Pengertian Kelompok Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Macam-Macam

Posted on

Kelompok sosial merupakan sekumpulan manusia yang satu sama lain dalam interaksi dan memiliki kesadaran bersama terhadap keanggotaannya dalam sebuah kelompok.

Kelompok sosial dapat tercipta sebat tumbuhnya perasaan bersama akibat interaksi yang sering terjadi diantara mereka. Kelompok sosial pada kehidupan masyarakat mempunyai jumlah yang sangat banyak dan dasar pembentukan kelompok itu juga tidak sama.

Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan kumpulan dari individu yang saling berinteraksi dan teradapat kesadaran bersama atas para anggotanya dalam suatu kelompok tersebut.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Kelompok Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Macam-Macam

1.Wikipedia

Definisi kelompok sosial menurut Wikipedia adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

2.George Homans

Definisi kelompok sosial menurut George Homans adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan timbal balik.

Loading...

3.Paul B. Horton dan Chester L Hunt

Definisi kelompok sosial menurut Paul B. Horton dan Chester L Hunt adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

4.Soerjono Soekanto

Definisi kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto adalah himpunan atau kesatuan kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan diantara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

5.M. Mac Iver dan Charles H.Page

Definisi kelompok sosial menurut M. Mac Iver dan Charles H. Page adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, antar anggotanya saling berhubungan, mempengaruhi, dan timbul kesadaran untuk tolong menolong demi mencapai tujuan bersama.

6.Robert K. Merton

Definisi kelompok sosial menurut Robert K. Merton adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola-pola umum yang telah mapan.

Syarat Kelompok Sosial

Suatu kelompok sosial dapat terbentuk jika memenuhi syarat, antara lain:

  • Masing-masing anggota mempunyai kesadaran bahwa dirinya adalah bagiand arti kelompok yang berkaitan.
  • Terdapat kesamaan faktor yang dimiliki oleh anggota kelompok tersebut menjadikan hubungan mereka bertambah erat dalam kesamaan itu diantaranya yaitu: Persamaan nasib, persamaan kepentingan,, persamaan tujuan, persamaan ideologi, persamaan fisik, atau persamaan lain.
  • Kelompok sosial mempunyai suatu struktur, kaidah, dan pola perilaku tertentu.
  • Kelompok sosial mempunyai sistem dan berproses.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Adapun ciri-ciri kelompok sosial antara lain:

  • Mempunyai motif yang sama antara satu personal dengan personal lainn, menjadikan kerjasama dan interaksi untuk meraih tujuan yang sama lebih mudah tercipta.
  • Anggota kelompok mempunyai rasa sadar bahwa ia merupakan bagian dari kelompok yang berhubungan
  • Adanya hubungan timbal balik sesama anggota
  • Memiliki struktur sosial menjadikan kelangsungan hidup kelompook bergantung dari kesungguhan anggotanya dalam menjalankan peranan mereka.
  • Mempunyai norma dan aturan yang mengatur hubungan sesama anggota
  • Adalah suatu kesatuan yang nyata menjadikan bisa dibedakan dengan kelompok lainnya.

Macam-Macam Kelompok Sosial

Kelompok sosial mempunyai beberapa macam atau jenis, antara lain:

Menurut Cara Terbentuk

Kelompok Semu
Kelompok semu yaitu kelompok yang tercipta ditengah-tengah pergaulan manusia. Kelompok semu dibuat dengan sementara, tidak memiliki kemungkinan untuk mempunyai ikatan erat antara anggota.

Baca Juga: Pengertian Toleransi, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

Kelompok semu seringkali dinamakan dengan khalayak umum atau keramaian. Kelompok semu tidak memiliki aturan yang sifatnya mengekang. Ciri-cirinya adalah:

  • Tercipta dengan tidak senaga atau tanpa perencanaan sebelumnya.
  • Tidak terorganisir
  • Interaksi para anggota tidak berlangsung secara terus menerus sebab sifat kelompok ini hanya sementara
  • Tidak konstan nya kehadiran

Kelompok Nyata
Kelompok nyata yaitu suatu kelompok yang dibuat dengan ciri khas yang sama, yakni kehadirannya selalu konstan. Ada beberapa bentuk kelompok nyata yang terbentuk pada lingkungan masyarakat.

Menurut Kualitas Hubungan Antar Anggota

Kelompok Primer (Primary Group)
Kelompok primer merupakan kelompok yang berkaitan dengan para anggota yang sifatnya informal, seperti keluarga, kelompok, dan sahabat.

Kelompok Sekunder (Secondary Group)
Kelompok sekunder adalah kelompok yang berkaitan dengan para anggota yang sifatnya formal karena berdasarkan oleh manfaat dan tujuan yang henda diraih. Seperti Persatuan Guru Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia dan lain-lain.

Menurut Ikatan Anggota

Paguyuban (Gameinschaft)
Paguyuban adalah kelompok sosial yang ikatan dengan anggotanya adalah ikatan batin murni, alamiah, kekal dan sangat kuat. Hubungan para anggotanya seringkali sifatnya informal. Misalnya adalaah Paguyuban yang terbuat karena ikatan darah dan paguyuban yang terbentuk karena ideologi.

Patembayan (Gesselschaft)
Patembayan adalah kelompok sosial yang ikatan para anggota tidak terllau kuat sebab berlangsung dalam waktu yang singkat. Strukturnya bersifat mekanis dan sebagai sebuah bentuk dalam pikiran belaka. Hubungan antar anggota seringkali bersifat formal dengan menilai dari sisi guna dari interaksi dan komuniksai yang terjadi. Misalnya adalah Ikatan Antar Pedagang dan Pembeli yang terjadi di pasar.

Menurut Pencapaian Tujuan

Kelompok Formal
Kelompok formal adalah kelompok yang mempunyai peraturan dan tugas yang dibuat dengan kesengajaan sebagai pengatur hubungan para anggotanya. Misalnya adalah lembaga pendidikan.

Kelompok Informal
Kelompok sosial ini dibuat dengan pertemuan yang berulang dan mempunyai kepentingan dan mempunyai pengalaman yang sama. Misalnya Teman

Nilai dan Norma dalam Kelompok Sosial

Suatu kelompok sosial sangat dipengaruhi dari nilai, norma dan peraturan yang diberlakukan pada kelompok itu. Aktivitas pada kelompok tidak langsung secara acak dan bebas, tetapi harus sesuai dengan nilai dan norma itu.

Nilai dan norma ini timbul dari proses interaksi di antara anggota kelompok. Penilaian itu timbul dengan menilai kepantasan dan ketidakpastian suatu perbuatan yang berlangsung di dalam kelompok yang berkaitan.

Proses Terbentuk Kelompok Sosial

Suatu kelompok sosial dibentuk dengan adanya naluri manusia yang tidak dapat hidup sendiri dan ingin bersatu dengan manusia lainnya. Oleh sebab itu bergabungnya seseorang dengan suatu kelompok seringkali adalah suatu yang murni timbul dari kehendaknya sendiri.

Faktur utama yang menjadikan seseorang bergabung dalam suatu kelompok sosial adalah kedekatan dan kesamaan. Kelompok sosial dibentuk dengan permulaan adanya kontak sosial dan komunikasi sosial yang akan dihasilkan proses sosial pada interaksi sosial.

Itulah penjelasan tentang Kelompok Sosial, semoga bisa menjadi referensi wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Loading...