41 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Posted on

41 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap – Disiplin merupakan kata yang berasal dari Latin “Discere” yang artinya belajar. Dari kata tersebut maka muncullah kata “Disciplina” yang memiliki arti pengajaran atau pelatihan. Dalam bahasa Inggris disiplin adalah Discipline yang memiliki arti pengikut atau murid

Dari pengertian diatas, kita akan membahas tentang pengertian disiplin menurut para ahli yang sudah dirankum dengan lengkap.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli
Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

1.John Macquarrie (segi etika)

Disiplin menurut John Macquarrie adalah suatu kemauan dan perbuatan seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan tertentu.

2.Pratt Fairshilt (Sisi Sosiologi)

Disiplin menurut Pratt Fairshilf adalah disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang memiliki sikap disiplin adalah orang-oang yang dapat mengarahkan perillaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompo atau lingkup sosial masing-masing.

3.Wikipedia

Disiplin menurut Wikipedia adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

4.Merriam

Disiplin menurut Merriam adalah ketertiban pola perilaku serta pengendalian diri terhadap aturan atau sistem aturan yang berlaku.

5.Blaine

Disiplin menurut Blaine adalah kontrol didi atas kemauan dan keinginan dasar yang lebih. Disiplin pada dasarnya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan hidup seseorang akan menjadi lebih teratur dan sistematis sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.

6.Prat

Disiplin menurut Prat adalah kemampuan individu untuk mengarahkan perilakunya sendiri sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan dengan standar etika.

7.Hougton

Disiplin menurut Hougton adalh pola perilaku yang diharapkan akan menhasilkan karakter tertentu, khususnya menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur. Disiplin adalah kontrol diperoleh dengan menegakkan kepatuhan atau perintah. Disiplin militer adalah sebuah metode yang sistematis untuk memperoleh ketaatan.

8.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Disiplin menurut KBBI adalah tata tertib (disekolah, kemiliteran, dan sebagainya); ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya); bidan studi yang memiliki objek, sistem dan metode tertentu.

9.Rivai (2010:825)

Disiplin Kerja menurut Rivai adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk melakukan komunikasi dengan tenaga kerja agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan.

10.Mangkunegara (2013:129)

Disiplin menurut Mangkunegara adalah kegiatan manajemen untuk memperteguh pedoman-pedoman organisasional.

11.Sanjaya (2005:9)

Disiplin menurut Sanjaya adalah hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai.

12.Zainal (2009:2)

Disiplin menurut Zainal adalh satu aspek kehidupan yang mesti wujud dalam masyarakat. Oleh itu ia hendaklah mendapat perhatian berat dari semua pihak sama ada di seklah atau diluar sekolah.

13.Rachman

Disiplin menurut Rachman adalah upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.

14.Hasibuan (2002)

Disiplin menurut Hasibuan adalah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi-sanksi apabila dia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

15.Fathoni (2006)

Disiplin menurut Fathoni adalah bila mana pegawai selalu datang dan pulang pada tepat waktu yang ditentukan oleh kepala manajer, pimpinan dari masing-masing instansi.

16.Depdiknas (2001)

Disiplin menurut Depdiknas adalah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu. Menurutu pandangan ini disiplin sebagai konsiten dalam melakukan sesuau. Menurut pandangan ini disiplin sebagai sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan.

17.Atmosudirjo dalam Atmodiwirjo (2000)

Disiplin menurut Atmosudirjo adalah bentuk ketaatan dan pengendalian diri erat hubungannya rasionalisme, sadar, tidak emosional. Disiplin sebagai suatu bentuk kepatuhan terhadap aturan melalui pengendalian diri yang dilakukan melalui pertimbangan yang rasional.

18.Flippo dalam Atmodiwirjo (2000)

Disiplin menurut Flippo adalah setiap usaha mengkoordinasikan perilaku seseorang pada masa yang akan datang dengan menggunakan hukum dan ganjaran.

19.Siswanto (2001)

Disiplin menurut Siswanto adlaah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

20.James Drever (sisi psikologis)

Disiplin menurut James Drever adalah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis adalah perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaiakan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

21.Singodimedjo (2002)

Disiplin menurut Singodimedjo adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan mentaati norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya.

