Pengertian Kesempatan Kerja, Jenis-Jenis, Faktor Yang Mempengaruhi, Contoh

Posted on

Pada pembahasan materi kali ini kalian akan mengetahui tentang apa itu definisi kesempatan kerja, jenis-jenis dari kesempatan kerja, faktor yang mempengaruki kesempatan kerja, dan contoh kesempatan kerja dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini denan seksama.

Pengertian Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja merupakan kondisi yang menunjukkan ketersediaan lapangan kerja untuk para pencari kerja. Jadi kesempatan kerja adalah jumlah lapangan kerja yang ad untuk orang-orang yang tengah mencari pekerjaan atau bisa juga disebut ketersediaan lapangan kerja untuk yang membutuhkan pekerjaan.

Secara umumnya, pengertian kesempatan kerja yaitu kondisi yang menunjukkan seberapa jumlah total dari angkatan kerja yang dapat diserap dan juga ikut serta dalam perekonomian.

Kesempatan kerja bisa pula dimaknai sebagai jumlah penduduk yang sedang bekerja maupun yang memperoleh pekerjaan, apabila semakin banyak orang yang bekerja maka kesempatan kerjanya cukup luas atau banyak.
Pengertian Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja bisa diartikan juga sangat erat hubungannya dengan kemampuan pemerintah untuk menciptakan investasi yang aman dan juga berkualitas dari sumber daya manusia dalam membuat lapangan kerja.

Peningkatan di bidang investasi bisa melebarkan lapangan kerja sehingga lapangan kerja menjadi lebih banyak, sebab apabila investasi meningkata maka akan terjadi peningkatan jumlah produksi barang ataupun jasa.

Jadi dengan lapangan kerja yang luas, maka akan terserap sumber daya manusia yang memerlukan pekerjaan yang lebih banyak lagi. Apabila jumlah dari kesempatan kerja dan angkatan kerja seimbang maka akan menurunkan jumlah pengangguran.

Jenis-Jenis Kesempatan Kerja Dan Contoh

Kesempatan kerja bisa menjadi sebuah partisipasi dalam arti menanggung beban pembangunan ataupun dalam menerima kembali hasil dari pembangunan tersebut. Kesempatan kerja bisa dibagi menjadi dua macam yang antaranya adalah sebagai berikut.

Yuk Baca Juga:

Kesempatan Kerja Permanen

Adalah kesempatan kerya yang menjadikan seseorang yang bekerja secara terus menerus sampai pensiun ataupun sampai tidak mampu lagi untuk bekerja.
Misal adalah seperti seorang yang bekerja pada instansi pemerintah atau instansi swasta yang mana mempunyai jaminan sosial sampai tua. Contoh kesempatan kerja seperti ini adalah: TNI, PNS, Polri dan lain sebagainya.

Baca Ini :  Pengertian Umkm, Kriteria, Klasifikasi, Contoh

Kesempatan Kerja Temporer

Adalah kesempatan kerja yang menjadikan seseorang bekerja dalam waktu yang relatif cepat, kemudian menganggur dan mencari pekerjaan yang baru kembali.

Contoh kesempatan kerja seperti ini adalah: Pegawai swasta yang mana pekerjaannya bergantung dari pesanan atau pegawai pabrik yang terikat dengan kontrak dan jangka waktu tertentu dalam bekerja.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja

Jumlah atau besarnya pendudukan secara umum dihubungkan dengan pertumb uhan ekonomi suatu negara yang secara nyata menggambarkan perekonomian negara tersebut.

Jumlah penduduk yang bertambah besar telah membawa akibat jumlah angkatan kerja yang bertambah besar jua, ini artinya makin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan atau yang menganggur.

Maka dengan pertumbuhan ekonomi diharapkan bisa mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan penduduk. Sehingga kegiatan perekonomian akan menjadi lebih luas dan selanjutnya tingkat kesempatan kerja akan bertambah dan memperkecil jumlah orang yang menganggur. (Mulyadi, 2000:55)

Contoh Kesempatan Kerja

Sekarang ini sangat banyak contoh dari kesempatan kerja yang ada, tetapi tentu saja mempunyai karakter yang berbeda. Terdapat beberapa jenis kesempatan kerja seperti kesempatan kerja jangka panjang atau permanen dan juga kesempatan kerja jangka pendek.

Itulah penjelasan saya tentang kesempatan kerja dan jenis serta faktor yang menjadi pengaruh. Semoga bisa membantu menambah materi wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Nilai Kualitas Konten