Pengertian Penginderaan Jauh, Sistem, Manfaat dan Gambaran Komponen

Posted on

Penginderaan jauh yaitu suatu pengukuran atau akisisi data dari suatu objek atau kejadian menggunakan alat yang tidak secara fisik melakukan kontak pada objek tersebut atau mengukur atau akuisisi data dari suatu objek atau kejadian oleh suatu alat dari jarah jauh (misalnya menggunakan pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain).

Pengertian Penginderaan Jauh

Definisi penginderaan jauh lainnya yaitu teknik mengumpulkan informasi suatu objek atau daerah dari kejauhan, seringkali memakai data yang diambil dari pesawat, satelit, atau kendaraan didalam air.

Banyak metode yang dipakai dalam penginderaan jauh seperti fotografi, radar, spektroskopi dan juga metode magnet. Penginderaan jauh seringkali disingkat dengan sebutan “inderaja”, sedangkan dalam bahasa Inggris dinamakan dengan “Remote Sensing”.

Pengertian Penginderaan Jauh Menurut Para Ahli

pengertian penginderaan jauh

Avery

Menurut Avery definisi penginderaan jauh adalah usaha untuk mendapatkan, mengidentifikasi (mengindikasikan) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah penelitian.

American Society of Photogrammetery

Menurut American Society of Photogrammetery definisi penginderaan jauh adalah pengukuran atau peroleh informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan tape recorder untuk menghindari kontak fisik dengan objek atau fenomena yang diteliti.

Curran

Menurut Curran definisi penginderaan jauh adalah sensing yang mememakai sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang bisa di interpretasikan menjadikan menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Lillesand

Menurut Lillesand definisi penginderaan jauh adalah ilmu dan seni mendapatkan informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau gejalan dinilai.

Kiefer

Menurutu Kiefer definisi penginderaan jauh adalah seni dan ilmu mendapatkan informasi tentang suatu objek dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung.

Lindgren

Menurut Lindgren definisi penginderaan jauh adalah berbagai teknik yang dikembangkan untuk peroleh dan analisis informasi tentang bumi.

Welson

Menurut Welson definisi penginderaan jauh adalah ilmu, seni dan teknik untuk mendapatkan objek, daerah dan gejala menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.

Bufon

Menurut Bufon definisi penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan objek, daerah menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek.

Colwell

Menurut Colwell definisi penginderaan jauh adalah pengukuran atau akuisisi data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek untuk merasa.

Campbell

Menurut Campbell definisi penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi tentang permukaan bumi seperti tanah dan air dari gambar yang diperoleh dari kejauhan.

Sistem Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh biasa disebut sebuah sistem yang melibatkan banyak komponen. Penggambaran objek permukaan bumi adalah hasil interaksi dari tenaga dan objek yang direkam.

Baca Juga: Pengertian Pemanasan Global

Tenaga disini artinya suatu radiasi matahari, namun apabila perekaman itu dilakukan di malam hari dihasilkan tenaga buatan yang terkenal sebagai tenaga pulsar.

Penginderaan jauh hanya memakai sumber tenaga matahari biasa juga disebut dengan sistem penginderaan jauh pasif.

Manfaat Penginderaan Jauh

Adapun manfaat dari penginderaan jauh untuk berbagai bidang kehidupan antara lain yaitu:

Loading...

Bidang Geodesi

  • Untuk mengelola dan menganalisa data citra satelit
  • Untuk mengelola dan menganalisa analisis foto udara
  • Untuk mengelola dan menganalisa foto smaal format
  • Untuk mengelola data dan menganalisa komponen pasut laut
  • Untuk mengelola data integritas GIS, dan fotogrammetri.

Bidang Kelautan (Seasat, Mos)

  • Untuk mengamati sifat fisis air laut.
  • Untuk mengamati pasar surut air laut dan gelombang laut
  • Untuk pemetaan perubahan pantai, abrasi, sedimentasi dan lain sebagainya.

Bidang Hidrologi (Landsat, Spot)

  • Dimanfaatkan pada daerah aliran sungai (DAS) dan konversi sungai.
  • Untuk memetakan sungai dan studi sedimentasi sungai
  • Untuk dimanfaatkan luas daerah dan intensitas banjir

Bidang Meteorologi dan Klimatologi (NOAA)

  • Memudahkan analisis cuaca dengan penentuan daerah tekanan rendah dan daerah tekanan tinggi, daerah hujan dan badai siklon.
  • Untuk mengetahui sistem atau pola angin di permukaan
  • Sebagai model meteorologi dan data klimatologi
  • Untuk mengamati iklim sebuah daerah dengan pengamatan tingkat kewarnaan serta kandungan air di udara

