Cara Menggunakan Canva

Tutorial Cara Menggunakan Canva, Lengkap Cara Upgrade Versi Pro

Posted on

Di zaman sekarang ini, kebutuhan akan konten visual seperti makin meningkat saja. Dengan konten visual yang Anda share ke media sosial, blog, dan website menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan bisnis. Tapi membuat konten visual bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya.

Tapi tenang saja, sekarang ini pun makin banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk membuat visual konten, salah satunya adalah Canva. Cara menggunakan canva pun tidaklah terlalu sulit. Anda yang pemula pun pastinya tidak akan sulit memahami aplikasi canva.

Nah, pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi Canva, mulai dari definisi canva, manfaat Canva, cara membuat akun Canva Pro, dan beserta fitur-fitur dari Canva.

Definisi Canva

Aplikasi Canva adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan desain grafis secara online. Canva dapat diartikan juga menjadi salah satu aplikasi yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi seorang pemula.

Tak hanya dapat digunakan pada perangkat desktop, tapi Anda pun tetap bisa menginstal dan menggunakan aplikasi ini di perangkat mobile Anda.

Jelas ini akan memudahkan Anda dalam mendesain grafis di mana saja dan kapan saja, baik membuat benner, membuat logo, membuat desain untuk kaos, dan bahkan untuk membuat tampilan desain website atau pun blog.

Cara Menggunakan Canva

Dengan Canva Anda dapat membuat berbagai desain yang menarik, baik itu yang sederhana atau pun yang rumit sekalipun.

Nah, sebenarnya aplikasi ini memiliki dua versi. Pertama ada versi gratis dan ada juga versi berbayar. Tentunya kedua versi ini memiliki fitur yang berbeda. Jelas versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap. Tapi meskipun tak membeli versi berbayar atau premiumnya, Anda tetap bisa menikmati beberapa fitur menarik dari Canva.

Manfaat Canva

Manfaat Canva

Manfaat Canva sendiri adalah bisa menggunakan untuk membuat rancangan desain grafis. Tak hanya sekadar mudah digunakan, Canva pun memiliki cukup banyak keunggulan yang bisa Anda rasakan sebagai pengguna Canva. Berikut adalah beberapa keunggulan dari Canva.

1. Untuk Poster

Dengan menggunakan Canva, Anda akan bisa membuat poster yang menarik untuk berbagai iklan. Nah, dengan poster ini Anda bisa membuat iklan untuk produk, jasa, atau acara dalam bentuk poster yang menarik.

2. Banner Iklan

Di zaman sekarang membuat banner iklan bukanlah hal yang sulit. Sebab ada Canva. Ya, di aplikasi Canva ini, Anda yang tidak menguasai ilmu desain grafis pun, akan tetap mudah dalam membuat banner iklan yang menarik. Semua banner iklan bisa Anda buat dengan hanya membuka aplikasi Canva. Apalagi jika Anda berlangganan Canva Pro. Fitur dan gambar-gambar di dalamnya lebih premium dan tentu saja menarik untuk dijadikan pilihan desain.

3. Logo

Selanjutnya, Anda pun bisa membuat logo dengan mudah dengan Canva. Logo menjadi sangat penting untuk setiap bisnis, sebab logo adalah suatu sarana branding. Di Canva, Anda bisa membuat logo dengan mudah, sebab ada beberapa template logo yang sudah disediakan, dan Anda pun bisa juga membuat logo Anda sendiri dari nol.

4. Konten Media Sosial

Keuntungan atau kelebihan Canva selanjutnya adalah Anda mudah untuk mendesain berbagai media visual yang cocok untuk akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Konten media sosial dengan gambar, akan menjadi lebih efektif untuk menarik perhatian para netizen.

Klik Banner Di Bawah untuk Buat Desain Medsosmu Lebih Menarik

upgrade canva pro

Selain itu di Canva juga sudah banyak di sediakan template feed IG, ataupun template bingo yang bisa memudahkan Anda membuat desain kreatif dan menarik followers untuk like atau komentar di postingan Instagram Anda.

5. Featured Image Blog

Tentunya orang akan merasa bosan jika hanya melihat tulisan dalam sebuah artikel di blog. Dengan Canva, Anda bisa membuat Featured Image Blog yang menarik untuk dipajang di blog Anda. Dengan demikian, maka pengunjung blog atau website Anda akan lebih betah dalam membaca tulisan Anda di blog tersebut.

Gambar di dalam blog yang cerah dan segar membuat pembaca lebih lama di dalam artikel. Sehingga sangat menunjang agar visitor tidak pindah ke blog lain.

