Fungsi Kapsula Bowman dan Pengertiannya

Posted on

Kapsula Bowman merupakan struktur kantong yang beada pada bagian awal dari tubulus dari suatu nefron pada ginjal. Kapsula bowman merupakan satu diantara bagian lain dari ginjal.

Kapsula bowman disebut juga dengan kapsul glomerulus atau kapsul glomeruli yang berbentuk seperti cangkir dengan dinding ganda pada ginjal.

Fungsi Kapsula Bowman

Kapsula Bowman juga bagian dari sistem penyaringan atau filtrasi pada ginjal yang fungsinya untuk menampung cairan dari darah yang sudah disaring oleh glomerulus. Cairan itu akan diproses untuk menghasilkan urin. Kapsula bowman dan glomerulus akan bersama-sama untuk membentuk struktur yang dinamakan dengan badan malphigi.

Sehingga fungsi utama kapsula bowman adalah:

  • Bersama-sama dengan glomerulus untuk mengumpulkan cairan darah yang telah disaring sebelumnya oleh glomerulus selanjutnya setelah dikummpulkan akan diproses sampai menjadi urin primer yang dinamakan dengan filtrat glomerulus.
  • Sebagai bagian proses penyaringan pada pembentukan urine manusia.

Pengertian Kapsula Bowman

Sebagaimana sudah dijelaskan pada paragraf pertama. Bawa kapsula Bowman merupakan bagian dari ginjal yang bersama-sama dengan glomerulus untuk berperan dalam filtrasi atau penyaringan agar terbentuk urin.

Loading...

Cara Kerja Kapsula Bowman

Darah masuk ginjal dengan melewati glomerulus dan disaring pada dinding pembuluh darah dan dinding luar kapsula bowman, sebelum dihasilkan filtrat terlebih dahulu dikumpulkan di kapsula bowman.

Fungsi ginjal juga terlibat dalam membersihkan limbah dan produk berbahaya dari darah, beserta mempertahankan zat yang bermanfaat dan air.

Kapsula bowman dan bentuk unit glomerulus dinamakan dengan sel darah ginjal, yang mana disini adalah proses pertama penyaringan terjadi. Suatu arteri kecil membawa darah kedalam glomerulus, kemudian disarin dengan tekanan tinggi melewati dua lapisan sel sebelum darah sisa menuju arteri lain.

fungsi kapsula bowman

Lapisan pertama sel, lapisan pembuluh darah glomerulus, penuh dengan luban yang sangat kecil untuk darah dan protein dapat keluar namun sangat memungkinkan melalui molekul yang lebih kecil.

Zat kemudian meninggalkan darah dan melalui lapisan kedua yang dibentuk oleh dinding kapsula bowman. Lapisan luar kapsula bowman tersusun atas sel-sel khusus yang dinamakan dengan podosit, yang mempunyai proyeksi tipis panjang.

Ini telah diatur untuk menyambungkan dengan proyeksi dari podosit lain seperti jari-jari saling berkaitan, meninggalkan celah sempit diantaranya.

Partikel kecil yang sudah disarin melalui luban pada pembuluh darah glomerulus harus melali celah itu sebelum memasuki ruang dalam kapsula bowman. Komposisi filtrat yaitu sama seperti darah.

Kemudian hasil filtrasi melalui serangkaian tabung yang mana sebagian faktor diserap kembali kedalam darah dan yang lainnya dikeluarkan. Tubuh yang secara aktif melakukan pengontrolan dari proses ini menjadikan komposisi cairan tubuh bisa diatur.

Terakhir, urin yang tersisa mengalir melewati tabung yang dinamakan dengan duktus pengumpul menuju pelvis ginjal, ureter dan kandung kemih.

Itulah penjelasan lengkap tentang Kapsula Bowman. Semoga dapat menambah referensi kalian. Terimakasih sudah membaca blog kami dan nantikan artikel selanjutnya.

Loading...