teknik dasar bola basket

10 Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Posted on

Jenis olahraga dalam permainan bola basket diperlukan pengetahuan teknik dasar tentang bagaimana cara didalam melakukan permainan bola basket yang efektif dan juga benar. Permainan bola basket memerlukan strategi yang cukup cakap dan juga jeli didalam praktek mendasarnya.

Untuk bisa mencetak angka yang tinggi, para pemain membutuhkan kemahiran dan cekatan dalam bermain bola basket. Perlu latihan dengan pelatih yang juga sudah mahir didalam bidangnya. Perlu latihan intens agar mahir dalam olahraga ini.

Olahraga bola basket membutuhkan energi, strategi dan juga perlu diketahui dahulu tentang teknik-teknik dasarnya dalam permainan bola basket ini. Olahraga ini cukup digemari dan digandrungi bagi sebagian personal.

Untuk menerapkan hidup yang sehat dan energik memang sudah pasti perlu rutin berlatih dan berolahraga yang cukup serta seimbang. Olahraga bola basket ini juga rata-rata dilakukan oleh orang yang memiliki postur tubuh tinggi, agar lebih mudah biasanya didalam memasukkan bola kedalam ring basket yang ditargetkan. Olahraga bola basket ini jika rutin dilakukan bisa membuat badan tinggi. Berikut teknik dasar olahraga bola basket.

1. Teknik Memegang Bola Basket

Pada teknik dasar permainan bola basket hal utama yang sudah pasti dilakukan ialah cara memegang bola. Bagaimana tekniknya dalam memegang bola yang baik dan benar. Berikut penjelasannya.

Cara efektif serta strategi yang sangat mendukung dalam permainan bola basket agar terhindar dari kata cidera, ialah dengan posisi serta teknik dasar awal dimulai dari cara memegang bola dengan benar.

Kita bisa mengawalinya dengan cara meletakkan tangan pada jalur bola, letakkan ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan jari manis menempel pada saat memegang bola. Memegang bola basket dengan pergelangan telapak tangan yang membentuk mangkok besar.

Telapak tangan menempel tepat disamping bola dengan mengarah agak kebelakang. Jari-jari tangan direnggangkan berada tepat disamping bola agak kebelakang. Dan posisi kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu posisi kaki terletak didepan.

Pada saat memegang bola, posisi badan agak dicondongkan kedepan. Teknik memegang bola basket ini yang berkesinambungan dan merupakan faktor pendukung yang dipakai dalam bermain bola basket lainnya, seperti dribble, passing, shooting.

2. Teknik Mengoper Bola Basket

Teknik Mengoper Bola Basket
Teknik Mengoper Bola Basket

Teknik dasar yang dikenal dengan passing basket ball ini dilakukan dengan cara mengoper serta melempar bola kepada teman satu team. Pada umumnya cara melakukan passing ball ini caranya dengan kedua tangan untuk mengoper bola. Tujuan dari passing ini untuk mempertahankan bola dari serangan lawan yang hendak merebut bola. Terdapat beberapa cara dalam mengoper bola basket:

Teknik Chest Pass

Yaitu dilakukan dengan posisi bola berada tepat didepan dada. Arahkan lurus kepada teman satu team yang menjadi fokus utama. Teknik ini cukup simpel dipakai pada permainan bola basket karena memiliki akurasi yang cukup tinggi.

Cari Tahu Juga: Definisi Sepak Bola dan Peraturannya

Pada teknik gerakan mengecoh lawan upayakan agar lawan tidak mengetahui letak titik fokus arah operan bola. Teknik ini bertujuan untuk mengalihkan fokus pandangan dari lawan.

Teknik Overhead Pass

Dengan mengoper posisi bola diatas kepala. Tujuannya untuk mengoper bola ke teman satu tim dengan cepat membebaskan diri dari serangan lawan yang hendak merebut bola.

Teknik Under Pass

Dilakukan dengan cara mengoper dari bawah jarak sepinggang pada posisi bola lalu arahkan tepat lurus ke teman satu tim. Cara ini digunakan untuk mengalihkan perhatian dari lawan agar bola tidak dapat diraih oleh lawan pada jarak pendek.

Teknik Hook Pass

Dilakukan dengan satu tangan membentuk seperti pancing dengan posisi lengan yang dilekuk keatas. Untuk operan datar dapat dilakukan dengan melepaskan bola tepat didepan wajah dan untuk operan yang tinggi dapat dilakukan dengan jarak yang lebih jauh kearah pundak kita.

