Apa Itu Akuntansi, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Manfaatnya

Posted on

Akuntansi merupakan suatu ukuran, penjabaran, atau memberi kepastian mengenai informasi yang akan mempermudah manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain dalam membuat alokasi sumber daya keputusan pada suatu perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Apa Itu Akuntansi

Akuntasi dalam Wikipedia diartikan sebagai suatu seni dalam mengukur, berkomunikasi dan melakukan interpretasi kegiatan keungan.

Tujuan Akuntansi

Secara luas akuntansi mempunyai tujuan untuk mempersiapkan sebuah laporan keuangan yang akurat supaya bisa digunakan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak yang memiliki kepentingan lain.

Pihak tersebut antara lain pemegang saham, kreditur, atau pemiliki. Adanya catatan harian yang berkaitan dengan proses ini disebut dengan pembukuan.

apa itu akuntansi

Akuntansi Keuangan merupakan sebuah cabang dari akuntansi yang mana informasi keuangan di sebuah bisnis dicatat, dikategorikan, diringkas, diinpretasikan, serta dikomunikasikan.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Dalam akuntanasi terdapat auditing yaitu suatu ilmu yang berhubungan namun tetap terpisah dari akuntansi, yakni sebuah proses yang mana pemeriksa independen melakukan pemeriksaan laporan keuangan suatu organisasi atau perusahaan untuk menyatakan sebuah pendapata atau opini yang masuk akal namun tidak dijamin sepenuhnya., tentang kewajaran dan penyesuaian dengan prinsip akuntansi yang dapat diterima umum.

Orang yang ahli dalam akuntansi disebut dengan akuntan. Akuntan mempunyai serfitikat resmi yang terdapat gelar tertenu di setiap negara akan berbeda. Seperti Chartered Accountant (FCA, CA atau ACA) dan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Implementasi, Tujuan, Konsep Menurut Para Ahli

Di Indonesia terdapat akuntan publik yang mempunyai sertifikas dinamakan dengan CPA Indonesia yang sebelumnya adalah BAP (Badan Akuntan Publik.

Sejarah Akuntansi

Sebagai suatu seni akuntansi merupakan dasar di logika matematika-saat ini dikenal dengan “Pembukuan Berpasangan”. Telah dipahami sejak di Italia pada tahun 1495 di saat itu Luca Pacioli yang dikenal juga sebagai Friar (Romo) Luca dal Borgo mengenalkan bukunya mengenai “Pembukuan” di Venice. Buku yang menggunakan bahasa Inggris pertama diketahui dikenalkan di London oleh John Gouge pada tahun 1543.

Suatu buku ringkat menggambarkan instruksi akuntasi juga dikeluarkan di tahun 1588 oleh John Mellis dari Southwark. John Mellis mempunyai rujukan terhadap fakta jika prinsip akuntasi yang dia jelaskan (yang sebagai sistem sederana dari masukan ganda/double entry) merupakan “after the forme of Venice).

Di awal abad ke 18, jasa akuntan yang mempunyai kantor pusa di London sudah dimanfaatkan selama sebuah penyelidikan seorang direktur Suoth Sea Company, yang ketika itu sedang melakukan perdagangan dua buku perusahaan para.

Laporannya dijelaskan pada buku “Swabridge and Company” oleh Charles Snell, Writing Master and Accountant in Foster Lane, London.

Manfaat Akuntansi

Adapun manfaat dari akuntansi antara lain yaitu:

Sebagai Informasi Keuangan kepada Pihak yang Membutuhkan

Informasi keuangan yang telah disusun atau dicatat akan mempermudah laporan sistem akuntansi.

Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan

Adanya laporan akuntansi akan memudahkan untuk evaluasi keuangan suatu perusahaan agar bisa tahu apa rencana untuk masa depan perusahaan tersebut.

Sebagai Bukti Keuangan yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Dengan adanya akuntansi dan catatan keuangan perusahaan, dapat digunakan sebagai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan ketika ada masalah dalam perusahaan.

Membantu Pencatatan Ekonomi

Keuangan perusahaan merupakan sebuah masalah yang penting, untuk itu harus dilakukan pencatatan dalam sistem akuntasi. Hal tersebut akan mempermudah kegiatan ekonomi perusahaan tersebut dalam melakukan evaluasi atau melihat kinerja dari catatan laporan akuntansi. Catatan tersebut harus diperhitungkan dengan pemasukan dari perusahaan.

Baca Juga :  Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Bagan dan Contohnya

Kategori Akuntansi

Adapun kategori akuntansi antara lain yaitu:

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan berkaitan dengan suatu informasi yang diumumkan kepada pemegang saham, konsumen, kreditor, serta badan pengatur. Adapun tujuan akuntansi keuangan yaitu menyampaikan informasi keuangan yang penting mengenai perusahaan kepada pihak-pihak diluar bisnis.

Akuntansi Manajerial

Akuntansi manajerial berkaitan dengan suatu informasi yang tidak dapat dipublikasikan kepada publik, seperti gaji, laba dan biaya barang yang dihasilkan. Tujuan akuntansi manajerial yaitu untuk mempermudah manajer perusahaan dan supervisor dalam mengambil keputusan keuangan. Untuk beberapa pemilik usaha kecil, istilah akuntasi dalam perusahaan yaitu akuntansi manajerial.

Fungsi Akuntansi

Akuntansi mempunyai fungsi utama untuk memberikan informasi tentang kuangan sebuah perusahaan atau organisasi. Dari laporan akuntansi dapat dilihat kondisi keuangan suatu perusahaan dan juga perubahan yang terjadi.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Biaya

Akuntansi dicatat secara kualitatid dengan satuan ukuran uang. Informasi tentang keuangan sangat dibutuhkan oleh manajer atau manajemen dalam membuat keputusan di sebuah organisasi atau perusahaan.

Itulah penjelasan tentang apa itu akuntanasi. Semoga dapat menambah referensi wawasan kalian. Silakan nantikan artikel berikutnya.

Rating Artikel Ini