Pengertian Hedonisme, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Posted on

Hedonisme dalam Wikipedia adalah Pandangan hidup yang menganggap bahwa orang orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Hedonisme sebagai suatu pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan dapat menjadi tujuan hidup dan perbuatan manusia.

Pengertian Hedonisme

Definisi hedonisme jika dilihat dari bahasanya berasal dari Bahasa Yunani “Hedone” yang artinya kesenangan. Artinya Hedonisme merupakan suatu ideologi atau pandangan hidup yang menerangkan bahwa kebahagiaan hanya diperoleh dengan mencari kesenangan pribadi sebanyak-banyaknya dan menghindari perasaan yang menyakitkan.

Orang yang menganut hedonisme disebut dengan hedonis. Dan pandangan ini sangat dekat dengan hubungannya kenikmatan batin, kekayaan, kenikmatan seksual, kekuasaan dan kebebasan.

Ideologi hedonis mengutamakan kesenangan kelompoknya, mereka tidak peduli terhadap perasaan atau kesenangan orang lain. Sehingga dapat disebut bahwa ideologi ini hanya mementingkan hawa nafsu saja.

Loading...

Penyebab Hedonisme

pengertian hedonisme

Hedonisme terjadi karena beberapa faktor atau penyebab antara lain yaitu:

Faktor Internal

Faktor internal atau didalam diri sendiri adalah penyebab hedonisme yang paling mempengaruhi. Seperti kita tahu bahwa sifat dasar manusia ingin mempunyai kesenangan sebanyaknya dengan bekerja sedikit mungkin.

Lebih dari itu, manusia juga mempunyai sifat dasar tidak pernah puas terhadap hal yang sudah dimilikinya. Sifat dasar manusia tersebut menjadi salah satu penyebab hedonisme dan perilaku konsumerisme.

Faktor Internal

Faktor dari luar penyebab hedonisme yaitu arus informasi dari luar yang sangat besar dan bersifat global. Kebiasaan-kebiasaan dan paham orang dari luar dianggapnya dapat membuat senang selanjutnya diadaptasi oleh masyarakat. Baca Juga: Pengertian Bullying

Jenis-Jenis Hedonisme

Didalam masyarakat, hedonisme dibagi menjadi beberapa macam, antara lain yaitu:

Psychological Hedonism

Beranggapan bawaha manusia diciptakan secara lahirian menghendaki kesenangan. Naluriah bahwa manusia itu memang mempunyai sifat yang ingin terhindar dari rasa sakit dan menderita.

Evaluate Hedonism

Adalah hedonisme yang menganggap kesenangan merupakan apa yang seorang inginkan dan kejar. Pada konsep ini hanya kesenangan yang berharga dan rasa sakit atau ketidaksenangan merupakan hal yang membuat kecewa dan dianggap sesuatu yang tidak layak untuk dirasakan.

Rationalizing Hedonism

Adalah seseorang yang menjadi kesenangan tetapi memahami terhadap konsekuensinya. Seperti seseorang yang mengonsumsi narkotika untuk mencari kesenangan dan lepas dari masalah dalam waktu sebentar. Tetapi dia juga tahu bahwa ini tidak baik untuk kesehatan dan dapat membawanya ke jalur hukum.

Ciri-Ciri Hedonisme

Adapun ciri-ciri perilaku atau pandangan hedonisme adalah sebagai berikut:

  • Tujuan utamanya adalah kepuasan atau kenikmatan pribadi
  • Mengesampingkan atau tidak peduli dengan perasaan, kebahagiaan orang lain dalam memenuhi keinginan.
  • Materialis, tidak pernah merasakan puas dengan yang ada, selalu mencari harta yang lebih dan kekayaan adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan.
  • Konsumtif, lebih mementingkan keinginan dalam mendapatkan sesuatu, bukan mementingkan kebutuhan.
  • Pergaulan bebas
  • Diskriminatif, memilah individu dengan dasar kekayaan dan menganggap dirinya lebih tinggi dibanding orang lain menjadikan lebih terlihat sombong.

Dampak Hedonisme

Adapun perilaku hedonisme memiliki beberapa dampak. Lebih lanjut dampak hedonisme untuk masyarakat yaitu:

Konsumtif
Orang yang biasa membeli barang-barnag yang tidak dibutuhkan adalah dampak buruk dari hedonisme. Karena perbuatan ini dilakukan hanya untuk menuruti hawa nafsu.

Egois
Orang yang mempunyai sifat hedonisme akan lebih mementingkan dir sendiri tanpa peduli dengan orang lain.

Boros
Karena mengikuti hawa nafsu atau kesenangan semata maka mereka biasanya bersifat boros. Akan mengeluarkan banyak uang untuk membuat senang tanpa memikirkan manfaat atau kegunaan barang yang dibeli.

Kelebihan dan Kekurangan Hedonisme

Kelebihan Hedonisme

  • Motivasi akan tinggi dalam meraih yang menjadi keinginannya.
  • Pantang menyerah dan bekerja keras
  • Menghargai waktu dan kesempatan, sebab waktu yang terlewati dan kesempatan bisa digunakan untuk mewujudkan apa yang diinginkan.

Kekurangan Hedonisme

  • Melakukan semua cara agar bisa mencapai keinginan menjadikan cenderung menggunakan cara yang negatif (cara jahat)
  • Egois dan tidak mempunyai kepekaan sosial
  • Mengganggu orang lain karena dalam merain keinginan mereka tidak peduli dengan orang disekitarnya.

Contoh Hedonisme

Contoh perilaku hedonisme antara lain yaitu:

  • Jalan-jalan di Mall, shoping untuk barang-barang konsumtif yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  • Senang belanja barang-barang yang kurang bermanfaat.
  • Nongkrong-nonkrong dengan teman-teman dan menghabiskan banyak uang.
  • Dan lain-lain

Itulah penjelasan tentang Hedonisme. Semoga dapat menjadi referensi kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan nantikan artikel selanjutnya

Loading...