Pengertian Public Relation, Tujuan, Fungsi, Tugas Terlengkap

Posted on

Public relation merupakan suatu usaha yang dijalankan atau direncanakan secara terus menerus supaya dapat tercipta timbal balik dalam organisasi dan juga pada masyarakat.

Dalam suatu perusahaan sangat membutuhkan public relation agar tercipta hubungan yang baik dalam komunikasi yang tentu saja menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelasan mengenai pengertian, tujuan, fungsi, dan tugas public relation dengan lengkap serta mudah dipahami. Untuk lebih detailnya mari simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Public Relation

Public relation adalah salah satu fungsi yang ada pada manajemen yang menjadi perantara antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya. Public realtion bersifat membantuk suatu perusahaan, organisasi atau badan institusi supaya dapat bekerja sama dengan baik.

Dengan adanya public relation ini maka bisa tercipta jalinan hubungan komunikasi yang baik membuat dapat menguntungkan pihak-pihak yang melakukan komunikasi.

Loading...

Tanpa keterlibatan public relation yang baik, organisasi atau perusahaan tidak dapat bertahan lama atau bisa saja tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, peran public relation sangat penting dan benar-benar harus menjadi perhatian.

Definisi umum public relation yaitu suatu interaksi yang dijalankan oleh dua pihak yang kemudian akan tercipta keuntuungan untuk kedua belah pihak yang berhubungan. Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh dari public relation ini seperti terbentuk keinginan dan harapan yang baik, rasa percata terhadap satu dengan pihak lain, dan juga akan memotivasi untuk dapat berperan dalam hubungan masyarakat.

Sedangkan secara khusus public relation merupakan hubungan yang pada akhirnya sangat bermanfaat untuk membangun suatu hubungan komunikasi, kerjasama serta dukungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Ada banyak kelebihan yang diperoleh pada saat melakukan public relation. Hubungan yang bisa terjadi dengan baik dan terus menerus nanti akan memunculkan minat untuk melayani masyarakat dengan baik.

Organisasi yang selalu melaksanakan public relation akan lebih memperoleh simpati dan juga dapat bekerja sama dengan baik oleh masyarakat.

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Adapun beberapa ahli mengemukakan pendapat mereka mengenai public relation antara lain:

John E. Marston (dalam bukun Modern Public Relation: 1979)

Pengertian public relation menurut John E. Martston, Public relation is planned, persuasive coomunication designed to influence significant public”

Robert T. Relly (1981)

Pengertian public relation menurut Robert T. Relly, Public relation is the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizations leaders, and implementing planned program of action which serve both the organizations and the public interest.

Foundation for Public Relations Research and Education (1975)

Pengertian public relation menurut Foundation for Public Relations Research and Education, Public relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications, understanding, acceptance, and cooperation between an organization and its publics; involve the management of problems or issues; helps management to keep informed on and responsive to public opinion; defines and emphasizes the responbility of management to serve the public interest; helps management to abreast of and effectively utilize change, serving as an early warning system to help anticipate trends; and uses research and sound and ethical communication techniques as it principal tools.

Frank Jefkins (1995:9)

Pengertian public relation menurut Frank Jefkins adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam ataupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

IPR (Institute Public Relations)

Pengertian public relation menurut IPR adalah praktek humas yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan (terus-menerus) dalam rangka menciptakan dan mempertahankan naik baik (goodwill), serta sikap-sikap yang saling pengertian yang bersifat timbal balik (Mutual Understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan segenap khalayaknya)

J.C. Seidel

Pengertian public relation menurut J.C. Seidel adalah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas, ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, ke luar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

Maria (2002, p.7)

Pengertian public relation menurut Maria adlah interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karena public relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan

Coulsin Thomas (2002)

Pengertian public relation menurut Coulsin Thomas adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi

Scholz (1999, p.2)

Pengertian public relation menurut Scholz adalah adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak.

Tujuan Public Relation
Pengertian Public Relation

Adapun tujuan dari public relation dapat dibagi menjadi beberapa, antara lain:

Performance Objective
Public relation adalah aktivitas komunikasi untuk menggambarkan citra perusahaan kepada publiknya, menjalankan serangkaian aktivitas untuk membuat dan memperkaya identitas dan citra perusahaan dimata stakeholders.

