Pengertian Toleransi, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Toleransi merupakan sikap untuk saling menghargai dalam kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalan ruang lingkup lainnya. Kata Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu “Tolerare”

Dalam kehidupan kita diharuskan memiliki sikap toleransi terhadap siapapun. Baik kepada yang sependapat atau tidak sependapat dengan kita.

Pengertian Toleransi

Definisi lain dari toleransi yaitu suatu sikap seseorang atau kelompok mayoritas dan minoritas untuk saling menjaga perasaan atau saling menghormati.

Sikap toleransi yang muncul dari setiap individu ataupun kelompok memberikan nilai tersendiri jika dia terjun ke masyarakat. Tanpa toleransi maka di masyarakat maka sering terjadi suatu konflik, pertengkaran atau saling mematikan kelompok satu dengan lainnya.

Toleransi memberikan suatu perlindungan terhadap kelompok minoritas dari kelompok mayoritas. Dan ruang lingkup toleransi tidak saja pada satu bidang tetapi banyak bidang yang membutuhkan sikap toleransi.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli
Pengertian Toleransi

Wikipedia

Wikipedia menyatakan definisi toleransi adalah membiarkan orang berpendapat lain, melakukan hal yang tidak sependapat dengan kita, tanpa kita ganggu ataupun intimidasi

Menurut Bahasa

Toleransi menurut bahasa yaitu menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda.

Menurut Istilah

Toleransi menurut istilah yaitu sikap menghargai dan membebaskan orang lain untuk berpendapat dan melakukan hal yang tidak sependapat dengan kita tanpa melakukan intimidasi terhadap orang atau kelompok tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial dan Ciri-Cirinya Terlengkap

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Toleransi menurut KBBI adalah sifat atau sikap toleran; batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja

Yuk Baca Juga:

Manfaat Toleransi

Adapun manfaat toleransi bisa kita dapatkan dari sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya:

  • Menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat
  • Adanya rasa kekeluargaan
  • Memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya
  • Menciptakan suatu kedamaian, rasa tenang dan aman.

Selain penjelasan diatas, sikap toleransi juga mempunyai manfaat lain, yaitu:

Menghindari Perpecahan
Sikap toleransi antar individu atau kelompok adalah hal yang sangat utama untuk menghindari adanya perpecahan dalam masyarakat. Selain itu, sikap toleransi adalah salah satu norma-norma yang harus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengendalikan Ego
Dengan toleransi, secara tidak langsug kita ternyata bisa mengendalikan ego yang didalam diri kita. Jika kita tidak bisa mengontrol ego kita, maka bisa memunculkan konflik antar individu atau kelompok.

Nasionalisme
Sikap toleransi yang dijalalakan dalam kehidupan bermasyarakat nantinya akan menjadi sikap nasionalisme. Yang mana dalam sebuah bangsa yang besar, masyarakatnya mempunyai rasa cinta, menghargai dan saling peduli satu sama lain.

Jenis-Jenis Toleransi

Toleransi memiliki beberapa bentuk atau jenis didalam kehidupan bermasyarakat, adapun jenis toleransi diantaranya adalah:

Toleransi Agama

Hal yang paling utama yang dibutuhkan dan biasanya digunakan dalam toleransi yaitu dalam beragama. Agama ini menjadi segmen penting dalam setiap kehidupan masyarakat. Dengan penuh keyakinan masyarakat melaksanakan agama, dengan terdapat perbedaan yang tidak diikuti pada toleransi ini dapat menimbulkan perpecahan dan peperangan dalam masyarakat.

Baca Juga :  Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Dasar Negara

Toleransi Budaya

Budaya merupakan salah satu bentuk toleransi yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat, budaya yang tidak sama menyebabkan terdapat adat dan istiada yang berbeda pula. Oleh sebab itu harus terdapat regulasi yang mengatur keanekaragaman yang ada.

Satu diantara contoh aturan yang dapat disebut sebagagi regulasi toleransi dalam budaya adalah seperti terdapatnya semboyan “Masyarakat Indonesia” yang berada di Pancasila “Bhenika Tunggal Ika”. Tujuan dari semboyan itu adalah agar tercipta kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Toleransi Politik

Toleransi politik merupakan bagian dari toleransi, perbedaan pilihan dalam kepemimpinan menjadi salah satu sumber masalah sosial. Sumber ini disebabkan karena tidak adanya sikap saling menghargai pilihan masing-masing individu dalam masyarakat, seperti ketika pemilihan yang dilakiukan lembaga politik dalam pilihan Kepala Daerah atau bahkan dalam pilihan kepala desa.

Contoh Sikap Toleransi

Sikap toleransi dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:

  • Menghargai agama lain yang berbeda
  • Menghargai pendapat orang lain yang berbeda dari kita
  • Membiarkan orang menganut kepercayaannya
  • Tidak memaksakan atau mendiskriminasi orang lain yang berbeda pendapat atau pemikirannya.
  • Ketika ada orang salah dalam mengerjakan sesuatu tidak melakukan bullying atau mendeskriminasinya

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Terimakasih telah berkunjung.