Pengertian Iman Kepada Malaikat, Fungsi, Hukum, Hikmah, Contoh

Posted on

Iman artinya adalah percaya atau yakin. Secara terminologi iman dapat dipahami sebagau pembenaran dalam hati, ucapan secara lisan dan dibuktikan dengan perbuatan.

Dari tiga hal tersebut maka tidak dapat dipisahkan. Oleh karenanya iman kepada malaikat yaitu suatu kepercayaan sepenuh hati bahwa Allah yang menciptakan malaikat dari cahaya (nur).

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Definisi iman kepada malaikat menurut Wikipedia adalah bagian dari rukun Iman. Iman kepada malaikat yaitu yakin terhadap adanya malaikat, meskipun tidak dapat melihat mereka, bahwa mereka merupakan makhluk ciptaan ciptaan Allah.

Allah menciptakan malaikat berasal dari cahaya, mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya. Malaikat tidak pernah melakukan perbuatan doasa.

Baca Juga:

Loading...

Malaikat yaitu makhluk ghaib yang senantiasa mengabdi kepada Allah SWT. Malaikat selalu mengerjakan perintah atau tugas yang diberikan oleh Allah dan selali bertasbih kepada Allah.

Fungsi Iman Kepada Malaikat

pengertian iman kepada malaikat

Beriman kepada malaikat mempunyai beberapa fungsi antara lain:

Bertambah Ketaatan

Malaikat merupakan makhluk Allah yang paling taat. Dengan mengimaninya manusia dapat terdorong untuk ikut serta menjadi hamba yang taat, disiplin dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bisa Menjaga Sikap

Beriman artinya mengetahui dan mengenal malaikat. Termasuk mengerti tugas-tugasnya yang beberapa diantaranya adalah mengawasi manusia. Jika mengingat hal tersebut akan membuat manusia untuk lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan. Agar terhindar dari dosa dan terjerumus ke siksa neraka diakhirat. Baca Juga: Pengertian Riba

Meningkatkan Rasa Sabar dan Ikhlas

Sabar dan ikhlas merupakan dua sifat yang sulit dijalankan dalam hidup manusia. Namun dapat dipelajari dan diamalkan dengan menegakkan keimanan. Iman yang artinya percaya kepada kerja keras dan amal baik akan berbuah manis hingga waktunya tiba.

Hukum Iman Kepada Malaikat

Berikan kepada malaikat merupakan salah satu iman nomor 2. Hukumnya adalah fardu’ain. Hal tersebut berdasarkan dari beberapa sumber Al-Qur’an dan Hadits antara lain:

Q.S. Al-Baqarah (2): 285

Yang artinya/terjemahannya adalah sebagai berikut:
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan rasul-rasulNya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasulNya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepadaMu tempat (kami) kembali.”

Q.S. Fathir (35): 1

Yang artinya/terjemahannya adalah sebagai berikut:
Segala Puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaanNya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Q.S. An-Nisa’ (4): 136

Yang artinya atau terjemahannya adalah sebagai berikut:
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan RasulNya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al Qur’an) yang diturunkan kepada RasulNya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

Hadits H.R Imam Muslim:

Hadits Riwayat Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah bersabda : “Allah menciptakan Adam dalam bentuknya setinggi enam puluh hasta. Setelah menciptakannya, Allah berkata : Pergilah dan ucapkanlah salam kepada kelompok itu, yaitu beberapa malaikat yang sedang duduk, dan dengarkanlah apakah jawaban mereka karena itulah ucapan selamat untukmu dan keturunanmu. Maka Adam pergi menghampiri lalu mengucapkan : “Semoga Keselamatan Menyertai Kalian”. Mereka menjawab : “Semoga Keselamatan dan Rahmat Allah Menyertai Kalian”. Mereka menambahkan “Rahmat Allah”.

Hikmah Iman Kepada Malaikat

Hikmah atau manfaat beriman kepada malaikat untuk seorang muslim antara lain:

  • Dapat membentuk jiwa seorang muslim sejati yang benar dalam bertakwa kepada Allah SWT. Ini merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara iman kepada malaikat dan iman kepada Allah.
  • Bisa mengontrol perbuatan manusia agar selalu berbuat dengan hati-hati dan berusaha untuk mengamalkan kebaikan.
  • Menumbuhkan rasa cinta kepada malaikat. Makhluk yang paling dekat dengan Allah, setiap saat membantu dan mendoakan manusia. Rasa cina yang akan menghadirkan ketenangan bantin dan kebahagiaan di dunia. Rasa cinta akan memicu untuk mengikuti sifat baik dari malaikat, misalnya bertasbih, mendoakan yang baik-baik, dan memaafkan sesama manusia.
  • Semakin yakin dan percaya mengenai kebesaran Allah SWT. Keyakinan yang menjadikan manusia berusaha untuk masuk surga dengan kehidupan di dunia. Keyakinan yang ada pada ujungnya akan meningkatkan dan mengangkat derajat manusia disisi Allah.

Contoh Iman Kepada Malaikat

Adapun contoh perilaku atau perbuatan yang menunjukkan iman kepada malaikat antara lain:

  • Berbuat tidak semena-mena
  • Percaya bahwa setiap perbuatan selalu diawasi oleh malaikat
  • Percaya bahwa setiap perbuatan jahat akan dibalas oleh Allah
  • Tahu nama-nama malaikat
  • Tahu tugas-tugas setiap malaikat yang diketahui pada umumnya
  • Mengakui bahwa malaikat Allah benar adanya
  • Dan lain sebagainya

Itulah penjelasan lengkap tentang Beriman kepada malaikat. Semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih sudah membaca blog kami nantikan artikel terbaru.

Loading...