22.Terry

Disiplin menurut Terry adalah alat penggerah karyatan. Agar setiap karyawan dapat berjalan dengan lancar, maka harus diusahakan agar ada disiplin yang baik.

23.Latainer

Disiplin menurut Latainer adalah suatu keadaan yang berkembang di dalam tubuh karyawan dan menyebabkan karyawan dapat menyesuaikan diri dengan suka rela pada keputusan, peraturan dan nilai-nilai tinggi dari pekerjaan dan perilaku.

24.Handoko (2001:208)

Disiplin menurut Handoko adalah kegiatan manajemen untuk menjalankan standar-standar organisasional.

25.Mathis dan Jackson (2002:314)

Disiplin karyawan menurut Mathis dan Jackson adalah suatu penerapan modifikasi perilaku untuk karyawan bermasalah atau karyawan yang tidak produktif.

26.Suharsimi Arikunto (1980:114)

Disiplin menurut Suharsimi Arikunto adalah kepatuhan seseorang dlama mengikuti peraturan atua tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.

27.Thomas Gordon (1996:3)

Disiplin menurut Thomas Gordon adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus.

28.Martoyo (2008:125)

Disiplin menurut Martoyo adalah disiplin berasal dari kata “Disciplie” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat.

29.Ronquillah (Word Press, 2011)

Disiplin menurut Ronquilla adalah disipliln berasal dari bahasa Latin Discere yang berarti belajar.

30.Rasdiyanah (1995:28)

Disiplin menurut Rasdiyanah adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku.

31.Imron (1995:182)

Disiplin menurut Imron adalah suatu keadaan tertib di mana orang-orang yang tergantung dalam suatu oraganisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang hati.

32.Asmani (2009:102)

Disiplin menurut Asmani adalah simbol konsistensi dan komitmen seseorang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal.

33.Mondy (2008:162)

Disiplin menurut Mondy adalah kondisi kendali diri pegawai atau karyawan dan perilaku tertib yang menunjukkan tingkat kerja sama yang sesungguhnya dalam suatu organisasi.

34.Siagian (2003:305)

Disiplin menurut Siagian adalah suatu bentuk pelatihan yang berusaha memperbaiki dan membentuk sikap dan perilaku karyawan sehinga para karyawan tersebut secara sukarela bekerja secara kooperatif dengan para karyawan lain serta meningkatkan prestasi kerjanya.

35.Rivai Dan Sagala (2013:825)

Disiplin Kerja menurut Rivai dan Sagala adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku dan untuk meningkatkan kesadaran juga kesediaan seseorang agar menaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku di suatu perusahaan.

36.Sintaasih dan Wiratama (2013:129)

Disiplin Kerja menurut Sintaasih dan Wiratama adalah merupakan tindakan manajemen untuk mendorong kesadaran dan kesediaan para anggotanya untuk mentaati semua peraturan yang telah ditentukan oleh organisasi atau perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku secara sukarela.

37.Setyaningdyah (2013:145)

Disiplin Kerja menurut Setyaningdyah adalah kebijakan bergeser individu untuk menjadi diri bertanggung jawab utuk mematuhi peraturan lingkungan (organisasi)

38.Harlie (2010:117)

Disiplin Kerja menurut Harlie adalah pada hakekatnya merupakan bagaimana menumbuhkan kesadaran bagi para pekerjanya untuk melakukan tugas yang telah diberikan, dan pembentukan disiplin kerja ini tidak timbul dengan sendirinya.

39.Soegeng Prijodarminto, SH

Disiplin menurut Soegeng Prijodarminto, SH adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan atau ketertiban. NIlai-nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman.

40.The Liang Gie dalam Kamus Administrasi

Disiplin menurut The Liang Gie adalah suatu keadaan tertib dimana orang-orang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan senang hati.

41.E.B Hurlock

Disiplin menurut E.B Hurlock bahwa disiplin berasal dari kata yang sama dengan disciple, yakni seseorang yang belajar dari atau secara suka rela mengikuti seorang pemimpin. Orang tua dan guru merupakan pemimpin, dan anak merupakan murid yang belajar dari mereka cara hidup yang berguna dan bahagia, jadi disiplin merupakan cara masyarakat mengajar anak perilaku moral yang disetujui oleh kelompok.

Demikianlah diatas telah kita baca dengan seksama tentang 41 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap semoga bermanfaat. Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung di blog kami. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: