalah pemain yang bertugas memasukkan bola atau gol ke gawang lawan.

#2 Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan yang digunakan dalam olahraga sepak bola adalah lapangan dengan rumput asli atau dapat juga dengan rumput sintetis. Di bagian lapangan ada garis pembatas diantara bagian dalam dan luar lapangan. Dibawah ini adalah standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa:

  • Panjang lapangan 100-120 m
  • Lebar lapangan 65 – 75 m
  • Lebar gawang 7,32 m
  • Tinggi gawang 2,44 m

Di dekat gawang ada area kotak pinalti, area ini dimana keeper atau penjaga gawang boleh menangkap bola dengan tangannya dan sebagai tempat tendangan pinalti jika pemain bertahan melakukan pelanggaran kepada lawan.

#3 Durasi Permainan Sepak Bola

Secara internasional dan sesuai dengan aturan, lama permainan suatu pertandingan sepak bola yaitu 2 x 45 menit (2 babak). Akan tetapi, seorang wasit yang memimpin pertandingan bisa memberikan tambahan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan, antara 1-5 menit di setiap babak.

Di pertandingan tertentu, misalnya dengan sistem gugur, jika dalam durasi dua babak pertandingan kedua tim imbang maka akan dilakukan tambahan waktu 2 x 15 menit.

Apabila pada pertandingan waktu itu masih tetap imbang, maka akan dilakukan adu pinalti sampai salah satu tim menang.

Dengan adanya peraturan diats, maka bisa menjadi referensi untuk permainan sepak bola dalam hal peraturan.

Teknik Sepak Bola

Selain sejarah dan peraturan sepak bola, yang tak kalah penting adalah teknik dasar sepak bola. Setiap masing-masing pemain harus paham dan dapat melakukan beberapa teknik dasar dari permainan.

Dibawah ini adalah teknik dalam permainan sepak bola, yaitu:

#1 Teknik Menendang Bola

Menendang bola dengan kaki bagian dalam
Menendang bola dengan kaki bagian dalam

Teknik menendang bola yaitu teknik yang sangat dominan dalam permainan sepak bola. Teknik dalam menendang bola ini antara lain:

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.

#2 Teknik Menghentingan Bola

Menghentikan bola dengan kaki bagian dada
Menghentikan bola dengan kaki bagian dada

Teknik untuk menghentikan bola adalah teknik yang mempunyai tujuan menahan ataupun menghentikan laju dari bola. Dibawah ini adalah cara yang dapat dilakukan oleh pemain sebagai teknik menghentikan bola:

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dada atau perut
  • Menghentikan bola dengan kepala

#3 Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
Menggiring bola dengan kaki bagian dalam

Dalam teknik menggiring bola, tujuan yang ingin dicapai adalah mendorong atau membawa bola menuju arah tertentu sembari berlari supaya bola terus bergulir yang ada ditanah dan dikuasai oleh pemain. Berikut adalah cara untuk menggiring bola, yaitu:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian

#4 Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola
Teknik Menyundul Bola

Teknik dalam menyundul bola adalah gerakan dalam mendorong bola memakai kepala dimana dilakukan pada saat bola sedang ada melayang di udara. Tujuannya adalah agar bola terdorong menuju ke arah pemain lainnya. Adapun contoh menyundul bola adalah sebagai berikut:

Tujuan Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, adapun tujuan yang ingin dicapai adalah memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin , dan pada akhirnya akan bisa memenangkan pertandingan tersebut. Secara lengkap tujuan dari sepak bola adalah sebagai berikut:

  • Menghalangi maupun mencegah bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
  • Menerobos bola ke gawang lawan atau dapat disebut dengan gol.
  • Agar bisa membangun kerjasama antar pemain supaga permainan bisa dijalankan dengan lebih solid
  • Agar bisa membangun sportifitas antar pemain sepak bola serta untuk menciptakan permainan yang adil
  • Sebagai olahraga untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran jasmani di tubuh.
  • Untuk mendapatkan prestasi di dunia olahrag, pada khususnya cabang olahraga.

Usaha Berhubungan dengan Sepak Bola

Dengan adanya permainan sepak bola, banyak orang yang mendapatkan keuntungan baik secara materi atau kebanggaan. Adapun usaha yang berkaitan dengan sepak bola antara lain:

  • Pembuat sepatu sepak bola
  • Pembuat kaos kaki
  • Pembuat jersey atau seragam
  • Pembuat merchandise yang berhubungan dengan sepak bola seperti, jam tangan/dinding, spanduk, karpet, mug, syal, mug dll
  • Dan masih banyak usaha yang lainya

Demikianlah penjelasan lengkap tentang definisi sepak bola serta banyak hal yang berkaitan lainnya. Semoga dapat menjadi bahan referensi anda.