Fungsi Asli Uang dan Turunannya

Posted on

Uang merupakan alat pembayaran dalam kehidupan sehari-hari. Secara ilmu ekonomi uang didefinisikan dengan alat tukar yang bisa diterima secara umum.

Sedangkan alat tukar sendiri bisa berbentuk benda apapun yang bisa diterima oleh masyarakat dalam kegiatan perturakan barang dan jasa. Secara lengkapnya berikut ini adalah beberapa fungsi uang.

Fungsi Uang Asli

Dalam ilmu ekonomi, uang memiliki fungsi asli yaitu sebagai berikut:

Sebagai Alat Tukar

Uang sebagai alat tukar atau medium of exchange yang bisa memudahkan dalam pertukaran. Pada saat orang melakukan pertukaran tidak membutuhkan penukaran dengan barang, namun hanya menggunakan uang sebagai alat tukar. Hal ini akan memudahkan pertukaran dibanding dengan cara barter.

Sebagai Satuan Hitung

Fungsi uang sebagai satuan hitung atau unit of account sebab dengan uang bisa dipakai untuk menunjukkan nilai berbagai jenis barang atau jasa yang diperjual belikan. Uang juga menunjukkan banyaknya kekayaan, dan menghitung jumlah besar kecilnya pinjaman.

Loading...

Uang digunakan pula untuk penentuan harga barang atau jasa. Sebagai alat satuan hitung, peranan uang adalah melancarkan pertukaran.

Sebagai Alat Penyimpan Nilai

Fungsi asli uang berikutnya yaitu dapat menjadi alat peniyimpan nilai (valuta) sebab bisa dipakai untuk pengalihan daya beli dari masa saat ini ke masa yang akan datang.

Pada saat seoragn penjual sekarang menerima sejumlah uang sebagai pembayaran terhadap barang dan jasa yang dijualnya, maka dia bisa menyimpan uang itu untuk dipakai membeli barang dan jasa di masa yang akan datang.

Fungsi Turunan Uang

fungsi asli uang dan turunan

Selain fungsi asli, uang juga memiliki fungsi turunan yaitu sebagai berikut:

Sebagai Alat Pembayaran Yang Sah

Manusia akan memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin bertambah dengan membeli barang atau menggunakan jasa. Dan hal tersebut tidak bisa dipenuhi dengan sistem barter.

Sehingga untuk memudahkan dalam memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan manusia membutuhkan alat pembayaran yang sah atau dapat diterima oleh semua orang. Alat tersebut adalah uang.

Sebagai Alat Pembayaran Hutang

Dengan memiliki uang, maka manusia akan bisa melakukan pembayaran hutang jika memilikinya. Oleh karena itu banyak orang yang menimbun uang untuk membayar hutang di masa yang akan datang. Karena membayar hutang adalah sebuah kewajiban. Sehingga fungsi uang ini adalah dijadikan sebagai standarnya.

Sebagai Alat Penimbun Kekayaan

Beberapa orang seringkali tidak membelanjakan semua uang yang dimilikinya dalam kebutuhan konsumsi. Ada sebagian uang disimpan atau ditabung untuk kebutuhan yang akan datang. Semakin banyak tabungan uangnya, maka bisa disebut orang tersebut sedang menimbun kekayaan dalam bentuk uang.

Sebagai Alat Pemindah Kekayaan

Sebagai manusia terkadang memiliki keinginan untuk pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain agar kehidupannya lebih baik. Oleh sebab itu dapat menjual tanah atau bangunan rumah yang dia miliki agar memperoleh uang. Di tempat yang baru tentu saja dia bisa membeli rumah baru dengan uang yang dimilikinya tersebut. Hasil penjualan rumah lama tentu saja bisa digunakan untuk kebutuhan lain jika memiliki sisa.

Sebagai Alat Pendorong Kegiatan Ekonomi

Sebagai alat yang mendorong aktivitas ekonomi artinya adalah jika nilai uang stabil maka orang lebih giat dalam melakukan investasi. Investasi tersebut tentu saja akan mendorong kegiatan ekonomi didalam suatu negara menjadi lebih tinggi. Investasi yang berjalan dengan baik bisa meningkatkan jumlah pengusaha disuatu negara dan tentu taraf hidup menjadi lebih baik.

Sebagai Gudang Nilai (Store of Value)

Tentu saja bagi sebagian orang istilah ini masih asing. Uang sebagai gudang nilai artinya uang dapat dimanfaatkan sebagai alat tukar atau sebagai alat pembayaran sepanjang masa baik untuk saat ini, atau dimasa mendatang, atau masa depan dan bisa digunakan sewaktu-waktu.

Korelasi dengan gudang nilai adalah uang secara mempunyai fungsi sama dengan gudang. Apabila gugang menyimpan benda atau barang tetapi jika uang menyimpan suatu nilai.

Yang mana nilai itu akan dipertahankan untuk tetap stabil, meskipun bisa jadi jumlahnya fluktuatif naik dan turun yang menyesuaikan keadaan ekonomi suatu bangsa, tetapi eksistensinya sebagai uang tetap ada.

Sebagai Pencipta Kesempatan Kerja

Dengan memiliki uang banyak seseorang dapat membuat suatu lapangan kerja agar bisa membantu orang banyak. Dengan seperti itu uang akan berputar dan tentu saja dapat mengurangi pengangguran.

Sebagai Alat Pembentukan dan Pemindahan Modal

Dalam usaha atau berwirausaha, uang dapat digunakan untuk pembentukan dan pemindahan modal. Uang akan dipakai atau dapat dipinjamkan kepada pihak yang membutuhkan modal usaha. Dengan adanya usaha maka sudah bisa meningkatkan jumlah entrepreneur di suatu negara.

Sebagai Alat Untuk Menabung

Setiap orang tentu saja mempunyai uang namun jumlahnya tidak selalu stabil. Sehingga ketika dibutuhkan setiap secara mendadak uang tidak ada. Oleh sebab itu uang dapat dijadikan sebagai alat untuk menabung.

Menabung uang tentu saja dapat dilakukan pada Bank Umum atau ditabung secara pribadi. Dengan memiliki tabungan maka ketika akan digunakan cukup dengan mengambil tabungan tersebut.

Contoh Penerapan Fungsi Uang

Adapun contoh penerapan fungsi asli dan turunan uang adalah sebagai berikut:

  • Untuk membayar suatu barang atau jasa
  • Membayar pajak kendaraan motor atau mobil
  • Membayar cicilan angsuran
  • Melunasi pembayaran rumah sakit
  • Menabung uang di bank
  • Membeli kendaraan
  • Membayar tiket bioskop, konser
  • Dan lain-lain

Itulah beberapa fungsi asli dan turunan uang, semoga dapat menambah referensi pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan silakan tunggu artikel selanjutnya.

Loading...