kurban online di dompet dhuafa
kurban online di dompet dhuafa

Kurban Online di Dompet Dhuafa, Solusi Berkurban Mudah dan Aman Banyak Manfaat

Posted on

Dompet Dhuafa kembali mengadakan Tebar Hewan Kurban (THK) pada Idul Adha tahun ini. Program ini adalah solusi agar masyarakat semakin mudah dalam melakukan kurban dimana saja tanpa ada rasa khawatir.

Sebagai lembaga zakat yang sudah terpercaya baik di dalam dan luar negeri, Dompet Dhuafa  mengadakan program kurban online setiap tahunnya. Dari tahun ke tahun jumlahnya juga semakin bertambah.

Ini menandakan kepercayaan masyarakat mulai terbangun dalam berkurban. Bahwa kurban tidak harus datang melihat hewan kurbannya, tetapi semua itu bisa dilakukan melalui jaringan internet atau secara digital.

Apa sebenarnya kurban online, mengapa Dompet Dhuafa mengadakan program ini dan bagaimana caranya untuk berkurban? Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan ringan dipahami.

Definisi Kurban Online

Kurban online adalah kegiatan muamalah yang dilakukan tidak secara fisik namun melalui jaringan internet. Jadi dengan berkurban online kita tidak harus melakukan pengecekan hewan kurban di tempat, karena semua itu sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara kurban online. Dan dalam artikel ini Dompet Dhuafa adalah lembaga penyelenggaranya.

Dengan berkurban online, masyarakat yang melaksanakannya atau sebagai shohibul qurban dapat dengan mudah menunaikannya dengan aman, nyaman tanpa harus keluar rumah. Caranya adalah dengan membuka website Dompet Dhuafa bagian menu kurban online yang sebentar lagi akan diterangkan.

Nantinya akan ada pilihan hewan kurban yang disediakan di dalam website, pekurban hanya perlu memilih hewan kurban mana yang sesuai keinginan dan melakukan transfer.

Mengapa Kurban Online di Dompet Dhuafa?

Mungkin bagi Anda yang belum pernah berkurban secara online pasti bertanya-tanya apakah hewan kurban yang kita beli di Dompet Dhuafa aman dan bisa dipastikan tidak ada penipuan atau apakah distribusinya tepat sasaran.

Itu merupakan hal yang wajar karena metode kurban online ini mengandalkan kepercayaan, untuk itulah kredibilitas dan integritas lembaga tempat berkurban harus terjamin.

cara kurban online
cara kurban online

Dompet Dhuafa sebagai lembaga zakat di Indonesia yang sudah terpercaya dan amanah dalam menyalurkan ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) tak perlu diragukan kepercayaannya. Setiap pekurban akan mendapatkan laporan lengkap seluruh rangkaian pelaksanaan kurban.

Orang yang berkurban melalui Dompet Dhuafa nantinya akan mendapatkan laporan berupa foto proses penyembelihan hewan kurban, dimana tempat disembelihnya, serta dimana distribusi daging kurban tersebut.

Sedangkan alasan kenapa harus berkurban di Dompet Dhuafa adalah berikut ini.

#1 Hewan Kurban Berkualitas

Dalam menyediakan hewan kurban untuk Idul Adha, ada 4 ketentuan yang diperhatikan oleh Dompet Dhuafa sebagai lembaga penyelenggara kurban yaitu bobot hidup, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan dan tepat sasaran.

Hewan yang disediakan atau dijadikan hewan kurban adalah kambing dan sapi. Hewan-hewan tersebut sudah melalui seleksi oleh tim kesehatan Dompet Dhuafa dari para peternak binaan yang berada di berbadai daerah di Indonesia.

Sehingga dipastikan hewan kurban sudah memenuhi baik umur, kesehatan, dan kriteria hewan kurban lainnya.

#2. Mendapat Laporan Lengkap

Bagi pekurban yang berkurban hewan baik sapi atau kambing di Dompet Dhuafa akan mendapatkan laporan lengkap dan akan diberikan update ketika pemotongan. Laporan biasanya dalam bentuk email dan WhatsApp yang di dalamnya terdapat nama pekurban, lokasi pemotongan dan distribusi daging kurban.