6. Invoice

Invoice tak hanya dibutuhkan bagi toko di dunia nyata. Tapi sebagai pemilik toko online pun anda butuh Invoice atas rincian pembayaran untuk pembelian Anda. Nah, dengan Canva maka Anda dapat membuat Invoice yang beda dari toko online lainnya.

7. Thumbnail Youtube

Thumbnail Youtube yang menarik tentunya sangat dibutuhkan bagi para YouTuber. Sebab, dengan Thumbnail Youtube yang menarik, maka penonton akan tertarik untuk meng-klik video yang Anda unggah di YouTube. Nah, cara menggunakan Canva untuk membuat thumbnail YouTube sangat mudah, sebab di Canva ada berbagai macam template thumbnail yang bisa Anda gunakan.

8. Desain Kemasan Produk

Untuk menarik calon konsumen Anda, maka Anda perlu memiliki desain kemasan produk yang menarik. Jika produk Anda dikemas dengan menarik, maka jelas akan membuat konsumen penasaran dan bahkan betah untuk membeli produk Anda. Nah, dengan Canva Anda bisa membantu Anda dalam membuat kemasan produk, mulai dari kemasan produk botol, dan bahkan kertas karton.

9. Membuat Infografik

Konten Infografik menjadi salah satu jenis konten yang cukup rumit untuk dibuat. Tapi dengan Infografik yang Anda berikan di konten blog atau website Anda, maka akan membuat blog Anda menjadi lebih variatif. Canva adalah aplikasi yang mampu membuat Anda merasa mudah dalam membuat Infografik.

10. Newsletter

Membuat konten newsletter untuk berbagai kebutuhan, mungkin akan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Tapi dengan Canva, Anda bisa membuat Newsletter dalam waktu yang lebih cepat. Tentunya ini akan membuat pekerjaan Anda lebih cepat selesai.

Cara Membuat Akun Canva

Cara Membuat Akun Canva Online

Membuat akun Canva tidaklah sulit untuk Anda lakukan. Asal Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan, maka Anda akan mendapatkan akun Canva dengan cepat.

Syarat utama untuk memiliki akun Canva adalah Anda perlu memiliki akun Facebook atau Email. Ya, Anda perlu mendaftar akun Canva dengan akun Facebook atau email yang Anda miliki.

Anda pun bisa mendaftar akun Canva melalui HP atau melalui PC. Mendaftar akun Canva,  baik via HP dan PC sebenarnya tidak terlalu berbeda.

Cara Membuat Akun Canva Via HP

Untuk Anda yang mau menggunakan Canva di HP atau smartphone Anda, maka Anda harus mendownload dan instal aplikasi Canva di smartphone Anda. Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui Playstore atau pun App Store untuk pengguna IOS.

Bagi Anda yang mau mendaftar akun Canva, maka Anda bisa buka canva.com pada browser di HP Anda, lalu ikuti langkah berikut ini.

Pilih Menggunakan Akun Email atau Facebook

Pertama, Anda bisa pilih terlebih dahulu akan menggunakan Email atau Facebook Anda. Jika menggunakan Gmail, maka pastikan akun Gmail Anda sudah didaftarkan pada HP Anda. Kemudian lakukan semua instruksi yang diberikan.

Konfirmasi Akun

Bagi Anda yang menggunakan email, maka Anda harus konfirmasi akun Anda. Caranya setelah Anda sukses membuat akun, maka email konfirmasi akan dikirim ke alamat email Anda. Bukanlah email konfirmasi tersebut, lalu klik Confirm my account untu mengkonfirmasi akun Anda.

Dengan mengklik Confirm my account, maka nantinya Anda akan diarahkan ke halaman beranda akun Canva Anda. Konfirmasi ini hanya dibutuhkan untuk Anda yang menggunakan email. Anda yang menggunakan Facebook atau Gmail tak perlu melakukan konfirmasi, sebab sudah terkonfirmasi secara otomatis.

Loading...

Mulai Gunakan Canva

Sekarang Anda bisa langsung coba gunakan Canva.

Cara Membuat Akun Canva Via PC

Bagi Anda yang lebih nyaman menggunakan personal computer atau PC untuk menggunakan canva Anda bisa langsung mendaftar tanpa harus mengunduh aplikasinya.

Penggunaan PC untuk mendaftar akun canva memang terbilang lebih mudah daripada menggunakan HP yang mana Anda harus mengunduh aplikasi yang terlebih dahulu.

