Pengertian P3K, Tujuan, Materi dan Peralatannya

Posted on

Di sekolah atau dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sering melihat atau bahkan mempunyai kotak P3K. P3K ini sangat penting dan seharusnya setiap rumah memilikinya. Karena dapat menolong ketika ada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terkena pisau, mengalami kecelakaan ringan dan lain sebagainya.

Pertolongan pertama pada cedera atau kecelakaan ini harus dilakukan dengan penanganan secara medis. Dan P3K adalah memberikan pertolongan segera terhadap orang yang menderita sakit. Untuk itu keberadaannya sangat penting.

Namun tidak semua keluarga atau orang sadar akan pentingnya P3K. Untuk itu berikut ini kami akan menjelaskan tentang definisi P3K, tujuan, materi dan peralatan yang harus ada dalam P3K.

Pengertian P3K

P3K adalah singakatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Artinya adalah pertolongan sementara terhadap kecelakaan atau cedera kepada korban sebelum memperoleh pertolongan dari dokter atau ahli medis yang lain. Jadi korban akan merasa lebih tenang dan dapat mengurangi bahaya yang lebih besar karena kecelakaan yang timbul.

P3K dilakukan untuk memberikan perawatan secara darurat kepada korban, sebelum pertolongan yang lebih lengkap yang dilakukan oleh dokter atau petugas kesehatan lain. Baca Juga: Definisi Virus Zika

Loading...

Tujuan P3K

Adapun tujuan dilakukannya P3K adalah sebagai berikut:

  • Menolong nyawa
  • Dapat meringankan penderitaan korban secara cepat.
  • Untuk mencegah cedera atau penyakit agar tidak bertambah parah, seperti adanya pendarahan.
  • Untuk mempertahankan daya tahan korban
  • Sebagai usaha untuk  menyembuhkan
  • Untuk mencari pertolongan lebih lengkap

Secara lengkapnya, tujuan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan adalah sebagai berikut:

  • Sebagai usaha untuk menyelamatkan nyawa korban dengan memperhatikan kondisi korban sesudah mengalami kecelakaan menjadikan korban bisa lebih stabil.
  • Sebagai tindakan pencegahan terhadap kondisi korban menjadi semakin buruk. Hal ini dijalankan dengan cara menjalankan diagnosis untuk memperkirakan penyakit tersembunyi yang diderita korban dari gejala-gejala yang timbul lalu menanganinya dengan prioritas alasan yang logis.
  • Untuk memberikan tindakan mengurangi rasa sakit dan rasa takut yang dialami korban dengan cara melakukan penanganan yang tepat supaya tidak timbul infeksi. Kemudian untuk mendapatkan perawatan yang lebih lengkap dari dokter, rumah sakit atau tenaga kesehatan terdekat.

Tindakan P3K

pengertian p3k

Berikut ini adalah jenis tindakan yang harus dilakukan dalam P3K, antara lain:

Menilai Situasi

Memperhatikan situasi yang terjadi dengan segera dan aman. Mengenali bahaya yang mengancam diri sendiri, korban dan orang lain. Memperhatikan sumber bahaya yang ada dan juga jenis pertolongan yang tepat. Tindakan pertolongan harus dijalankan dengan tenang.

Mengamankan Tempat Kejadian

Memperhatikan faktor yang menyebabkan adanya kecelakaan. Mengutaman keselamatan diri sendiri. Jauhkan korban dari bahaya dengan tindakan aman can memperhatikan keselamatan diri sendiri (memakai alat pelindung).

Baca Juga: Fungsi Paracetamol dan Efek Sampingnya

Menyingkirkan sumber bahaya (misalnya putus aliran listrik, matikan mesin yang menyala) dan hilangkan faktor bahaya.

Memberikan Pertolongan

Yang harus dilakukan pertama adalah dengan melihat kondisi korban, memeriksa kesadaran, pernapasan, sirkulasi darah dan gangguan fisik lainya. Lalu menetapkan status korban dan juga prioritas tindakan pertolongan.

Mencari Bantuan

Apabila memungkinakan sesegera mungkin untuk mencari bantuan orang lain untuk mengamankan tempat kejadian kecelakaan, menelepon Ruma Sakit/Tenaga Medis, mengambil peralatan P3K, membantuk mengatasi pendarahan, atau memindahkan korban dari tempat kecelakaan.

Peralatan P3K

Dalam memberikan tindakan P3K harus dibawa di Ruang P3K. Ruang tersebut harus dapat menampung satu tempat tidur pasien dan ada ruang untuk gerak bagi seorang petugas P3K dan meletakkan fasilitas P3K lain.

Kondisi ruang P3K harus bersih, terang dan mempunyai ventilasi udara yang baik. Supaya memudahkan ketika memindahkan korban, maka pintu ruang P3K dibuat dengan lebar. Lokasi harus mudah dijangkau dari tempat kerja, dekat dengan kamar mandi dan jalan keluar serta tempat parkir.

Ruang P3K harus dilengkapi dengan perlengkapan antara lain:

  • Wastafel yang ada air mengalir
  • Kertas tisu/lap
  • Tandu
  • Spalk/bidai
  • Kotak P3K dan isi
  • Tempat tidur lengkap dengan bantal dan selimut
  • Tempat untuk menyimpan tandu atau kursi roda
  • Sabun dan sikat
  • Pakaian bersih untuk orang yang menolong
  • Tempat sampah dan kursi tunggu jika dibutuhkan

Adapun fasilitas tambahan seperti alat pelindung diri, peralatan khussu di tempat kerja yang mempunyai potensi bahaya yang sifatnya khusus.

Demikianlah telah dijelaskan tentang pengertian P3K. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih sudah membaca dan nantikan artikel terbaru kami.

Loading...