Dengan laporan tersebut, tentunya akan membuat pekurban lebih nyaman dan yakin bahwa hewan kurbannya benar-benar didistribusikan ke penerima manfaat dengan tepat.

#3. Disalurkan ke Daerah Yang Membutuhkan

Ketika hewan kurban sudah disembelih, maka dagingnya akan disalurkan ke daerah yang membutuhkan seperti wilayah miskin, tertinggal dan di pedalaman. Tentu ini sangat adil sekali karena mengingat banyak saudara-saudara kita yang tinggal di daerah pedalaman atau wilayah konfilk yang belum atau tidak mendapatkan daging hewan kurban pada saat Idul Adha.

Loading...

#4. Memberdayakan Peternak dan Ekonomi Desa

Dengan ikut berkurban dalam program Tebar Hewan Kurban (THK), secara tidak langsung Anda ikut memberdayakan peternak lokal binaan Dompet Dhuafa untuk mandiri dan menebar kebaikan. Dengan begitu roda perekonomian di desa peternak akan berputar dan menguatkan ketahanan pangan masyarakat.

Itulah beberapa alasan mengapa harus berkurban online di Dompet Dhuafa. Semoga dapat membantu pemahaman sebelum berkurban.

Cara Kurban di Dompet Dhuafa

Ada banyak hewan kurban yang disediakan oleh Dompet Dhuafa dalam setiap momen Idul Adha. Ada sapi dan kambing dengan berat dan harga yang berbeda, berikut ini adalah tabel hewan kurban yang bisa anda pilih dan langsung klik link di sampingnya.

Untuk rincian hewan kurban dan harganya adalah sebagai berikut

NAMA HEWAN HARGA & LINK
Kambing Standar (bobot 23-25 kg) Rp.1.945.000 Disini
Kambing Medium (bobot 26-28 kg) Rp.2.255.000 Disini
Kambing Premium (bobot >29 kg) Rp.2.595.000 Disini
Sapi Jantan (bobot-300kg) Rp.13.645.000 Disini
Sapi 1/7 (bobot 259-300 kg) Rp.1.950.000 Disini

Anda sebagai pekurban bisa memilih hewan kurban yang sesuai dengan kemampuan anda. Silakan pilih dan klik link disamping daftar hewan kurban di atas dan nantinya akan dibawa ke halaman website Dompet Dhuafa. Atau jika ingin melihat secara umum bisa klik gambar di bawah

kurban online di dompet dhuafa
kurban online di dompet dhuafa

Bagi Anda yang akan berkurban di Dompet Dhuafa, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silakan klik tombol DISINI pada tabel di atas sesuai hewan kurban yang Anda pilih, misalnya kambing standar harga Rp. 1.945.000
  2. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman website Dompet Dhuafa. Tentukan jumlah kurban, secara default akan terisi 1. Isi juga kolom daftar pekurban jika nama lebih dari 1
  3. Kemudian scroll di kolam Profil Donatur, pilih nama sapaan, isi nama lengkap, email, telepon atau No. HP.
  4. Scrol pada pilihan Metode Pembayaran, silakan pilih mau Transfer Bank atau Online Payment
  5. Cek kembali dari atas sampai bawa pastikan pengisian benar. Lalu kli tombol Donasi Sekarang
  6. Tunggu beberapa saat proses loading, dan akan muncul Ringkasan Donasi Kurban
  7. Jika sudah benar, silakan copy paste Kode Konfirmasi Anda.
  8. Klik tombol Bayar Sekarang
  9. Ikuti petunjuk sesuai metode pembayaran yang Anda pilih
  10. Anda akan mendapatkan pesan melalui WhatsApp dari Dompet Dhuafa untuk melakukan pembayaran, dan akan mendapatkan email juga pada email yang Anda masukkan.

Jika Anda bingung, berikut video Cara Berkurban Online yang bisa ditonton:

Setelah menonton video tersebut semoga membantu untuk melakukan kurban online.

Semoga dengan kurban online di Dompet Dhuafa menambah rasa syukur Anda, bisa memberikan pengalaman berharga bahwa berkurban tidak harus secara fisik. Semoga di Idul Adha tahun ini bisa lebih baik dari tahun kemarin.