Untuk Anda yang belum paham Bagaimana membuat akun tanpa via PC, Anda bisa simak langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama Anda harus kunjungi halaman daftar canva
  • Jika sudah terbuka halaman tersebut Anda pilih opsi untuk mendaftar. Di sana ada tiga opsi yang bisa anda gunakan yakni daftar melalui Facebook, daftar melalui Google, atau daftar melalui email.
  • Ketika Anda memilih untuk mendaftarkan canva melalui Facebook atau Google anda jangan lupa untuk masuk terlebih dahulu ke akun Google anda ataupun Facebook anda. Kalau Anda memilih untuk mendaftar Canva melalui email, Anda bisa langsung mengisi kolom email yang sudah disiapkan.
  • Jika sudah anda langsung saja klik mulai
  • Selanjutnya Anda bisa pilih opsi rencana Anda untuk menggunakan Canva. Anda bisa memilih opsi-opsi yang disediakan ya
  • Setelah itu Anda bisa selesaikan semua langkah yang Canva perintahkan
  • Jika sudah semua, langkah selanjutnya adalah Anda cek email anda untuk memverifikasi akun Canva yang baru saja anda buat tadi
  • Jika anda sudah menerima email dari Canva, Anda bisa langsung klik verifikasi pada Email tersebut
  • Dan selesai. Anda akan secara otomatis masuk ke akun canva gratis milik anda.

Jika anda ingin mengupgrade akun Anda Anda bisa memilih tiga opsi untuk pembaruan kepentingan pembuatan akun canva Anda, yakni:

  • Untuk upgrade kepentingan Perusahaan, Anda bisa klik di sini
  • Untuk kepentingan sekolah Anda bisa langsung saja klik link di sini
  • Dan untuk kepentingan non profit Anda bisa langsung klik linknya di bawah ini

Demikian ulasan cara membuat akun canva via PC. Dengan menggunakan PC anda akan lebih mudah untuk mendaftarkan diri demi memiliki akun canva.

Fitur-fitur Canva Pro

Fitur-Fitur Canva Pro

Setiap aplikasi pasti memiliki yang namanya fitur. Fitur-fitur inilah yang akan mendukung aplikasi yang bersangkutan untuk berjalan baik dan juga fitur-fitur inilah yang akan membantu para pengguna untuk lebih mudah menggunakan aplikasinya.

Tidak terkecuali canva Pro ini. Aplikasi yang satu ini juga memiliki beberapa fitur yang bisa memanjakan anda ketika anda menggunakannya. Terlebih canva ini adalah canva versi Pro yang mana fitur-fiturnya akan lebih banyak dan lebih eksklusif dibanding dengan fitur canva gratis.

 

Kalau anda ingin mengetahui fitur-fitur yang ada di dalam canva Pro ini anda bisa simak uraian nyasar lengkap berikut ini.

1. Akses Gambar, Video, Audio, Huruf dan Template Premium

Fitur tanpa Pro pertama yang bisa anda gunakan adalah Anda bisa membuat desain dengan menambah puluhan bahkan ratusan ribuan produk premium tanpa tanpa adanya tambahan biaya. Anda bisa mengakses gambar, video, audio, huruf, dan template Premium untuk meningkatkan kreativitas anda untuk menghasilkan konten visual yang terlihat profesional.

Anda juga bebas memadupadankan berbagai produk agar Apa yang anda buat di Canva, akan terlihat unik dan menarik. Di sini Anda juga dapat memiliki banyak sekali stok produk digital yang anda bisa akses tanpa batas. Jadi banyak sekali keuntungan anda ketika memakai canva Pro ini.

2. Fitur Custom Templates dan Background Removal

Fitur premium yang kedua yang bisa Anda dapatkan di canva Pro ini adalah custom template dan background removal. Fitur yang satu ini tidak bisa Anda temukan di canva gratis. Selain itu fitur ini juga belum bisa anda temukan di aplikasi aplikasi desain grafis selain Canva.

Fitur ini sejatinya berguna untuk membuat konten digital profesional agar bisa memudahkan Anda tanpa harus menguasai teknik desain grafis secara detail. Hasil dari template ini juga unik sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan nilai jual brand yang anda buat.

3. Canva Pro Publish

Fitur Pro selanjutnya adalah publishing Assistant. Fitur ini mencakup Magic resize yang mana fitur ini mampu membantu anda untuk mengatur penyesuaian ukuran desain produk dengan platform sosial media yang anda pilih. Dengan adanya fitur ini konten yang ingin anda publikasikan di media sosial hanya perlu satu kali klik untuk mempublikasikannya serta langsung dapat menyesuaikan ukuran yang cocok untuk dipublikasi di media sosial tersebut tanpa harus melakukan pembayaran tambahan.

