Pengertian Pelanggaran HAM, Penyebab, Macam-Macam, Contohnya

Posted on

Dalam HAM (Hak Asasi Manusia) sering kita mendengar tentang pelanggaran Ham. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pelanggaran, macam-macam dan contoh pelanggaran ham dengan pembahasan lengkap dan tentu saja mudah dicerna.

Pelanggaran ham lebih mengarah kepada apa yang diperbuat oleh individu atau organisasi atau pemerintah dalam suatu negara yang memiliki HAM.

Untuk lebih lengkapnya silakan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama. Semoga dapat dipahami.

Pengertian Pelanggaran HAM

Dalam pasal 1 ayat 6 No.39 Tahun 1999, definisi pelanggaran HAM yaitu setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Baca Juga: Pengertian Makar

Lalu dalam UU No. 26 Tahun 2000 mengenai pengadilan HAM. Definisi pelangaran HAM yaitu setiap perbuatan seseorang atau kelompok orng termasuk aparat negara baik disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan, atau dikhawatirksn tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Sehinga dapat disimpulkan pelanggaran HAM adalah perbuatan pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan oleh individu ataupun oleh institusi negara lainnya terhadap hak Asasi Individu lain tanpa ada dasar atau alasan yuridis dan alasan rasional yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia)
Pengertian Pelanggaran ham

Adapun penyebab dari pelanggaran Ham adalah sebagai berikut:

  • Tidak adanya pemahaman terhadap tataran konsep HAM antara paham yang memandang HAM bersifat universal (universalisme) dan paham yang memandang setiap bangsa mempunyai paham HAM tersendiri yang berbeda dengan bangsa lain utamanya dalam pelaksanaannya.
  • Terdapat pandangan HAM yang sifatnya individualistik yang menjadi ancaman kepentingan umum (dikothomi antara individualisme dan kolektivisme)
  • Kurangnya fungsi lembaga-lembaga penegak hukum seperti polisi, jaksam dan pengadilan
  • Pemahaman yang belum merata mengenai HAM di lingkungan sipil ataupun militer.
  • Macam-Macam Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia)

Pelanggaran Ham bisa dibagi menjadi dua macam atau bentuk-bentuk, yakni:

Pelanggaran HAM Berat
1.Pembunuhan Massal (Genosida)
Genosida merupakan setiap perbuatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menghancurkan atau memusnahkan semua atau sebagian kelompok bangsa, ras, etnis, dan agama dengan cara melakukan tindakan kekerasan (UUD No. 26/200 mengenai Pengadilan HAM)

Yuk Baca Juga:

2.Kejahatan Kemanusiaan
Kejahatan kemanusiaan merupakan sebuah perbuatan yang dilakukan dalam bentu serangan yang bertujuan dengan langsung kepada penduduk sipil misalnya melakukan pengusiran penduduk dengan paksa, pembunuhan, penyiksaan, perbudakan dan lain sebagainya.

Pelanggaran HAM Biasa
1.Pemukulan
2.Penganiayaan
3.Pencemaran nama baik
4.Menghalangi orang dalam mengekspresikan pendapat
5.Menghilangkan nyawa orang lain

Contoh Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia)

Di Indonesia terdapat contoh kasus HAM, yakni:

Kasus Bom Bali
Kasus bom bali merupakan salah satu kasus pelanggaran HAM paling besar di Indonesia, peristiwa ini terjadi di tanggal 12 November 2002. Yang mana terjadi suatu bom meledak yang dilakukan oleh kelompok teroris tepatnya di daerah Legian Kuta, Bali.

Total sekitar 202 orang meningal dunia, baik warga lokal ataupun turis asing mancanegara yang saat itu berlibur. Dampak peristiwa ini terjadi suatu kepanikan di seluruh Indonesia akan bahaya teroris yang berlansung lama.

  • Kontroversi G30S/PKI
  • Pelanggaran HAM di Papua
  • Pelanggaran HAM oleh Mantan Gubernur Timor Timur
  • Pelanggaran HAM di Maluku
  • Pembunuhan Etnis Muslim Rohingya di Myanmar
  • Kerusuhan Semanggi tahun 1998

Upaya Penegakan HAM Oleh Pemerintah

Usaha pemerintah dalam menangani HAM di Indonesia yang bersifat berat, maka untuk menyelesaikannya dilakukan dengan cara melalui pengadilan HAM, kemudian apabila kasus pelanggaran HAM sifatnya biasa diselesaikan dengan jalur pengadilan Hukum.

Usaha-usaha penegakkan HAM di Indonesia bisa diwujudkan melalui:

  • Menghormati setiap keputusan yang dibuat oleh pengadilan pada kasus pelanggaran HAM
  • Membantu pemerintah dalam usahanya untuk menegakkan HAM
  • Melakukan pertanggungjawaban pada tindakan yang melanggar HAM yang dilakukan diri sendiri
  • Mendukung, patuh, dan menjalankan semua kebijakan, undang-undang dan peraturan yang ditetapkan dalam penegakkan HAM di Indonesia

Usaha yang bisa dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari untuk menghargai dan menegakkan HAM diantara bisa dengan menjalankan tindakan berikut:

  • Patuh terhadap instrumen-instrumen HAM yang sudah ditentukan
  • Menjalankan hak asasi yang ada dengan penuh tanggung jawab
  • Paham bahwa selain mempunyai hak asasi, masing-masing orang juga mempunyai kewajiban asasi yang harus dilaksanakn dengan rasa penuh tanggung jawab.
  • Tidak berlaku semena-mena kepada orang lain.
  • Menghormati hak-hak orang lain.

Itulah penjelasan mengenai pelanggaran ham, macam-macam, dan contohnya semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga :  25 Pengertian Ham (Hak Asasi Manusia) Menurut Para Ahli