Pengertian Akomodasi, Tujuan, Karakter dan Contohnya

Posted on

Akomodasi mempunyai beberapa definisi, diantaranya adalah sesuatu yang disiapkan sebagai pemenuhan kebutuhan seperti tempat menginap atau tempat tinggal.

Akomodasi juga diartikan sebagai usaha manusia dalam menyesuaikan pada kesatuan sosial sebagai upaya menghindari dan menurunkan ketegangan dan konflik.

Ada juga dalam bidang sosial, akomodasi adalah usaha menyesuaikan sosial dalam interaksi pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Akomodasi

Definisi akomodasi yaitu proses menyelesaikan ketegangan antara dua pihak tanpa merugikan salah satu pihak, sehingga keduanya tetap terpelihara. Dalam KBBI pengertian akomodasi adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi  orang yang bepergian.

Tujuan Akomodasi

pengertian akomodasi

Tujuan dari akomodasi adalah langkah yang digunakan untuk mengurangi atau menyelesaikan masalah yang ada pada dua individu atau kelompok. Berikut ini adalah tujuan dari akomodasi yaitu:

  • Mengurangi terjadinya konflik antar individu atau kelompok yang dikarenakan oleh ada perbedaan paham
  • Sebagai pencegahan potensi adanya konflik lebih besar yang dapat dikarenakan peperangan.
  • Dapat mewujudkan kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup terpisah karena perbedaan budaya dan faktor sosial.
  • Mempersatukan kelompok-kelompok sosial yang dengan latar belakang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama.

Karateristik Akomodasi

Pada umumnya akomodasi diawali dengan usaha mengurangi semua sumber konflik oleh pihak yang sedang bertegang menjadikan masalah bisa diatasi dengan segera. Adapun karakteristik yaitu:

  • Keperluan terhadap akomodasi terjadi sebab terdapat konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi yang bersifat universal.
  • Akomodasi merupakan proses yang terus menerus atau terjadi secara terus menerus
  • Akomodasi merupakan perpaduan dari perasaan cinta dan benci.
Baca Juga :  Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara, Fungsi, Makalah dan Contoh

Contoh Bentuk Akomodasi

Bentuk-bentuk akomodasi antara lain sebagai berikut:

Kompromi

Kompromi ialah bentuk akomodasi yang mana pihak-pihak yang sedang konflik dilakukan musyawarah untuk mengurangi tuntunannya menjadi konflik bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan segera.

Konsiliasi

Konsiliasi merupakan bentuk akomodasi yang mana pihak-pihak yang konflik mengadakan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang terjadi menjadikan pertikaian bisa diselesaikan.

Stalemate

Stalemate merupakan jenis akomodasi yang mana salah seorang pihak yang bertikai berhenti di satu titip tertentu sebagai akibat terjadinya keseimbangan kekuatan di masing-masing pihak. Baca Juga : Pengertian Manajer

Coercion

Yaitu akomodasi yang mana kegiatannya dijalankan dengan cara paksa. Umumnya coercin dijalankan sebab salah satu pihak yang konflik berada di posisi yang lebih lemah, atau memiliki kekuatan yang tidak seimbang.

Arbitrasi

Yaitu bentuk akomodasi yang mana dilakukan dengan menghadirkan pihak ketgita yang berperan sebagai penengah atau perantara. Pihak ketiga itu dipilih dari persetujuan pihak-pihak yang berselisih menjadikan mereka bisa melakukan kerjasama.

Toleransi

Toleransi merupakan bentuk akomodasi yang dilakukan dengan mengutamakan asas saling pengertian dari pihak-pihak yang berselisih. Toleransi dijalankan tanpa ada persetujuan dari salah satu pihak yang berselisih.

Ajudikasi

Yaitu bentuk akomodasi yang mana dilakukan dengan cara melalui proses pengadilan untuk menyelesaikan masalah. Pada umumnya ajudikasi dijalankan apabila pihak-pihak yang konflik tidak bisa mengatasi masalah dengan berbagai cara.

Demikianlah telah dijelaskan secara lengkap definisi Akomodasi. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kalian. Terimakasih sudah membaca artikel kami dan nantikan artikel selanjutnya.