4. Free Royalty

Anda tentunya tahu kalau setiap produk digital atau konten digital pasti memiliki yang namanya royalti atau hak milik kepemilikan yang mana jika anda menggunakannya harus membayar royalti kepada pencipta tersebut.

Namun jika Anda menggunakan canva premium ini Anda tidak perlu membayar royalti kepada pencipta gambar, karena anda sudah melakukan pembayaran untuk berlangganan canva premium yang anda bayarkan perbulan atau pertahun.

Jadi Disini anda bebas menggunakan produk dari canva di berbagai platform media sosial tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Perlu Anda ketahui bahwa tanpa memiliki dua jenis lisensi yang dapat anda manfaatkan yaitu one use license dan multi use license.

Fitur Gratis Canva

Selain fitur Pro atau Premium, Canva juga memiliki fitur gratis yang disediakan untuk Anda yang tidak mengupgrade versi canva Pro. Apa saja fitur canva gratis? Berikut akan diuraikan.

1. Template Canva

Fitur gratis yang bisa anda temui Ketika anda menggunakan versi gratis adalah template canva. Fitur ini sebenarnya bisa anda ciptakan sendiri.

Namun ada banyak sekali contoh konten yang bisa anda gunakan untuk mempercepat pembuatan konten anda. Terlebih template yang disediakan di sini bisa dengan mudah anda kustomisasi dan anda kreasikan sesuai dengan keinginan anda.

2. 8000+ template untuk berbagai jenis konten visual

Fitur selanjutnya yang bisa anda nikmati secara gratis adalah ribuan template yang bisa anda gunakan tanpa harus membayar sejumlah uang. Mungkin Anda mengira ini adalah tidak nyata namun hal ini benar adanya, Canva menyediakan ribuan template gratis untuk anda gunakan. Misalnya saja content yang dibagi dalam beberapa kategori diantaranya banner website,  kupon diskon, dan juga slide presentasi.

3. Kapasitas penyimpanan 1 GB

Fitur gratis yang bisa anda manfaatkan dari canva gratis ini adalah Anda bisa menyimpan kreasi anda cukup banyak karena tanpa versi gratis menyediakan penyimpanan sebesar 1 GB untuk anda gunakan.

Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki format konten yang sering anda pakai. Jadi dengan penyimpanan ini anda bisa menyimpannya dan anda bisa menggunakannya lagi ketika Anda membutuhkan format konten tersebut.

Kapasitas ini Bisa bertambah besar jika anda melakukan upgrade ke canva versi pro. Karena disana akan disediakan penyimpanan sebesar 100 GB. Namun jika anda tidak ingin menyimpannya Anda bisa langsung mengunduh hasil kreasi Anda dapat menyimpannya di memori perangkat anda.

Cara Menggunakan Canva

Bagi Anda yang pemula dalam penggunaan Canva, berikut ini, akan dijelaskan secara singkat cara menggunakan Canva. Silakan disimak.

1. Buat Akun Canva

Pertama Anda harus buat akun canva terlebih dahulu. Cara-caranya ada di atas ya. Kemudian Anda login. Klik gambar di bawah untuk langsung membuat Canva Pro.

cara daftar canva pro

2. Membuat Desain Pertama

Setelah Anda berhasil login, di halaman pertama nantinya, Anda akan disuguhkan beberapa pilihan menu. Anda tinggal memilih opsi create a design dan kemudian pilih jenis konten yang ingin Anda buat.

3. Pilih Background

Jika Anda sudah memilih jenis konten, Anda akan masuk ke laman editor. Di sana Anda bisa membuat desain sesuai ingin Anda menggunakan bantuan template atau bisa juga Anda desain sendiri mulai dari nol.

Selain itu, Anda juga bisa ubah background menggunakan koleksi foto Anda dan juga warna-warna yang disuguhkan di sana.

4. Menambah Text

Seperti pengedit desain lainnya, di canva ini, Anda  juga bisa menambah text sesuai yang Anda ingin.

Caranya, Anda tinggal klik opsi menu Text yang ada di kolom kotak bagian kiri. Nantinya di sana akan tertampil banyak sekali jenis text yang bisa Anda gunakan.

6. Mengunduh atau Membagikan Desain

Jika anda telah selesai mendesain di Canva, Anda bisa simpan pekerjaan Anda, share ke media sosial, atau Anda download.

Untuk mengunduhnya, Anda cukup klik download pada kotak download yang ada di pojok kanan atas. Anda nantinya akan diberikan opsi untuk memilih menyimpan dalam format apa, lalu klik lanjutkan.

Demikian, ulasan mengenai cara menggunakan Canva, semoga bermanfaat!