Bidang Oseanografi

  • Untuk mengamati sifat fisis air seperti suhu, warna, kadar garam dan arus laut.
  • Untuk mengamati pasang surut dengan gelombang laut (tinggi, frekuensi, arah)
  • Untuk mencari distribusi suhu di permukaan
  • Sebagai pembelajaran perubahan pasir pantai sebagai akibat erosi dan sedimentasi

Gambaran Komponen Penginderaan Jauh

Adapun komponen penginderaan jauh antara lain yaitu:

Sumber Tenaga

Pada proses penginderaan jauh terdiri atas beberapa sumber tenaga yaitu:

  • Sistem pasif, merupakan sistem yang memakai sinar matahari
  • SIstem aktif, merupakan sistem yang memkai tenaga buatan sepermti gelombang mikro

Jumlah tenaga yang didapatkan oleh objek pada masing-masing tempat tidak sama, hal ini karena terpengaruh oleh beberapa faktor, diantaranya:

Waktu Penyinaran

Jumlah energi yang diperoleh oleh objek ketika matahari tega lurus (disiang hari) lebih banyak dibanding ketika posisi miring (sore hari). Semakin banyak energi yang diterima objek, maka semakin cerah warna objek tersebut.

Bentuk Permukaan Bumi

Permukaan bumi yang memiliki topografi halus dan mempunyai warna cerah di permukaanya akan lebih banyak memantulkan sinar matahari daripada permukaan yang dengan topografi kasar dan berwarna gelap. Menjadikan daerah dengan topografi halus dan cerah akan terlihat lebih terang serta jelas.

Kondisi Cuaca

Kondisi cuata ketika pemotretan akan berpengaruh terhadap kemampuan sumber tenaga dalam memancarkan dan memantulkan. Seperti contohnya, kondisi udara yang berkabut akan mengakibatkan hasil penginderaan jauh menjadi tidak begitu jelas atau bahkan tidak akan terlihat.

Atmosfer

Lapisan udara yang tersusun atas berbagai jenis gas, seperti O2, CO2, nitrogen, hidrogen dan helim. Molekul-molekuk gas yang ada di dalam atmosfer itu bisa terserap, memantulkan dan meloloskkan radiasi elektromagnetik.

Pada penginderaan jauh ada istilah Jendela Atmosfer, yakni bagian spektrum elektromagnetik yang bisa mencapai bumi. Kondisi di atmosfer bisa menghalangi pancaran sumber tenaga yang mencapai ke permukaan bumi.

Keadaan cuaca yang banyak awan mengakibatkan sumber tenaga tidak bisa mencapai permukaan bumi. Kadang-kadan pada atmosfer seringkali terjadi hamburan. Hamburan dibedakakan menjadi tiga yakni hamburan Rayleigh, Mie dan Non-selektif.

Interaksi Tenaga dan Objek

Interaksi antara tenaga dan objek bisa terlihat dari rona yang dihasilkan oleh foto udara. Masing-masing objek mempunyai karakteristik yang berbeda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke sensor.

  • Objek yang memiliki daya pantul tinggi akan menjadi cerah di citra, kemudian objek yang daya pantulnya sedikit akan menjadi gelap di citra.

Sensor dan Wahana

Sensor
Adalah alat pemantau yang ditempat pada wahana, baik pada pesawat ataupun satelit. Sendor bisa dibagi menjadi dua yaitu:

  • Sensor Fotografik
    Melakukan perekaman objek dengan proses kimiawi. Sensor ini memproduksi foto. Sensor yang terpasang pada pesawat memproduksi citra foto (foto udara), sensor yang terpasang pada satelit akan menghasilkan citra satelit (foto satelit)
  • Sensor Elektronik
    Melakukan pekerjaan secara elektrik berupa bentuk sinyal. Sinyal elektrik ini direkam menjadi data visual atau data digital dengan memakai komputer. Selanjutnya lebih dikenal dengan sebuta citra.

Wahana
Merupakan media atau kendaraan yang dipakai untuk mengangkut sensor untuk memperoleh pendireaan jauh. Menurut ketinggian peredaran dan tempat pemantulan pada luar angkasa, wahana bisa dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Pesawat terbang rendah hingga menengah yang memiliki ketinggian peredaran antara 1000-9000 meter diatas permukaan bumi seperti drone.
  • Pesawat terbang tinggi, yakni pesawat yang memiliki peredaran dengan ketinggian lebih dari 18.000 meter diatas permukaan bumi.
  • Satelit, merupakan wahana yang peredaran nya di ketinggian 400 km – 900 km diluar atmosfer bumi.

Itulah penjelasan lengkap tentang penginderaan jauh. Semoga bisa menjadi referensi sumber pengetahuan kalian. Nantikan artike selanjutnya.