Support of Customer Market Objective
Aktivitas public relation dipakai untuk melakukan identifikasi permasalahn yang muncul berkaitan dengan kegiatan komunikasi yang dijalankan oleh perusahaan dengan menintikberatkan pembahasan di identifikasi tingkat kesadaran konsumen, sikap dan persepsi konsumen pada produk tayangan yang ditawarkan perusahaan.

Hasil identifikasi itu selanjutnya bisa dijadikan untuk bahan pertimbangan perusahaan dalam penerapan strategi pendekatan yang sesuai.

Yuk Baca Juga:

Dari beberapa tugas yang dijalankan oleh seorang public relation, tujuan yang hendak dicapai adalah komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

Komunikasi Internal (Personel/Anggota Institusi)

  • Menyajikan informasi yang banyak dan dengan jelas tentang insitusi
  • Membuat kesadaran anggota atau personel tentang peran institusi dalam masyarakat
  • Menyediakan sarana untuk mendapatkan umpan balik dari anggotanya

Komunikasi Eksternal (Masyarakat)

  • Informasi yang benar dan wajar tentang insitusi
  • Kesadaran tentang peran insitusi dalam tata kehidupan umumnya
  • Motivasi untuk memberikan suatu citra yang baik

Sedangkan Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relation diantaranya adalah:

  • Menumbuh dan melakukan pengembangan citra suatu perusahaan dengan positif untuk publik eksternal ataupun kepada masyarakat dan juga konsumen
  • Mendorong tercapainya rasa saling pengertian antara publik sasaran dengan sebuah perusahaan
  • Melakukan pengembangan dan sinergi fungsi suatu pemasaran dengan terdapatnya public relation
  • Efektif didalam membangun pengenalan merek dan juga pengetahuan merek
  • Melakukan dukungan bauran pemasaran

Fungsi Public Relation

Fungsi atau tugas paling penting dari public relation adalah

  • Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan yang baik terhadap lembaga (organisasi) dengan publik.
  • Internal ataupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian
  • Menumbuhkan motivasi dan juga partisipasi umum dalam usaha membuat terciptanya pendapat publik yang memberikan keuntungan kepada lembaga organisasi.

Menurut IPRA (International Public Relations Association) tahun 1981, fungsi dari public relation yakni:

  • Mengadakan konseling yang berdasar dari pemahaman masalah perilaku manusia
  • Membuat analisa kedepan dan ramalan terhadap akibat-akibat untuk institusi
  • Melaksanakan riset pendapat, sikap, dan harapan masyarakat terhadap institusi dan memberi saran-sarana dan juga tindakan-tindakan yang dibutuhkan institusi untuk menyelesaikannya.
  • Membuat dan membina komunikasi dua arah dengan landasan kebenaran dan informasi yang utuh
  • Melakukan pencegahan konflik dan salah pengertian
  • Melakukan peningkatan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial
  • Menjalankan penyerasian kepentingan institusi kepada kepada kepentingan umum
  • Melakukan perbaikan hubungan industrial
  • Melakukan penarikan tenaga kerja yang baik supaya menajdi anggota dna mengurangi keinginan anggota untuk keluar dan institusi
  • Memasyarakatkan produk atau layanan
  • Mengupayakan pendapatan keuntungan secara maksimal
  • Membuat jati diri institusi
  • Memupuk minat tentang masalah-masalah nasional ataupun internasional
  • Melakukan peningkatan pengertian tentang demokrasi

Aktivitas Public Relation

Sedangkan kegiatan dari public relation yaitu melakukan penyelenggaraan komunikasi timbal balik antara lembaga dengan publik yang tujuannya untuk membuat tercipta saling pengertian, dan mendukung agar tercapainya tujuan tertentu, kebijakan, aktivitas produksi, agar terjadi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga yang berkaitan.

Aktivitas public relation sangat berhubungan dekat dengan terbentuknya pendapat publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Apabila mengalami situasi yang krusial seperti adanya masalah, konflik, pertikaian samapi terjadi suatu krisi. Maka public relation harus menerangkan dengan jujur dan terbuka.

Sebab di satu pihak public relation berperan sebagai perantara (mediator) dan dilain pihak mempunyai tanggung jawab sosial (social responsibility) yang harus dipegang dengan teguh baik etika ataupun kejujuran.

Itulah telah saya jelaskan dengan lengkap tentang public relation. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari materinya. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, jangan sungkan untuk membaca artikel lainnya.

Loading...