Teknik Bounce Pass

Dilakukan dengan cara bila dipantulkan kebawah kemudian teman setim akan mengambil dan menerimanya. Dalam teknik ini bola yang dipantulkan tidak bisa dilakukan dengan jarak yang jauh.

Teknik Baseball Pass

Gerakan lemparan dari teknik ini mirip dengan baseball dengan tenaga yang kuat dan satu tangan melakukannya.

3. Teknik Menangkap Bola Basket

Pada teknik catching ball atau menangkap bola, yang harus diperhatikan ialah cara menangkal bola dari teman dalam satu team agar tidak terlepas dan tepat saat hendak ditangkap.

Baca Juga: Manfaat Renang untuk Kesehatan

Saat bola berhasil ditangkap dan sudah menempel kedalam pergelangan telapak tangan serta jari tangan, segera tarik bola kearah belakang mengikuti arah datangnya bola. Catching ball terdiri dari :

  • Menangkal bola tepat diatas kepala dan menangkap bola didepan dada
  • Pada teknik Menangkap bola dengan dua tangan posisi badan berdiri menghadap ke sasaran
  • Posisi kedua kaki direnggangkan, buka dengan jarak selebar bahu
  • Posisi kaki usahakan tetap pada tumpuan yang kuat
  • Lutut kaki agak ditekuk, usahakan tetap rileks
  • Telapak tangan direnggangkan dan buka kemudian luruskan kearah sasaran bola yang akan ditangkap
  • Setelah berhasil ditangkap, segera tarik bola kebelakang mendekati dada

4. Teknik Menggiring Bola Basket

Teknik Menggiring Bola Basket
Teknik Menggiring Bola Basket

Pada teknik menggiring bola basket tujuan utamanya ialah mempertahankan agar bola tetap dalam genggaman tangan, serta mampu menghindari serangan dari lawan. Pada olahraga permainan bola basket, cara menggiring bolanya dengan cara memantul-mantulkan bola dengan menggunakan satu telapak tangan. Berikut teknik menggiring bola basket:

Teknik Dribble Low

Dribble rendah/dribble low digunakan ketika pemain hendak mempertahankan bola dari tim lawan yang akan merebut bola. Jika dribble low ini rutin dilatih sangat menguntungkan bagi tim agar lebih lancar dalam menggiring bola.

Loading...

Teknik High Dribble

Teknik ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. Pada teknik ini digunakan untuk dapat mencetak angka yang tinggi serta menghindar dari upaya serangan lawan dengan cara berjalan atau bergerak cepat serta berlari dalam menggiring bola.

Teknik Crossover Dribble

Pada teknik ini fokus utamanya diperlukan posisi tangan yang menyilang lalu mengayunkan bola yang hendak digiring pada posisi telapak tangan. Atau bisa juga dengan cara memantul-mantulkan bola dengan bentuk menyilang.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan? Ini Tips Kebugaran Jasmani

Tujuan dari crossover dribble ialah agar pergerakan lawan dapat dikecoh pada saat menggiring bola dan tidak mudah ditebak arah bola akan digiring atau dibawa kemana. Teknik ini cukup efektif didalam permainan bola basket untuk menambah point’ angka tinggi.

Beberapa macam menggiring bola :

Dengan Spin Dribble
Gerakan ini diperlukan skill khusus dan dianjurkan untuk rutin berlatih untuk performa yang baik pada saat permainan bola basket.

Teknik Between The Lega Dribble
Teknik ini menggunakan fokus utama dalam menggiring bola. Proses utama yang dilakukan ialah dengan menggiring bola dan letakkan tepat didepan kaki.

Teknik Behind The Back Dribble
Fokus utama dari gerakan ini yaitu dengan menempatkan bola dibelakang pemain. Tujuan dari teknik ini agar bola tidak mudah direbut oleh lawan.

5. Teknik Pivot Bola Basket

Teknik dasar Pivot dilakukan dengan cara menggerakkan badan dimana salah satu kaki yang menjadi pusat tumpuannya. Kedua tangan tetap pada posisi untuk menjaga bola dari serangan lawan.

Pemegang bola dalam teknik ini tidak boleh menggeser kaki pada saat memutar badan. Misal, posisi kaki kanan yang digunakan sebagai tumpuan kuat, maka posisi kaki kiri tidak boleh bergeser atau bergerak guna menumpu tubuh.

Pivot sendiri adalah teknik untuk mengelabui lawan, sehingga caranya adalah dengan memutar badan yang bertumpu di kaki sebagai porosnya.

6. Teknik Menembak / Shooting

Teknik Shooting Bola Basket
Teknik Shooting Bola Basket

Dilakukan dengan cara tembakkan langsung keruas jaring ring. Cara yang biasa dipakai dalam shooting, yakni:

  • Set up shoot dengan tembakkan langsung ketika lemparan bebas.
  • Jump shoot dengan titik vertikal penembak lompatan paling tinggi yang berguna untuk mencetak angka. Ketika melakukan jump anda harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala diwaktu bersamaan.
  • Lay up shoot dengan menggiring bola diakhir dengan cara mengangkat tangan secara bersamaan dengan lutut keatas lalu lompat kearah ring. Teknik ini dijalankan dari arah samping kiri atau kanan.

Ketepatan kaki adalah kunci utama dalam melakukan teknik ini. Mengapa demikian? Ya karena lay up hanya dilakukan dalam tiga hitungan saja. Yang sangat perlu diperhatikan adalah ketika melakukan gerakan lay up tidak boleh melebihi dari dua langkah, sebab akan dianggap suatu pelanggaran.

7. Teknik Rebound Bola Basket

Teknik rebound disebut juga dengan point’ bonus. Penggunaan teknik ini dalam permainan bola basket jelas sangat membantu untuk mengambil bola yang gagal digiring oleh lawan ke goal jaring ring. Teknik ini sangat menyelamatkan dan menjadi penolong didalam team. Teknik ini dibagi menjadi dua, yaitu dengan cara rebound ofensive dan rebound defensive.

8. Teknik Defense (Bertahan)

Pada praktek ini gerakan yang dilakukan ialah dengan bertahan agar menghalangi lawan untuk memasukkan bola kembali ke ring. Teknik ini bisa dijalankan dengan dua cara, yakni personal defense dan team defense.

Personal Defense

Personal defense sendiri dibagi menjadi dua yaitu:

Standard Defense: Teknik ini dilakukan untuk mengarahkan lawan yang membawa bola ke arah samping dan mengikuti pergerakannya.

Deny Defense: Teknik yang dilakukan agar lawan tidak membawa bola dengan cara menutup passing line dari lawan.

Tryangle Defense: Yaitu teknik merebut bola ketika lawan tengah melakukan passsing.

Team Defense

Dibagi menjadi beberapa teknik, berikut penjelasannya:

Zone Defense: Teknik untuk bertahan dengan cara mempertahankan wilayah, yang mana setiap orang mempunyai post-nya sendiri dalam menjaga lawan.

Man-to-Man: Pertahanan yang mana masing-masing orang menjaga setiap oran di tim lawan satu per satu.

Fix Defend: Adalah teknik pertahanan gabungan antara zone defense dan man to man.

9. Teknik Screen Bola Basket (Ofensive)

Teknik dasar yang biasa disebut pick basket ball/ ofensive ini dilakukan pada saat pemain ofensive hendak melakukan blok pada pemain defense. Screen bola basket ini sangat berguna untuk melawan posisi defense zone. Elemen yang cukup penting didalam melakukan screen secara efektif yaitu :

  • Pemain screen harus bersentuhan dengan pemain defense yang akan diblok
  • Pada saat melakukan screen posisi kedua kaki dibuka lebar. Dan pada saat screen terbentuk, sebaiknya tidak menggerakkan kaki untuk menghindari moving screen.
  • Kedua lengan tangan menempel pada dada
  • Sudut screener dan timing screen merupakan faktor penting, karena jika sudut yang diambil tidak tepat dan benar melakukannya, maka pemain defense akan dengan mudahnya menghindari pemain ofensive.
  • Setelah screen terealisasi, pemain ofensive harus melakukan seal ke pemain defense diikuti dengan roll yang mengarah ke ring basket.
  • Kesempatan passing ball ke screener terbuka jika terjadi pertukaran pemain defense.

Berikut jenis-jenis screen :

  1. Font Screen : Screener menghadap ke pemain defense
  2. Back Screen : Screen dilakukan membelakangi ring dibelakang defense
  3. Down Screen: Screen dilakukan di area low post screener menghadap ke ring

10. Teknik Slam Dunk

Teknik ini sangat populer diranah para pemain bola basket. Gerakan yang dilakukan seperti melayang. Biasanya pemain yang melakukan teknik slam dunk ini dianjurkan yang memiliki postur badan tinggi agar dapat mengkondisikan pada saat laju tembakan mendarat, serta mampu menghambat masuknya bola kedalam ring. Teknik ini sangat efektif digunakan bagi para pemain bola basket.